Dari Mana Asal Ayam Kalkun ? Inilah jawabannya

Ayam kalkun menjadi salah satu jenis unggas atau burung besar yang biasanya oleh masyarakat dijadikan sebagai jamuan makanan lezat.

Kegunaan ayam kalkun sebagai hidangan makanan lezat tentunya sudah banyak dilakukan oleh masyarakat di beberapa negara terutama di Indonesia.

Pada perayaan-perayaan hari besar di beberapa negara penggunaan daging ayam kalkun hampir tidak pernah luput untuk disajikan menjadi hidangan lezat dan mengugah selera. 

Selain diternakkan sebagai ayam hias, ayam kalkun banyak di jadikan sebagai ayam pedaging karena memilki bobot dan ukuran tubuh yang tinggi | image 1
Selain diternakkan sebagai ayam hias, ayam kalkun banyak di jadikan sebagai ayam pedaging karena memilki bobot dan ukuran tubuh yang tinggi | image 1

Jenis ayam kalkun terbesar yang biasa masyarakat sajikan menjadi hidangan lezat yakni kalkun bronze dan kalkun putih atau white holland. Tetapi tidak menutup kemungkinan jenis ayam kalkun terbesar lainnya dijadikan juga sebagai makanan.

Tetapi apakah Anda sudah tau dari mana ayam kalkun ini berasal ? Pasti belum tau yaa.. bagi yang belum tau dari mana ayam kalkun ini berasal mari kita simak pembahasannya di paragraf berikut

Dari mana asal ayam kalkun ? Ternyata dari sini

Kalkun atau biasa disebut sebagai meleagris merupakan salah satu spesies burung yang memiliki ukuran tubuh besar yang berasal dari ordeo Galliformes genus Meleagris.

Walaupun di dalam bahasa inggris kalkun disebut sebagai Turkey, meskipun namaya Tukey tetapi kalkun ini bukan berasal dari Negara Turki loh.

Trus ceritanya gimana yaa kok bisa jadi nama Tukey ? Ada yang bisa jawab ??

Dari mana ayam kalkun ternyata bukan berasal dari Turki melainkan berasal dari Meksiko & Amerika Utara | image 2
Dari mana ayam kalkun ternyata bukan berasal dari Turki melainkan berasal dari Meksiko & Amerika Utara | image 2

Nah jadi sekitar kurang lebih 400 tahun yang lalu ayam kalkun ini telah ditemukan di Meksiko dan Amerika Utara. Jenis ayam kalkun terbesar ini pada mulanya sydah banyak dibudidayakan oleh penduduk kuno di Mekasiko.

Kemudian datanglah orang Spanyol ke Meksiko dan membawa daging ayam kalkun untuk disebarkan ke Benua Eropa.

Orang Eropa yang tidak mengetahui dari mana asal ayam kalkun tersebut mengira bahwa ayam kalkun dibawa dari Turki. Oleh karena kejadian tersebut orang Eropa menamakan ayam kalkun terebut dengan nama Turkey. Bahan nama tersebut bertahan hingga saat ini.

Selain itu nama kalkun tersebut didapat dari ejaan yang dalam Bahasa Belanda namanya “Kalkoen” diambil dari nama kota “Kalikut” di India.

Kalkun banyak dipelihara oleh pecinta ayam hias karena memiliki corak warna dan bentuk tubuh yang unik | image 3
Kalkun banyak dipelihara oleh pecinta ayam hias karena memiliki corak warna dan bentuk tubuh yang unik | image 3

Di Indonesia banyak juga masyarkat menjadikan ayam kalkun sebagai ayam pedaging. Mengenai mitos ayam kalkun saat ini masyarakat lebih menjadikan ayam kalkun sebagai ayam pedaging bukan digunakan untuk ritual atau lain sebagainya. 

Selain menjadikan ayam kalkun sebagai ayam pedaging namun tidak sedikit pula masayarakat merasa sayang pada ayam kalkun dan lebih menjadikannya sebagai ayam hias yang dikembangbiakan. 

Harga ayam kalkun di Indonesia pun cukup terjangkau dan ramah di kantong. Bagi Anda yang ingin mengembangbiakan ayam kalkun untuk dipelihara atau dijadikan sebagai ayam pedaging kami hobiternak.com menyediakan ayam kalkun mulai dari usia satu bulan hingga indukan dewasa siap produksi atau siap konsumsi.

Berikut merupakan kumpulan foto - foto untuk jenis ayam kalkun yang hobiternak.com sediakan | image 4
Berikut merupakan kumpulan foto – foto untuk jenis ayam kalkun di indonesia yang hobiternak.com sediakan | image 4

Jika dibandingkan dengan daging ayam kampung dan daging hewan lainnya, daging ayam kalkun mempunyai keunggulan pada dagingnya yang enak, lezat dan memiliki kandungan protein dan lemak yang tinggi.

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tidak perlu takut yaa karena daging ayam kalkun ini rendah kolesterol.

Ayam kalkun ini pun dinobatkan sebagai jenis ternak unggas yang pantas dikembangkan sebagai sumber protein yang tinggi. Ciri-ciri ayam kalkun yang dapat Anda pilih menjadi ayam pedaging yakni yang memiliki bobot tubuh yang besar dan sehat. 

Bagaimana sudah terjawab bukan dari mana asal ayam kalkun ini dan manfaat yang terkandung dalam daging ayam kalkun ini.

Nah bagi yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam kalkun pedaging ataupun ayam kalkun hias bisa didapatkan di hobiternak.com.

Kami menyediakan 10 jenis ayam kalkun populer yang siap diternakan dari usia satu bulan hingga dewasa. Kami siap mengirimkan ayam kalkun untuk wilayah jawa dan juga.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai daftar harga ayam kalkun, cara pemesanan, cara pengiriman dan layanan konsultasu gratis lalinnya bisa langsung menghbubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 5: pixabay.com
  • image 2: Pinterest.com
  • image 3: Pinterest.com
  • thumnail: hobiternak.com & pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA