5 Jenis Pemanas Ayam yang Paling Sering di Gunakan Peternak

Pada saat ayam masih berusia anakan atau DOC, mereka membutuhkan suhu yang hangat seperti sedang dierami oleh indukan nya. 

Suhu yang hangat sangat penting untuk DOC ayam karena untuk perkembangan sel, pertumbuhan sel dan pembelahan sel.

Dengan suhu yang hangat seperti sedang didekap oleh indukannya, DOC ayam dapat tumbuh dengan maksimal dan tentunya sehat. 

Istilah yang digunakan untuk pemeliharaan ayam usia anakan atau DOC yaitu masa brooding.

Pada masa ini peternak harus sabar dan telaten karena DOC masih membutuhkan pemeliharaan yang ekstra dan ada beberapa hal yang perlu dilakukan peternak agar DOC ayam tetap hidup dan sehat. 

Ayam yang masih berusia anakan (DOC) masih perlu membutuhkan pemanas di dalam kandang agar ayam tetap merasa hangat seperti sedang dierami induknya | image 1
Ayam yang masih berusia anakan (DOC) masih perlu membutuhkan pemanas di dalam kandang agar ayam tetap merasa hangat seperti sedang dierami induknya | image 1

Masa keemasan DOC ayam yaitu sampai usia 21 hari. Jadi selama waktu tersebut peternak harus semaksimal mungkin merawat DOC ayam agar tetap bisa hidup. 

Ini bisa juga dijadikan patokan, jika pada masa keemasan DOC tidak ada yang mati maka bisa dipastikan kualitas DOC yang dibeli bagus dan peternak merawat DOC dengan benar.

Namun sebaliknya jika pada waktu tersebut banyak DOC yang mati maka bisa jadi DOC yang dibeli kurang berkualitas atau peternak salah dalam perawatannya. 

Bila Anda ingin mencari DOC yang berkualitas bisa membeli di hobiternak.com dengan menghubungi nomor 0812-2028-8686

Menghangatkan DOC ayam bisa menggunakan beberapa cara. Bisa memakai lampu, gasolec, kayu bakar, semawar, heater dan lain sebagainya. 

Pemanas tidak hanya digunakan DOC ayam saja, namun untuk hewan ternak yang masih anakan yang dipisah oleh induk nya membutuhkan pemanas untuk menghangatkan tubuh. 

Berikut beberapa contoh pemanas kandang ayam : 

1. Lampu

Lampu yang biasa digunakan sebagai pemanas yaitu lampu bohlam | image 2
Lampu yang biasa digunakan sebagai pemanas yaitu lampu bohlam | image 2

Pemanas yang sering digunakan oleh para peternak saat pada masa brooding yaitu lampu. Biasanya lampu yang digunakan yaitu lampu bohlam berwarna orange. 

Lampu tersebut lebih disarankan karena panas yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan yang berwarna putih. 

Untuk jumlah pemasangan bisa disesuaikan dengan ayam yang diternak. Peletakannya bisa dipasang di bagian atas ayam, namun jangan terlalu dekat minimal 1 meter. 

2. Gasolec

Berikut contoh foto gasolec untuk pemanas ayam | image 3
Berikut contoh foto gasolec untuk pemanas ayam | image 3

Gasolec berbentuk kotak dengan dilengkapi selang yang mengarah ke bahan utama yaitu gas. Penggunaan gasolec dapat memberikan panas yang stabil di dalam kandang. 

Standarnya 1 gasolec untuk 500 ekor ayam. Peletakannya digantung didepan dengan kemiringan 15 derajat. 

Untuk pemakaian yang lama, gasolec harus selalu dibersihkan terkhusus pada bagian keramik depan. Karena pada bagian keramik depan paling sering bermasalah. 

Jika gasolec tidak dibersihkan dikhawatirkan ada api yang keluar, dan akibatnya bisa boros gas.

3. Kayu bakar

Kayu bakar bisa digunakan sebagai pemanas ayam | image 4
Kayu bakar bisa digunakan sebagai pemanas ayam | image 4

Pemanas untuk DOC ayam bisa menggunakan kayu bakar. Caranya yaitu kayu dimasukkan ke dalam drum atau tong yang ukurannya bisa disesuaikan dengan jumlah ayam yang dipelihara. 

Setelah itu kayu bisa dibakar. Agar api tidak sampai ke bawah lantai maka pada bagian bawah drum bisa diberi tatakan seperti batu bata. 

Dan untuk bagian atas agar tidak membakar bagian atap kandang maka bisa diberi seng  yang digantung di bagian atas. 

4. Semawar

Berikut contoh semawar untuk pemanas ayam | image 5
Berikut contoh semawar untuk pemanas ayam | image 5

Sama seperti gasolec, semawar juga menggunakan gas untuk bahan bakarnya. Semawar bisa menghangatkan ayam dengan kapasitas 500-750 ekor. 

Untuk peletakan semawar bisa digantung di bagian tengah broodingan. Agar ayam tidak menyentuh atau melompat ke semawar maka jaraknya jangan terlalu dekat. 

5. Heater

Heater salah satu pemanas ayam yang harganya paling tinggi | image 6
Heater salah satu pemanas ayam yang harganya paling tinggi | image 6

Salah satu pemanas yang dapat menampung cukup banyak ayam sampai 5ribu – 10ribu ekor yaitu heater. 

Heater adalah pemanas berbahan solar yang mampu menghangatkan ayam dengan maksimal. Harga heater bisa dibilang lebih mahal dibandingkan dengan jenis pemanas lainnya. 

Baca juga : 

Akibat jika tidak memakai pemanas atau kurang pemanas

  • Ayam akan tumbuh tidak maksimal
  • Bulu akan lebih tebal sedangkan daging menjadi tipis. Ini cukup merugikan peternak apabila peruntukannya untuk dijual dagingnya. 
  • Mortalitas tinggi
  • Mudah terserang penyakit
  • Lama kelamaan jika tidak diberi pemanas dan ayam kedinginan maka ayam bisa mati

Pemanas memang sangat penting dan harus digunakan oleh peternak saat memelihara ayam. Jenis ayam apapun pemanas harus tetap digunakan untuk hasil panen yang lebih maksimal. 

Anda bisa menggunakan jenis pemanas apa saja karena hal tersebut tidaklah masalah. Yang terpenting ayam di dalam kandang merasa hangat.

Itu dia beberapa informasi mengenai alat pemanas ayam yang bida digunakan. Apabila Anda sedang mencari alat pemanas ayam silahkan bisa order di hobiternak.com 

Untuk pengiriman sialhkan menghubungi nomor di bawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Kata terkait : pemanas ayam broiler dengan gas, macam-macam pemanas ayam broiler, pemanas ayam listrik, lampu penghangat ayam, pemanas gasolec, pemanas ayam solar, pemanas ayam listrik, pemanas ayam broiler manual

5/5 - (12 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 5: Owned by the author
  • Image 2: chunun.com
  • image 3: hobiternak.com
  • image 4: derapjuang.id
  • Image 5: hobiternak.com
  • Image 6: shopee

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA