makanan ayam pelung

Tips Memberikan Makanan Ayam Pelung Agar Menghasilkan Ayam Pelung Berkualitas

Makanan Ayam Pelung – Dalam pemeliharaan ayam pelung jenis Pakan Ayam Pelung adalah hal yang dapat menunjang agar menghasilkan suara yang bagus, jenis pakan yang mudah dicari disekitar kita. Jenis pakan-pakannya adalah jenis pakan yang mudah kita jumpai. Bahkan pakan yang dibutuhkan sebenarnya pernah kita konsumsi di kehidupan sehari-hari kita.

Ternak ayam pelung menjadi aktivitas yang biasa dilakukan oleh warga Cianjur Jawa Barat. Daerah Cianjur adalah daerah asal ayam pelung berada. Namun belakangan ini masyarakat Indonesia yang berada diluar daerah Cianjur sudah banyak yang beternak ayam pelung. Meskipun masih kalangan tertentu yang memeliharanya. Akan tetapi permintaan ayam pelung dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa banyak peminat ayam pelung biasanya untuk sekedar hobi yang dijadikan sebagai ayam hias maupun untuk dibudidayakan sebagai usaha yang dimanfaatkan dagingnya.

makanan ayam pelung
Ayam Pelung

Jenis Ayam pelung adalah ayam asli Indonesia yang memiliki keunikan suara kokoknya yang panjang mengalun. Ayam ini memiliki ciri khas pada postur tubuhnya yang besar, memiliki warna bulu yang khas seperti campuran warna merah dan hitam, putih dan kuning, atau warna hijau yang mengkilat. Karena ayam pelung memiliki suara kokok yang merdu dan panjang mengalun. Di Indonesia sering diadakan kontes ayam pelung dimana pada acara kontes ayam pelung ini yang dinilai adalah postur badan dan keunikan suara kokok ayam pelung.

Apabila Anda merupakan seorang yang memelihara ayam pelung  dan sering mengikuti ajang kontes ayam pelung. Terdapat beberapa jenis makanan yang baik bagi perkembangan dan diberikan ayam pelung. Cara memperpanjang nafas ayam pelung sendiri dengan diberikan makanan yang kaya akan gizi. Berikut merupakan makanan agar ayam pelung berkokok panjang yang  sehat dapat diberikan untuk ayam pelung :

  • Beras Merah
    Kandungan nutrisi yang terkandung pada beras merah dengan kadar protein yan tinggi serta kandungan lemak yang rendah dengan teksturnya yang mudah dicerna oleh ayam pelung. Dalam pemberian pakan beras merah pada ayam dengan tidak merusak pita suara pada ayam pelung.
  • Kacang Hijau
    Pada kacang hijau memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi berguna dalam pertumbuhan pada ayam serta pada tulang ayam tersebut.
  • Gabah
    Gabah merupakan bulir padi yang belum digiling. Pemberian pakan gabah pada ayam yang akan menjadikan tubuh ayam menjadi ringan. Kandungan yang dimiliki  dengan kalsium tinggi mampu memberkuat bulu ayam agar tidak mudah rontok.
  • Jagung
    Jagung memiliki kandungan karbohidrat yang paling tinggi diantara beras dan gabah . Pemberian pakan jagung akan menjadikan pertulangan p[ada ayam menjadi kuat, serta ayamakan memiliki tenaga yang besar.

Mempersiapkan pakan ayam pelung merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan. Kita harus mengetahui jenis-jenis pakan ayam pelung yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Dalam pemberian pakan ayam yang dapat dibedakan menurut usianya, yakni pada pemberian pakan anak ayam pelung yang dapat diberikan voer atau BR yang memiliki kandungan protein tinggi guna membantu pertumbuhan pada anakan ayam tersebut. Dan pada ayam pelung dewasa yang dapat diberikan dedak, bekatul, jagung, gabah, kacang hijau an sejenisnya. Sebelum memelihara ayam pelung kita harus mempersiapkan keperluan yang dibutuhkan untuk memelihara ayam pelung

Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk memelihara ayam pelung :

  1. Pemilihan lokasi kandang
  2. Pembuatan kandang
  3. Pemberian pakan dan minum
  4. Penanganan saat proses pengeraman

Persediaan minum yang memadahi serta asupan makan yang terpenuhi akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Pemberian pakan yang berkualitas sangat diperlukan agar ayam pelung yang dihasilkan juga akan tumbuh secara optimal.

Berikut adalah tips memberikan pakan ayam pelung :

  1. Pakan yang diberikan pakan yang berupa butiran, tepung, dan berbentuk cair
  2. Ransum yang baik adalah yang bisa memenuhi kebutuhan asupannya selain makanan
  3. Pakan berupa butiran bisa diberikan seperti jagung dan gandum
  4. Pakan yang berbentuk tepung bisa berupa tepung gandum dan dedak gandum
  5. Berbentuk cair seperti minyak kedelai dan minyak ikan

Ayam pelung juga membutuhkan ransum untuk memenuhi asupannya selain makanan. Berikut merupakan ransum yang baik untuk ayam pelung :

  1. Ransum yang berbentuk tepung komplit yaitu tepung yang sudah digiling, yang dapat diserap oleh usus. Sehingga ransum cocok diberikan untuk anak ayam pelung dan pelung dewasa
  2. Ransum yang berbentuk butiran yaitu tepung yang diproses kembali menjadi butiran. Ransum ini cocok diberikan untuk ayam pelung dewasa
  3. Ransum tepung yang berbentuk pecahan yaitu tepung yang diproses kembali menjadi bentuk pecahan. Ransum ini cocok diberikan untuk semua usia ayam pelung
makanan ayam pelung
Ayam Pelung Dewasa

Selain memberikan makanan ayam pelung agar tetap besar , perlunya juga menjaga kebersihan pada tubuh ayam. Cara memandikan ayam pelung dengan menyemprotkan air terlebih dahulu pada bagian tubuh ayam tiap harinya sebelum menjemur ayam pelung. Dalam memandikan ayam pelung janganlah terlalu lama dengan memperhatikan kadar air yang wajib diperhatikan. Agar ayam pelung merasa segar dan nyaman.

Berikut Merupakan Daftar Harga Ayam Hias Pelung Per Ekor :

 1 Bulan   @ Rp200,000
2 Bulan   @ Rp225,000
3 Bulan   @ Rp250,000
4 Bulan   @ Rp275.000
5 Bulan   @ Rp325.000
Dewasa   @ Rp550,000

Beberapa tanaman yang dapat digunakan ayam pelung sebagai jamu ayam pelung antara lain kunyit , lengkuas , jahe , temulawak , yang bermanfaat meningkatkan nafsu makan ayam pelung, agar tidak terserang penyakit, mengalami pertumbuhan secara optimal dan tidak menimbulkan bau yang menyengat bagi ayam pelung. Cara membuat jamu tradisional untuk ayam pelung dengan semua bahan yang telah disuapkan dikupas dan dibersihkan, kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuh, blender maupun diparut . Tambahkan air secukupnya lalu disaring. Setelah itu masukkan kedalam wadah yang tertutup. proses tersebut sering disebut sebgai proses fermentasi yang memerlukan waktu kurang lebihnya 6 hari guna mengaja kualitas jamu tersebut dan setelah itu jamu dapat diberikan kepada ayam pelung kita.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam pelung, kami menyediakan telur ayam pelung yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Di sini kami juga mneyediakan anak ayam pelung umur 2 bulan. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam pelung kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam pelung dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarangdi:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

 

Kata Terkait :

pakan anak ayam pelung, makanan agar ayam pelung berkokok panjang, jamu ayam pelung, cara memandikan ayam pelung, memperpanjang nafas ayam pelung,  anak ayam pelung umur 2 bulan,

Viky Ristiyarti

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Pelung
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: