ayam petelur

Kebutuhan Nutrisi Bibit atau Anakan Ayam Petelur Dari Fase Starter Hingga Layer

Kebutuhan Nutrisi Bibit atau Anakan Ayam Petelur Dari Fase Starter Hingga Layer

Ayam petelur merupakan ayam yang menghasilkan telur untuk dikonsumsi. Ayam petelur mempunyai pakan dengan komposisi yang berbeda dengan ayam pedaging. Saat ini telur yang dihasilkan oleh ayam petelur lebih banyak digunakan untuk konsumsi dibandingkan untuk ditetaskan. Ayam petelur perlu mendapatkan lemak dan protein dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan ayam pedaging.

ayam petelur

ayam petelur

Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan bagian tubuh, mengganti jaringan tubuh yang rusak serta produksi. Sedangkan kalsium, fosfor dan vitamin D mempunyai peranan penting dalam pembentukan tulang dan kulit telur. Hal tersebut dapat secara efisien bila ada peranan dari Vitamin D.

Energi bukanlah suatu zat makanan namun merupakan hasil dari suatu proses metabolisme karbohidrat, protein dan lemak di dalam tubuh.

Kebutuhan energi ditentukan oleh ukuran dan jenis ayam, temperatur lingkungan dan aktivitas ayam. Ayam yang mempunyai berat yang lebih memerlukan energi yang banyak dibandingkan ayam dengan ukuran yang lebih ringan. Ayam yang sedang berproduksi juga memerlukan energi lebih banyak dibandingkan ayam yang tidak sedang berproduksi atau yang tingkat produksinya lebih rendah.

Kebutuhan ayam petelur fase starter

BR1

BR1

Bibit atau anakan ayam petelur mempunyai kebutuhan energi metabolisme sekitar 2.700 – 2.900 kkal/ kg. Untuk kebutuhan lemak sekitar 4 %, protein kasar 18 – 20 %, kalsium sekitar 1% dan fosfor. Ayam pada masa starter membutuhkan lebih banyak lemak dan energi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan badannya.

Kebutuhan nutrisi untuk bibit ayam petelur fase grower/ pertumbuhan

contoh pakan grower

contoh pakan grower

Ayam pada masa pertumbuhan mempunyai kebutuhan energi metabolisme sekitar 2.600- 2.800 kkal/ kg. Lemak sekitar 5%, protein kasar 15-16 %, kalsium 0,9 % dan fosfor 0,40 %.

Kebutuhan nutrisi untuk ayam pada fase layer

Pada fase layer, ayam petelur mempunyai kebutuhan energi metabolisme sebesar 2.800 – 2.900 kkal/ kg, lemak 5 – 6%, protein kasar 17, 5 – 19 %, kalsium 3, 75% – 3,8 %, fosfor 0,48 – 0,45 %.

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:

Harga bibit atau anakan atau DOC ayam kampung super, jual anakan atau bibit ayam kampung super, beberapa kelebihan bisnis pembibitan ayam kampung super pedaging , peluang bisnis usaha penetasan DOC ayam kampung super, ukuran kandang ayam kampung super untuk kapasitas 1000 ekor DOC, fase layer, fase fase ayam petelur, pakan grower petelur, periode ayam petelur, ayam layer adalah, masa afkir ayam petelur, umur ayam petelur mulai bertelur, tabel berat badan ayam petelur

*Yuni Ambarwati*

Leave a Reply