Pemberian Pakan Untuk Ayam Kampung Super dan Berbagai Macam Pakan Alternatif untuk Ayam Kampung Super

Pemberian Pakan Untuk Ayam Kampung Super – Untuk mendapatkan kualitas daging seperti yang kita harapkan, faktor pakan memberikan andil yang cukup penting. Faktor pakan memberikan kontribusi 40% dari keberhasilan suatu usaha peternakan. Komposisi dan jumlah pakan mempunyai nilai yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan umur ayam. Ayam kampung super dalam masalah pakan lebih sederhana dibandingkan pakan untuk ayam potong atau petelur. Pakan ada yang siap pakai dan ada pula yang berupa pakan tambahan yang bisa kita berikan sesuai formula.

Pakan Untuk Pembesaran DOC (DOC – 3 Minggu)

Pada hari pertama pemeliharaan DOC ayam kampung super sampai dikandang. Pakan yang dapat diberikan kepada joper dengan cara ditebarkan pada feeder tray. Untuk hasil yang maksimal, pada masa strater pakan sebaiknya diberikan bebrapaka kali sehari. Minimal 4 – 5 kali dalam sehari yaitu pada pagi, siang, sore dan malam hari.

Pemberian minum pada awal DOC tiba dapat diberikan berupa air larutan gula merah dengan dosis 40 gram gula merah/ liter air. Ini berfungsi untuk mengembalikan energi DOC yang hilang selama perjakanan dari pembibitan sampai ke kandang. Sekaligus untuk menghindari DOC stress akibat perlakuan pemindahan dari boks DOC ke Brooder. Setelah itu air minum selalu disediakan secara adlibitum atau selalu tersedia di dalam kandang sehingga ayam dapat minum setiap saat.

Untuk DOC pakan yang diberikan untuk ayam umur sehari hingga umur 3 minggu mempunyai komposisi protein lebih tinggi dibandingkan periode grower. Kadar protein periode starter mempunyai kadar 20-21 % dan energi metabolisme 3000-3100 kkal energi metabolisme. Sedangkan pada periode grower pakan ayam mempunyai komposisi protein 16-18 %.

BR1
BR1

Untuk pakan komersial yang ada di toko pakan ternak untuk masa starter (umur 1-21 hari) menggunakan BR-1. Sedangkan pada masa grower (umur 22-90 hari) jenis BR-2 dan seterusnya. Kita bisa menggunakan pakan ternak siap pakan dan bahan pakan tambahan. Beberapa bahan tambahan diantaranya jagung, tepung keong, tepung darah, tepung tulang, dedak, bekatul, jenis hijauan yang telah dikeringkan banyak lagi jenis bahan pakan lainnya.

Pakan Untuk Pembesaran Periode Grower (3 Minggu – Masa Panen) 

Pakan ayam kampung super periode grower menggunakan pakan BR-2. Komposisi protein lebih rendah dibandingkan komposisi protein BR-1.

Baca selanjutnya di : 

Pada masa aam memasuki usia finisher pemberian oakan dapat dilakukan 2 – 3 kali dalam sehari  yaitu pagi, siang dan sore. Sama seperti masa strater pemberian pakan pada ayam masa finisher harus diberikan dengan jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan ayam. Selain pemberian pakan yang rutin, pemberian probiotik dan herbal dapat dilakukan setiap hari melalui air minum. Jumlah pemberian probiotik ini harus sesuai dengan dosisi yang dianjurkan pada masa kemasan 10 ml dicampurkan dengan 1 liter air minum.

BR2
BR2

Sumber Pakan Alternatif 

Untuk menekan biaya yang dikeluarkan peternak dalam pembelian pakan, kini peternak dapat menggunakan pakan alternatif yang mudah didapat, murah dan bergizi. Bahan pakan lokal sebagai sumber pakan alternatif yang biasa digunakan oleh peternak  antara lain bahan nabati, yaitu bahan yang berasal dari tumbuh – tumbuhan  yang umumny aberserat tinggi seperti dedak, atau daun – daunan yang disukai hewan unggas seperti daun pepaya, bungkil kelapa, jagung, bungkil kedelai, dan bahan pakan yang berasal dari kacang – kacangan kaya akan sumber protein. Selain pakan alternatif diatas berikut ini beberapa sumber pakan alternatif baik nabati maupun hewani yang dapat diformulasikan dengan bahan lain :

1. Sumber Pakan Nabati 

  • Dedak halus
  • Jagung
  • Bungkil kelapa
  • Singkong
  • Bungkil kedelai

2. Bahan Pakan Hewani 

  • Tepung Ikan
  • Tepung Udang
  • Tepung Tulang
  • Tepung Kerang
  • Bekicot

Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Bagi anda yang ingin beternak Ayam Kampung Super kami menyediakan DOC atau Bibit Ayam Kampung Super yang siap kami kirimkan ke seluruh Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 2028 8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
Harga DOC ayam kampung super, pemeliharaan ayam kampung super dengan kandang litter, budidaya ayam kampung jantan pedaging afkir, peluang bisnis usaha pembesaran DOC ayam kampung super, ukuran kandang untuk DOC kampung super dengan kapasitas 100 ekor, harga pakan br1, cara membuat pakan ayam joper, pakan joper murah, campuran pakan ayam joper, kebutuhan pakan joper, pakan doc umur 1 hari, harga pakan br1 dan br2 2016, pakan doc kampung

**Yuni Ambarwati**
*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Pakan Untuk Ayam Kampung Super
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.