Mengenal Penyakit Mata Putih Pada Bebek

Mengenal Penyakit Mata Putih Pada Bebek

Diantara penyakit yang menyerang Bebek, penyakit mata putih merupakan salah satu yang penularannya bisa dibilang cukup cepat. Penyakit mata putih merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus yang menyerang termasuk ganas karena dalam beberapa hari saja penyakit mata putih dapat menular ke bebek yang lainnya. Maka dari itu apabila bebek sudah terjangkit virus ini segera pisahkan dan letakkan dalam kandang yang terpisah agar tidak cepat menular ke bebek yang lain.

Penyakit mata putih pada bebek

Penyakit mata putih pada bebek

Apa saja gejala dari bebek yang mempunyai penyakit mata putih?

Gejala yang muncul diantarannya adanya cairan yang berwarna putih bening yang keluar dari mata dan paruh bebek. Kotoran yang dihasilkan bebek yang terkena penyakit ini berwarna putih bening akan berubah menjadi kekuning-kuningan hanya dalam hitungan jam saja. Bebek juga akan kesulitan bernafas, badannya lemag dan pada akhirnya bebek akan mengalami kelumpuhan. Jika sampai tahap ini bebek tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, maka bebek akan mengalami kejang-kejang dan akhirnya mati.

Upaya pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit mata putih

Upaya pencegahan diantaranya:

Upaya pencegahannya bisa dengan memberikan vitamin A pada bebek. Bebek yang mendapatkan asupan vitamin A lebih rentan terhadap penyakit mata putih dibandingkan bebek yang kurang mendapatkan asupan vitamin A. Di samping itu litter perlu dibolak-balik agar tidak lembab, basah dan menjadi sarang jamur. Pembalikkan litter dilakukan setidaknya setiap 3-4 kali dalam sekali. Dengan litter yang kering dan lembab maka akan mengurangi resiko bebek terkena penyakit mata putih.

Pengobatan terhadap bebek yang terkena penyakit mata putih

Cara untuk mengobati penyakit mata putih pada bebek bisa dengan diberikan antibiotik yang pemberiannya dicampurkan dengan air minum atau pakan. Antibiotik yang sering digunakan adalah Oxytetracycline (Teramicyn) atau Aureomycins. Pemberian dengan dosis 10 gram per 100 kg pakan jika pemberiannya dengan cara dimasukkan ke dalam pakan. Sedangkan bila dicampurkan dengan air minum maka dosis yang digunakan adalah 10 gram yang dimasukkan ke dalam 40 galon air minum. Pemberian antibiotik akan membantu mengontrol penyakit yang disebabkan oleh virus ini.

Penyakit pada bebek

Penyakit pada bebek

Bagi sebagian orang yang masih awam dengan penyakit mata putih pada awalnya tidak begitu mengganggap penyakit ini karena beranggapan bahwa penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya dan tidak mengira virus ini bisa menular dengan cepat, bahkan bisa mengakibatkan kematian bila tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk itu, apabila ingin membeli bebek di pasar tradisional pastikan bebek dalam keadaan baik, karena penjualan bebek di pasar tradisonal kurang terkontrol antara bebek yang mempunyai penyakit atau yang masih sehat. Banyak penjual yang menjual bebek yang mempunyai penyakit dengan tujuan untuk memperkecil kerugian namun tindakan tersebut akan mengakibatkan tertularnya bebek sehat yang banyak dijual oleh penjual lainnya. Untuk itu perlu sikap kehati-hatian agar bebek yang kita beli di pasaran benar-benar dalam kondisi yang sehat.

bebek Unggulan

bebek Unggulan

Kata terkait:

Ternak bebek intensif, budidaya bebek lokal, beternak bebek peking, bebek petelur, bebek pedaging, bebek yang potensial sebagai pedaging dan petelur, pakan bebek, bebek petelur dan pedaging

*Yuni Ambarwati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOD atau Bibit bebek
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply