DOC ayam kampung super saat ini mengalami booming yang luar biasa. Jumlah pemesan baik dari pulau Jawa maupun dari luar pulau Jawa mengalami peningkatan yang signifikan. Hal itu menjadi pertanda bahwa bisnis pembesaran DOC ayam kampung super cukup diminati dan mempunyai prospek yang cukup bagus. Saat ini pengadaan bibit atau tempat penetasan bibit day of chicken (DOC) masih banyak dilakukan di pulau Jawa sehingga untuk luar pulau Jawa dikirimkan menggunakan transportasi  udara dan diambil di kargo bandara setempat. Sedangkan dalam pengiriman untuk wilayah kota di Pulau Jawa pengiriman menggunakan kereta api dan diambil di stasiun. Dalam mengirimkan DOC untuk wilayah pulau Jawa ada beberapa tantangan yang dihadapi peternak.

Mengirimkan Bibit

Pengiriman DOD bebek via pesawat

Selama ini banyak pelanggan yang beranggapan bahwa pengiriman untuk DOC ayam kampung super dikirim hingga alamat tujuan. Padahal pelanggan kami tidak hanya di kota besar saja, banyak diantaranya yang berasal dari wilayah yang jauh dari jangkauan pengiriman via kereta api. Jika dikirim langsung ke alamat tujuan biasanya untuk produk selain DOC ayam kampung super. Saat ini yang bisa dikirimkan ke alamat tujuan adalah DOC ayam brolier dengan jumlah minimal 10 boks untuk provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur sedangkan untuk Jawa Barat minimal 20 boks. Sedangkan untuk DOC ayam kampung super belum bisa dikirim hingga alamat tujuan.

Saat ini tantangan dalam mengirimkan DOD adalah tidak meratanya rute jalur kereta api hingga tidak menjangkau seluruh kota di Indonesia. Untuk kota yang tidak dilalui jalur kereta tetap bisa dikirimkan dan untuk pengambilan bisa dilakukan di stasiun terdekat.

Beberapa tantangan pengiriman via kereta

Pengiriman DOC ayam kampung super dengan menggunakan transportasi kereta api maka untuk pengambilan dilakukan di kargo stasiun. Pengiriman sendiri membutuhkan waktu semalam, bahkan di beberapa stasiun hanya memerlukan beberapa jam setelah DOC tersebut dikirimkan.  Setelah prosesi pengambilan maka DOC diangkut menggunakan kendaraan pribadi. Jika dalam kondisi normal (tidak hujan) maka dapat menggunakan sepeda motor.

Pengiriman DOD Bebek via kereta1

Pengiriman via kereta

Jika turun hujan maka pada saat pengambilan bisa menggunakan kendaraan pribadi selain motor. Beberapa alternatif adalah mobil pick-up dan truck (tertutup bagian atas pada saat hujan) dan mobil keluarga. Pada musim penghujan benar-benar perlu penanganan yang optimal agar DOC aman dalam arti tidak kehujanan atau kepanasan dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu perlu penanganan yang optimal agar DOC dalam keadaan aman.

Tantangan lain adalah jarak yang jauh dari stasiun hingga kandang. Daerah di pulau Jawa yang cukup jauh dari stasiun contohnya adalah derah di provinsi Banten bagian selatan atau barat, wilayah Jawa Timur terutama Pacitan, wilayah pulau Madura dan lain sebagainya. Untuk wilayah tersebut pengambilan dilakukan di stasiun terdekat.

Beberapa stasiun di pulau Jawa masih berupa stasiun kecil yang tidak bisa digunakan untuk kargo kereta. Untuk stasiun yang lebih besar ada yag bisa digunakan hanya saja perlu transit di stasiun lain. Contohnya adalah staisun Bogor, stasiun Banyuwangi dan stasiun Jember. Untuk pengiriman dengan tujuan stasiun tersebut, estimasi kedatangan lebih lama dibandingkan dengan stasiun yang langsung (tidak transit). Agar DOC bisa  segera mendapatkan penanganan maka DOC langsung diambil setelah sampai di stasiun tersebut.

Pengiriman DOC Ayam Kampung Super

Pengiriman DOC Ayam Kampung Super

Untuk itu perlu juga diketahui cara penanganan terhadap DOC yang baru datang dari perjalanan jauh. Penanganan setelah DOC sampai dikandang dengan beberapa langkah dibawah ini :

  1. Boks segera diturunkan dari kendaraan dan diistirahatkan.
  2. Setelah diistirahatkan sebentar, perlu dihitung satu per satu. Penghitungan bertujuan untuk memastikan jumlah yang dikirimkan produsen DOC.
  3. DOC yang telah dihitung diistirahatkan sekitar 30 menit lalu diberi larutan gula merah dengan takaran 1 sendok makan gula merah untuk dicampurkan dengan air putih 200 ml (satu gelas ukuran standar). Jumlah air gula merah disesuikan dengan jumlah ayam yang dipelihara.
  4. Setelah semua DOC minum maka diistirahatkan selama 30 menit sebelum diberikan konsentrat atau voer. Konsentrat untuk DOC biasanya BR1 atau 511. Setelah 3 minggu ke atas dapat diberikan BR2 atau 512 hingga masa panen.

Demikian beberapa informasi mengenai beberapa tantangan dalam pengiriman DOC yang dikirimkan melalui jasa kargo kereta api dan pesawat.

Kami dari Hobiternak.com menyediakan DOC ayam kampung super dan dapat mengirimkan tujuan kota di pulau Jawa hingga kota besar di luar pulau Jawa. Sehingga dapat menjangkau ke berbagai wilayah di seluruh Indoesia.

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:

Jual DOC atau anakan ayam kampung super, ternak DOC joper, jenis kandang untuk joper, harga jual DOC ayam kampung super, budidaya ayam kampung super pada lahan sempit, analisa usaha beternak ayam kampung super kapasitas 100 ekor, konsentrat untuk DOC starter, luas kandang untuk DOC kapasitas 500 ekor

**Yuni Ambarwati**

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: