Kelinci Dutch

Langkah-langkah Berbudidaya Kelinci Hias

Langkah-langkah Berbudidaya Kelinci Hias

Pada awalnya Kelinci memang hewan liar, dahulu kelinci hidupnya di hutan-hutan. Namun karena kelinci termasuk hewan lucu dan sangat jinak maka ada beberapa masyarakat yang ingin memeliharanya. Akan tetapi ada juga yang enggan untuk mememeliharanya karena memang air seninya itu baunya menyengat.

Dalam budidayanya kelinci bisa dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi dan bulunya juga bisa sebagai hiasan. Daging kelinci memang terkenal enak dan lezat, mungkin sebagian ada yang belum pernah merasakan daging Kelinci, karena memang pemasok daging kelinci masih jarang.

Karena masih jarangnya para peternak hewan yang berbudidaya Kelinci, maka berbudidaya kelinci pun masih memiliki kesempatan yang luas. untuk itu kita perlu mengetahui langkah-langkah dalam budidayanya.

Kelinci Dutch

Kelinci Dutch

Apa sajakah langkah-langkah yang diperlukan untuk berbudidaya Kelinci?

Berikut langkah-langkah berbudidaya Kelinci

  1. Memilih lokasi

Karena Kelinci termasuk hewan yang tidak menyukai keramaian, pilihlah lokasi yang nyaman, tenang dan jauh dari keramaian, dekat dengan sumber air dan aman dari gangguan manusia maupun binatang

  1. Pemilihan Kandang

Pada pemeliharaan awal buatlah kandang baterai atau kandang bersusun, kandang baterai yang baik yaitu hanya memiliki 2 tingkat. Pada tahap selanjutnya saat masa pembesaran buatlah kandang dengan tipe kandang koloni, yaitu kandang yang ukurannya lebih besar.

  1. Pemilihan Indukan

Pemilihan indukan yang baik yaitu Kelinci yang sudah berumur 6-9 bulan, berbobot, berbadan sehat, lincah dan tidak memiliki penyakit, pilihlah indukan sepasang yaitu jantan dan betina

  1. Masa Perkawinan

Saat kelinci berusia 6-9 bulan, tandanya kelinci tersebut sudah dewasa dan siap dikawinkan. Satukan antara indukan jantan dan betina tersebut kedalam satu kandang, waktu yang baik untuk mengawinkan kelinci yaitu pada saat pagi hari dan malam hari, lakukan hal tersebut sampai 7 hari, setelah itu pisahkan antara indukan jantan dan betina, tunggu sampai 12-14 hari dari masa perkawinan biasanya dalam jangka waktu tersebut kelinci betina sudah mulai mengandung, dan pada saat usia kehamilan berumur 31-34 hari kelinci akan melahirkan anaknya.

Kelinci Holland Lop Jantan

Kelinci Holland Lop Jantan

  1. Masa Menyusui

Saat kelinci sudah melahirkan anaknya, maka indukan akan segera menyusui anaknya kurang lebih sampai 8 minggu, setelah 7 hari masa menyusui anak kelinci sudah bisa dipisahkan dari indukannya .

Setelah langkah tersebut sudah dilalui, maka langkah selanjutnya yaitu langkah-langkah pemeliharaannya.

  1. Pembersihan Kandang dan Peralatannya

Lakukan pembersihan kandang secara rutin, selain itu juga bersihkan lakukan pembersihan rutin  peralatannya seperti tempat makan dan minumnya

  1. Pemberian pakan

Dalam satu hari berikan pakan sebanyak 2 kali, berikan makanan berupa sayuran hijau dan buah-buahan. Sayuran hijau seperti sawi, lobak hijau, ketumbar dan seledri menjadi makanan yang disukai kelinci, untuk buah-buahan pilihlah buah seperti pisang atau apel. Untuk kelinci yang masih berumur 2 minggu keatas berikan pakan berupa sayuran sebanyak 1 kali dalam seminggu

Kelinci Holland Lop Betina

Kelinci Holland Lop Betina

  1. Penempatan Kelinci dalam Kandang

Setiap satu kandang hanya diisi oleh 3 ekor saja, jangan campurkan antara kelinci jantan dan betina karena hal ini akan mengakibatkan pendewasaan dini.

  1. Mengetahui Keadaan Kelinci

Saat kondisi lesu, tidak semangat apalagi sampai menjerit itu merupakan tanda-tanda kelinci mengalami penyakit. Segera pisahkan kelinci yang sedang sakit hal ini untuk menghindari penularan penyakit.

  1. Masa Panen

Apabila tujuan budidayanya itu untuk diambil dagingnya maka pada usia 5 bulan, biasanya kelinci sudah bisa dipanen. Namun jika ingin memperbanyak jumlahnya, pada saat kelinci sudah dewasa segera dipasangkan agar dapat melakukan proses perkawinannya lagi.

Flemish Giant Anakan

Flemish Giant Anakan

Itulah beberapa langkah untuk berbudidaya Kelinci semoga bermanfaat

Dan jika anda ingin memelihara Kelinci, di jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis kelinci. untuk pemesanan silahkan hubungi kami segera di :

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

 

Kata Terkait :

Kelinci Hias, Kelinci Pedaging, Ternak Kelinci Hias, Ternak Kelinci Pedaging, Usaha Ternak Kelinci Pedaging, Usaha Ternak Kelinci Hias, Budidaya Kelinci, Cara Budidaya Kelinci, Jual Kelinci

 

Leave a Reply