Mengenal Ayam Pelung Cianjur yang Mengingatkan Anda untuk Bangun Pagi

Mengenal Ayam Pelung Cianjur yang Mengingatkan Anda untuk Bangun Pagi

Ayam Pelung adalah sejenis ayam hias yang memiliki postur tubuh yang tinggi dan besar. Ayam merupakan hewan unggas yang banyak diternakkan di Indonesia. Ayam pelung memang masih belum begitu terkenal, akan tetapi bagi warga masyarakat Cianjur ayam ini sudah tidak asing lagi dan biasa dijumpai dikehidupan sehari-hari. selain posturnya yang tinggi dan besar ayam ini juga memiliki karakteristiknya yang khas, campuran warna bulunya hitam dan merah, putih dan kuning, serta warna hijau yang mengkilat, jengger tebal, dan kaki berwarna hitam menambah indahnya Ayam Pelun ini.

Ayam Pelung
Ayam Pelung

Ayam Pelung adalah ayam asli Indonesia yang berasal dari daerah Cianjur Jawa Barat. Ayam Pelung ini ayam yang biasa diternakan di wilayah perkampungan Cianjur Jawa Barat. Menurut beberapa sumber dahulu ayam pelung ini hanya dipelihara oleh orang-orang yang kaya dan para santri yang memelihara ayam ini yan dijadikan sebagai alarm ketika waktu menjelang Subuh. Dengan bisa bangun sebelum Subuh bisa berkesempatan menjalankan sholat sunah sebelum subuh dengan keutamaan yang besar seperti di dalam hadits;

Dua rakaat (shalat sunah) Subuh lebih baik daripada dunia dan segala isinya.”

(HR. Muslim dari Ummul MukmininAisyah Radhiallahu ‘anha)

Ayam Pelung
Ayam Pelung

Untuk nama pelung sendiri berasal dari bahasa Sunda yaitu melewung yang artinya berirama panjang mengalun. Memang suara kokok ayam pelung terdengar merdu, suara kokoknya berirama mendayu-dayu. Sehingga suara khasnya ini menjadi daya tarik bagi para penggemar ayam hias di Indonesia. Selain karena suara kokoknya yang unik, ayam ini juga banyak diminati para penghobi ayam hias karena postur tubuhnya yang gagah dan besar.

Baca Juga!  Manfaat Telur Ayam Cemani & Daging Ayam Cemani yang Perlu Kita Ketahui

Di Indonesia sering diadakan lomba ataupun kontes ayam pelung. Yang dimana lomba ini khusus diadakan untuk ayam pelung. Ayam pelung yang diikutkan lomba akan dinilai keunikan dan kemerduan suaranya. Postur tubuh ayam serta komposisi wawarna juga menjadi penilaian jurti dalam perlombaan ini. Yang memiliki suara yang merdu dan postur tubuh yang bagus akan menjadi pemenang dalam perlombaan ini.

Ciri-ciri ayam pelung yang bagus adalah yang memiliki volume yang besar, namun kebanyakan ayam pelung yang mempunyai volume suara yang besar tetapi nada suaranya ada bagian-bagian yang tersendat-sendat. Ayam pelung yang bagus juga memiliki irama lagu suara, bersih dan panjang suaranya mengalun juga menjadi patokan untuk mengetahui ayam pelung yang bagus.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam pelung, kami menyediakan telur ayam pelung yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam pelung kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam pelung dewasa juga bisa  Anda pesan di hobiternak.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait : Ayam Cianjur, Ayam Pelung, Suara Ayam Pelung, Jual Ayam Pelung, Harga Ayam Pelung, Ternak Ayam Pelung

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA