Kelebihan Yang Bisa Kita Peroleh Saat Memelihara Ayam Brahma

Beberapa Kelebihan Yang Bisa Kita Peroleh Saat memelihara Ayam Brahma

Beberapa kelebihan yang bisa kita peroleh saat memelihara Ayam Brahma. Bagi sebagian masyarakat biasa mungkin belum terbiasa dengan ayam yang berpostur tinggi bongsor tersebut. Ayam Brahma asli sendiri mempunyai beberapa kelebihan yang membuat pecinta ayam hias ingin memeliharanya untuk ternakan di rumah. Diantara kelebihan tersebut adalah postur tubuhnya yang besar sehingga cukup potensial dijadikan pedaging. Di samping itu warna Ayam Brahma juga tidak hanya satu warna saja ada beberapa warna diantaranya ayam brahma hitam, ayam brahma blue, putih, hitam, coklat, abu-abu dan lain sebagainya. Sehingga jadi bisa dijadikan ayam hias yang menarik untuk dikoleksi.

Ayam brahma yang disandingkan dengan galon terlihat lebih besar dan tinggi ayam brahmanya | Image 1
Ayam brahma yang disandingkan dengan galon terlihat lebih besar dan tinggi ayam brahmanya | Image 1

Ayam Brahma termasuk salah satu jenis ayam yang berasal dari negara lain. Di negara asalnya di India, Ayam Brahma banyak dipelihara pedaging. Apalagi di India jenis hewan yang dapat dikonsumsi tidak sebanyak hewan di Indonesia. Salah satu hewan yang dianggap haram dikonsumsi bahkan dianggap hewan suci adalah sapi. Sehingga kehadiran Ayam Brahma dapat mengisi kebutuhan komsumsi daging secara nasional. Selain India, populasi ayam brahma juga banyak terdapat di Inggris. Di negara tersebut fungsi dari ayam brahma juga sebagai ayam konsumsi.

Ada perbedaan saat ayam brahma dipelihara di Indonesia. Ayam brahma masih dijadikan sebagai ayam hias yang harganya cukup mahal dan biasanya penghobi dari kalangan menengah keatas. Jika untuk tujuan diambil dagingnya memang masih jarang karena ayam konsumsi yang rasanya cukup enak masih banyak didapatkan. Contohnya adalah ayam kampung, ayam bangkok, ayam pelung, ayam cemani dan masih banyak lagi. Sehingga peternak banyak menangkarkan karena untuk dikembangbiakkan sebagai ayam hias.

Ayam brahma putih sepasang usia dewasa dengan postur tubuh yang tak kalah besar pula | Image 2
Ayam brahma putih sepasang usia dewasa dengan postur tubuh yang tak kalah besar pula | Image 2

Baca juga :

Bagaimana kandang yang sesuai untuk tempat pemeliharaan ayam brahma?

Pemeliharaan Ayam Brahma sebenarnya cukup sederhana dan dapat dilakukan oleh penghobi ayam hias yang masih pemula. Untuk kandang Ayam Brahma sebaiknya menggunakan tanah karen ayam brahma mempunyai sifat menggaruk-garuk tanah. Kandang dilatakkan dalam ruangan terbuka agar ayam brahma tidak stres. Jika kandang tertutup mereka bisa stres dan akan ganti bulu sehingga akan mengurangi keindahan ayam brahma. Ukuran kandang cukup efektif dengan ukuran 1×2 meter dapat menampung brahma dewasa 4 ekor yang terdiri dari 1 jantan 4 betina.

Jenis brahma light ini termasuk brahma yang paling banyak diminati oleh para pecinta ayam hias/ayam unik | Image 3
Jenis brahma light ini termasuk brahma yang paling banyak diminati oleh para pecinta ayam hias/ayam unik | Image 3

Kandang untuk Ayam Brahma diusahakan dalam kondisi bersih dan kering agar penyakit tidak mudah menyerang. Apalagi Ayam Brahma yang telah berumur 2-3 bulan biasanya mulai dilepas dikandang beralas tanah. Maka kebersihan memegang peranan penting agar ayam tetap dalam kondisi sehat.

Apa saja makanan bagi Ayam Brahma agar meningkatkan produksi telurnya?

Untuk pakan ayam brahma menggunakan voer atau konsentrat dengan kombinasi jagung giling dan beras merah giling. Jika pakan terpenuhi nutrisinya maka akan meningkatkan produktivitas telur menjadai 25-40 butir telur yang dapat ditetaskan setelah dierami selama 25 hari. Agar ayam brahma cepat bertelur kembali maka sebaiknya telur ditetaskan dengan menggunakan mesin penetas telur supaya ia tidak akan mengerami telurnya. Sudah diketahui bahwa proses pengeraman telur akan membutuhkan waktu yang lama.

Brahma splash ini masih cukup jarang dipelihara oleh para pecinta ayam hias, padahal warnanya unik dan mempesona. | Image 4
Brahma splash ini masih cukup jarang dipelihara oleh para pecinta ayam hias, padahal warnanya unik dan mempesona. | Image 4

Ayam Brahma menyukai cuaca dingin yang mendukung pertumbuhan bulu kakinya. Maka tak mengherankan bila di cuaca dingin Ayam Brahma mempunyai bulu yang lebih lebat dibandingkan brahma yang hidup di suhu tropis seperti Indonesia.

Berapa harga ayam brahma ?

Ayam brahma adalah termasuk dalam jenis ayam hias. Maka dari itu harga yang ditawarkan juga tidak murah. Rata rata harganya ratusan sampai jutaan. Setiap jenis brahma juga berbeda-beda, semakin unik dan postur tubuh yang besar maka semakin tinggi pula harganya. Berikut untuk harga ayam brahma indukan sampai ke anakan 1 bulan di hobiternak.com :

*Daftar Harga Ayam Brahma*
Brahma Indukan 3.5jt/pasang
Brahma 5 Bulan 2.3jt/pasang
Brahma 4 Bulan 1.8jt/pasang
Brahma 3 Bulan 1.4jt/pasang
Brahma 2 Bulan 850rb/pasang
Brahma 1 Bulan 600rb/pasang

Silahkan jangan lupa like, comment, dan subscribe youtube kami kandang utama jualayamhias

Jika anda menginginkan Ayam Brahma, dan ingin mengetahui mengenai ayam brahma. Silahkan hubungi kami kapan saja. Kami siap mengirimkan ke seluruh Indonesia menggunakan kargo hewan terpercaya. Untuk pemesanan silahkan hubungi nomor kami di bawah ini :

SMS/CALL/WHATSAPP

085647723888

Telkomsel:
0812 2028 8686
082221235378

Indosat:
085647723888
085729323426

XL:
081931409353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait:
Ternak ayam brahma, budidaya ayam brahma pada suhu tropis, jenis pakan ayam brahma, kandang terbuka untuk ayam brahma, brahma ayam pedaging unggul, harga ayam brahma terbaru, bobot ayam brahma, jual ayam brahma
cara ternak ayam brahma, harga ayam brahma indukan, ayam brahma bertelur, ayam brahma asli, ayam brahma blue, ayam brahma terbesar, ayam brahma hitam, jenis ayam brahma

*Yuni Ambarwati*

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: Owned by the author
  • Image 2: Owned by the author
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • Image 3: Owned by the author
  • Image 4: Owned by the author
  • thumbnail: pinterest.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA