Manajemen Pemeliharaan Ayam Kampung Super (Pemberian Pakan, Kesehatan dan Sanitasi)

Manajemen Pemeliharaan Ayam Kampung Super (Pemberian Pakan, Kesehatan dan Sanitasi)

Dalam memelihara ayam kampung super tentu perlu perencanaan yang matang menyangkut pemberian pakan, kesehatan ayam dan sanitasi kandang. Pemeliharaan ayam kampung super termasuk mudah dan sederhana dibandingkan dengan jenis ayam petelur atau ayam potong. Apalagi masa panen yang cukup singkat sekitar 55-60 hari saja. Tentu para peternak dapat menghitung biaya yang dikeluarkan dan modal yang telah dikeluarkan sehingga cepat diketahui berapa pendapatan.

pemeliharaan

Ayam kampung super mempunyai kelebihan karena merupakan persilangan dari ayam yang mempunyai keunggulan yaitu ayam kampung dan ayam petelur. Dari ayam kampung super mewarisi karakter lebih tahan terhadap penyakit dan rasanya yang enak dan padat. Sedangkan dari indukan ayam petelur, ayam kampung super mewarisi karakter cepat panen, postur tubuh yang lebih seragam dan dapat menghasilkan telur konsumsi.

Pemeliharaan dengan sistem intensif bertujuan untuk mengoptimalkan produktivitas ayam kampung super, salah satunya dengan manajemen pemeliharaan yang meliputi pemberian pakan, kesehatan dan sanitasi kandang. Manajemen pemeliharaan diperlukan agar terjadi pemeliharaan yang berkesinambungan dan dapat menunjang peningkatan produktivitas ayam kampung super.

Pemberian pakan

Contoh pakan yang berkualitas untuk ayam kampung super

Contoh pakan yang berkualitas untuk ayam kampung super

Ayam kampung super perlu diberikan pakan dengan jumlah yang disesuaikan dengan tingkatan umur. Bentuk pakan juga mempunyai bentuk yang berbeda antara DOC dengan anakan ayam yang telah berumur 1 bulanan.

Jumlah takaran pakan untuk ayam kampung super mulai dari DOC – hingga masa panen adalah:

Umur 0-7 hari dengan takaran 10 gram/ ekor/ hari.

Umur 8- 30 hari takaran 40-60 gram/ ekor/ hari.

Umur 31- masa panen takaran 80-100 gram/ ekor hari.

Untuk minuman juga perlu takaran yang disesuaikan dengan tingkatan umur.

Kesehatan

Upaya meningkatkan produktivitas ayam salah satunya dengan menjaga kesehatan dan upaya pengobatan terhadap ayam yang sakit.

Upaya pencegahan dengan melakukan sanitasi, pembuatan ventilasi pada kandang dan menciptakan kandang yang bersih, kering dan nyaman bagi ayam. Upaya lain yaitu dengan melakukan vaksinasi pada ayam yang dimulai pada umur 3 hari.

Sanitasi kandang

sanitasi kandang

sanitasi kandang

Sanitasi kandang bertujuan untuk mewujudkan lingkungan kandang yang bersih, sehat dan nyaman bagi ayam. Hal tersebut sangat penting mengingat kandang merupakan tempat tinggal, tumbuh dan berkembangnya ayam, tempat mengasuh dan tempat perkawinan ayam. Sehingga dengan melakukan sanitasi diseluruh area kandang maka akan meningkatkan kesehatan ayam yang dipelihara. Sanitasi dilakukan pada seluruh area di dalam dan di luar kandang.

Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC ayam kampung super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812 2028 8686
0822-2123-5378

AXIS:
0838-6918-5523

Kata Terkait:

Ternak ayam kampung, kandang ayam kampung, beternak ayam kampung super, pakan ayam kampung, cara ternak ayam kampung yang baik, ternak ayam kampung modern, pakan ayam kampung, tips ternak ayam kampung

*Yuni Ambarwati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOC atau Bibit ayam kampung super
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply