Pemeliharaan Ayam Kampung Super Secara Organik

Pemeliharaan Ayam Kampung Super Secara Organik

Ayam kampung super merupakan jenis ayam yang mempunyai pertumbuhan badan yang lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Pemeliharaan ayam kampung super ini bisa menggunakan cara ekstensif (tradisional), semi ekstensif (semi tradisonal) dan intensif (modern). Masing-masing mempunyai cara pemeliharaan yang berbeda juga. Namun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan sebaiknya menggunakan cara intensif.

pemeliharaan ayam
Ayam Kampung Super

Pemeliharaan secara intensif artinya peternak menyediakan kandang yang memenuhi syarat, pakan dan minum yang bergizi, pemberian multivitamin dan vaksinasi. Untuk pemberian pakan pada umumnya peternak menggunakan konsentrat/ voer atau BR yang diproduksi oleh pabrik. Sementara untuk bahan pakan tambahan bisa diberikan jagung giling, dedak, bekatul, tepung ikan, tepung tulang, tepung daun dan irisan sayuran segar.

Saat ini permintaan ayam kampung super tidak hanya untuk permintaan domestik namun telah merambah ke mancanegara. Guna memenuhi permintaan dari luar negeri, peternak melakukan berbagai inovasi salah satunya dengan memelihara secara organik. Pemeliharaan secara organik artinya ayam mendapatkan pakan dari bahan- bahan yang bebas dari bahan kimia.

Untuk bahan pangan organik, sebuah produk harus ditanam dan diproses dengan cara yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh badan atau lembaga negara. Pestisida diperbolehkan selama bukan pestisida sintetik.

Nah untuk pakan ayam kampung super yang dipelihara dengan pakan organik maka penggunaan konsentrat diutamakan pada umur sehari hingga umur 2 minggu. Setelah lebih dari 2 minggu maka pakan harian menggunakan sejenis ulat yang didapatkan dari bahan yang bebas dari pestisida. Contohnya adalah ulat yang berasal dari batang pisang yang telah di fermentasi.

Batang pisang yang akan digunakan sebagai media tumbuhnya ulat sebaiknya bebas dari pestisida. Jadi untuk membesarkan batang pisang menggunakan pupuk kandang. Setelah besar maka dapat dijadikan media tumbuh bagi ulat. Ulat yang dihasilkan dari fermentasi batang pisang dapat dijadikan makanan ayam kampung super.

Selain ulat, ayam kampung super dapat diberikan bahan pangan alami seperti jagung giling, beras merah giling dan bekatul dengan komposisi yang tidak berlebihan. Dengan pemeliharaan intensif dengan pakan yang organik maka akan dihasilkan daging ayam kampung super yang berkualitas dan aman dari bahan kimia berbahaya atau terkena residu obat antibiotik yang diberikan menjelang masa panen.

Jika anda ingin memelihara ayam kampung super maka kami menyediakan dari bentuk anakan atau DOC. Kami dari hobiternak.com bisa mengirimkan DOC ayam ayam kampung super hingga ke kota lain. Untuk pemesanan silahkan menghubungi sekarang juga di

SMS/CALL/WHATSAPP

081220288686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:

Jual bibit atau anakan ayam kampung, beternak ayam kampung, budidaya ayam kampung, ternak ayam kampung secara intensif, kandang pembesara ayam kampung, boks pemeliharaan DOC atau anakan ayam kampung,

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

*Yuni Ambarwati*

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA