Apakah Benar Ayam Kalkun Terbang ? Ini Faktanya

Ayam kalkun atau disebut dengan turkey merupakan jenis unggas darat yang berasal dari Meksiko dan Amerika Utara. Asal usul ayam kalkun ini telah berawal dari 400 tahun yang lalu yang ditemukan di Meksiko dan Amerika Utara.

Ayam kalkun ini juga dinobatkan sebagai unggas terbesar di dunia bahkan tidak jarang banyak orang memanfaatkan ayam kalkun sebagai ayam pedaging.

Ayam kalkun termasuk jenis unggas yang memilki tubuh yang besar, beda dari jenis ayam pada umumnya | image 1
Ayam kalkun termasuk jenis unggas yang memilki tumbuh yang besar, beda dari jenis ayam pada umumnya | image 1

Daging ayam kalkun halal dikonsumsi dagingnya pun juga mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Ketika dewasa bobot ayam kalkun jantan dapat mencapai 5-6 kg/ ekor sedangkan untuk ayam kalkun betina mencapai 3-4 kg ekor. Bagaimana ? cukup tinggi bukan bobot yang dihasilkan ayam kalkun ini ?

Apakah Ayam Kalkun Terbang ?

Dari pertanyaan diatas apakah benar ayam kalkun bisa terbang ? Jawabannya adalah.. benar ayam kalkun ini ternyata dapat terbang. Dari 10 jenis ayam kalkun yang pernah kami tuliskan di artikel ayam kalkun tersebut ternyata mempunyai kemampuan terbang.

Padahal jika dipikir-pikir ayam kalkun dengan bobot yang tinggi tersebut tidak memungkinkan untuk terbang bukan ?

Tapi setelah mendapatkan fakta dilapangan tentu tidak dipungkiri bahwa ayam kalkun terbang memang bisa, terutama pada ayam kalkun liar. Ayam kalkun biasanya terbang sekali dalam sehari ketika akan bertengger dipohon pada waktu malam hari.

Apakah benar ayam kalkun terbang ? | image 2
Apakah benar ayam kalkun terbang ? | image 2

Dalam keadaan terancam ayam kalkun terbang pun juga dapat terjadi. Kemampuan ayam kalkun terbang memang dapat sewaktu-waktu terjadi hanya saja jarak terbang ayam kalkun tidaklah sejauh seperti burung pada umumnya.

Ayam kalkun lebih banyak menghabiskan waktunya di darat dibandingkan di udara dengan cara terbang.

Hal ini dikarenakan ayam kalkun terbang menggunakan otot-otot bagian dadanya sedangkan sudah diketahui bersama bahwa tubuh ayam kalkun memiliki bobot yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan ayam kalkun tidak dapat terbang tinggi dan lama.

Ayam kalkun ternyata memang memiliki kemampuan terbang hanya saja daya terbangnya tidak terlalu jauh | image 3
Ayam kalkun ternyata memang memiliki kemampuan terbang hanya saja daya terbangnya tidak terlalu jauh | image 3

Ayam kalkun lebih banyak menghabiskan waktunya di darat dibandingkan di udara dengan cara terbang.

Hal ini dikarenakan ayam kalkun terbang menggunakan otot-otot bagian dadanya sedangkan sudah diketahui bersama bahwa tubuh ayam kalkun memiliki bobot yang tinggi.

Hal inilah yang menyebabkan ayam kalkun tidak dapat terbang tinggi dan lama.

Kalkun liar cenderung memiliki ukuran tubuh yang kecil & kurus sehingga kemampuan dalam ayam kalkun terbang ataupun lari memiliki kecepatan yang tinggi.

Jenis ayam kalkun liar ini memiliki kemampuan terbang hingga 88 km/jam.

Keistimewaan Ayam Kalkun yang jarang diketahui oleh masyarakat | image 4
Keistimewaan Ayam Kalkun yang jarang diketahui oleh masyarakat | image 4

Apa keistimewaan Ayam Kalkun ?

Selain diunggulkan oleh produksi daging yang tinggi serta kemampuannya yang dapat terbang, ayam kalkun pun juga memiliki keistimewaan yang lainnya loh.

Nah perlu sobat ternak tahu bahwa keistiewaan ayam kalkun ini ternyata banyak dan tidak dimiliki oleh jenis unggas yang lainnya. Diantara keistimewaan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Ayam kalkun merupakan pelari yang handal
  2. Memiliki kemampuan terbang
  3. Ayam kalkun bisa tidur diatas pohon
  4. Jenis kelamin ayam kalkun dapat dilihat dari bentuk kotoran
  5. Kalkun jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibanding kalkun betina
  6. Produktifitas ayam kalkun yang cukup baik
  7. Kalkun memiliki dua perut
  8. Penglihatan mata ayam kalkun cukup tajam
  9. Ayam kalkun termasuk hewan yang cerdas

Kesimpulan dari judul artikel kami diatas mengenai ayam kalkun terbang adalah benar yaa sobat ternak.

Ayam kalkun memang memeiliki kemampuan terbang tetapi kemampuan tersebut tidahlah sama seperti burung yang dapat terbang tinggi nan jauh.

Ayam kalkun terbang hanya sesekali seperti sekedar untuk bertengger di atas pohon, ketika dalam situasi yang buruk dan lain sebagainya.

Anda pasti tertarik bukan untuk memiliki si ayam kalkun terbang ini ? Nah bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam kalkun, kami dari hobiternak.com menyediakan ayam kalkun dari usia bibit hingga indukan dewasa.

Untuk pengiriman dapat kami jangkau ke seluruh wilayah indonesia dengan kargo hewan terpecaya dan harga yang terjangkau.

Yuk dapatkan bibit kalkun berkualitas di tempat kami, untuk mengetahui daftar harga ayam kalkun silahkan dapat langsung menghubungi nomo kami berikut ini :

 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

5/5 - (11 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: pixabay.com
  • thumnail: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA