Apakah Daging Kalkun Halal ? atau Haram ? Simak penjelasannya

Di Indonesia keberadaan ayam kalkun sudah tidak asing lagi, banyak masyarakat sudah memelihara ayam kalkun ini untuk sekedar hiasan atau diambil dagingnya.

Jenis-jenis ayam kalkun pun juga banyak ada 10 jenis ayam kalkun di dunia yang terkenal akan keindahannya.

Ayam kalkun termasuk jenis unggas yang memilki tumbuh yang besar, beda dari jenis ayam pada umumnya | image 1
Ayam kalkun termasuk jenis unggas yang memilki tumbuh yang besar, beda dari jenis ayam pada umumnya | image 1

Menjadikan ayam kalkun bukan hanya sebagai ayam kalkun hias sudah banyak diterapkan oleh masyarakat di Indonesia, terutama untuk dijadikan sebagai ayam pedaging.

Aneka kuliner berbahan dasar daging kalkun pun sudah banyak di temukan di restoran-restoran ternama di berbagai daerah.

Daging kalkun terkenal akan citarasa dan kelezatan yang sangat menggugah selera. Selain memiliki citarasa yang lezat daging kalkun juga memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Ayam kalkun tidak hanya dijadikan sebagai ayam hias saja, tetapi banyak dimanfaatkan untuk dijadikan ayam pedaging | image 2
Ayam kalkun tidak hanya dijadikan sebagai ayam hias saja, tetapi banyak dimanfaatkan untuk dijadikan ayam pedaging | image 2

Tetapi, mengenai status kehalalan daging ayam kalkun banyak orang bertanya-tanya tentang kehalalan ayam kalkun “Apakah daging kalkun halal ?” Jawabannya pun cukup mudah, yakni “Iyaa.. benar daging ayam kalkun halal.

Apakah Daging Kalkun Halal ?

Di dalam agama islam perumusan tentang kehalalan daging hewan pun dapat dengan mudah dijelasan dan cukup sederhana saja.

Hal ini dikarenakan hewan yang halal dikonsumsi oleh manusia cenderung lebih banyak jumlahnya jika dibandingkan dengan hewan yang haram.

Contoh dari jenis-jenis hewan yang halal diantaranya ada ayam, bebek, kalkun, sapi, kambing, kerbau, ikan, kelinci dan lain sebagainy. Begitu pula daging hewan yang Allah haramkan diantaranya ada babi, anjing, ular dan lain-lainnya.

Hal-hal diatas pun juga terdapat di dalam Qur’an Surat Al-Maidah ayat 3 :

QS. Maidah ayat 3 | image 3
QS. Maidah ayat 3 | image 3

Artinya : Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih. Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan pula) mengundi nasib dengan azlam (anak panah), (karena) itu suatu perbuatan fasik. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu. Tetapi barangsiapa terpaksa karena lapar, bukan karena ingin berbuat dosa, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Daging kalkun halal dikonsumsi oleh manusia | image 4
Daging kalkun halal dikonsumsi oleh manusia | image 4

Bagaimana ? sudah jelas bukan bahwa daging kalkun halal di konsumsi oleh manusia. Satu lagi yang perlu diingat bahwa stastus kehalalan daging kalkun pun juga dapat dipengaruhi bagaimana cara kita dalam menyembelihnya.

Di dalam agama islam pada saat menyembelih hewan dengan memotong bagain leher seperti jalur makan dan jalur pernafasan menggunakan pisau atau alat yang tajam.

Selain itu tidak lupa juga bahwa kita juga dianjurkan melafadzkan basmallah dan menghadapkan hewan yang akan disembelih ke arah kiblat.

Apakah Daging Kalkun bisa dimakan ?

Daging ayam kalkun yang berstatus halal ini tentu sangat aman untuk dikonsumsi oleh manusia. Biasanya masyarakat banyak memilih jenis kalkun bronze sebagai kalkun pedaging.

Hal ini dikarenakan ayam kalkun bronze murah sehingga banyak masyarakat memilihnya sebagai ayam kalkun pedaging. 

Bahkan dengan mengkonsumsi daging ayam kalkun dapat memberikan manfaat bagi kesehatan pada tubuh manusia. Olahan daging ayam kalkun yang paling populer dan banyak dikonsumsi yakni kalkun panggang.

Selain diternakkan sebagai ayam hias, ayam kalkun banyak di jadikan sebagai ayam pedaging karena memilki bobot dan ukuran tubuh yang tinggi | image 5
Selain diternakkan sebagai ayam hias, ayam kalkun banyak di jadikan sebagai ayam pedaging karena memilki bobot dan ukuran tubuh yang tinggi | image 5

Banyak masyarakat diberbagai negara yang menggolah ayam kalkun sebagai kalkun panggang dengan tambahan beberapa kentang panggang, tomat panggang dan anekan tambahan sayuran soup lainnya.

Ayam kalkun dipilih menjadi ayam pedaging karena memiliki ukuran tubuh yang besar tentu akan berpengarh juga pada bobot ayam kalkun.

Di hobiternak.com juga menyediakan ayam kalkun pedaging dengan bobot tinggi dan siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia.

Manfaat daging kalkun untuk kesehatan tubuh | image 7
Manfaat daging kalkun untuk kesehatan tubuh | image 7

Daging ayam kalkun mengandung gizi, nutisi dan vitamin diantaranya ada B3, B6, B12, selenium, kolin dan zinc. Manfaat daging ayam kalkun untuk kesehatan yakni sebagai berikut ini :

  1. Dapat membantu menurunkan berat badan
  2. Memelihara dan membentuk jaringan tubuh
  3. Menambah energi dalam tubuh
  4. Membuat mood menjadi lebih stabil
  5. Cocok bagi penderita diabetes dan kaya akan vitamin B
  6. Mencegah stress dan insomnia
  7. Dapat mencegah anemia dan menurunkan kolesterol
  8. Bagus untuk tulang dan mencegah penyakit kangker

Nah cukup lengkap bukan penjelasan mengenai kehalalan daging kalkun serta kemanan daging kalkun ini untuk dikonsumsi. Bagaimana nihhh sobatersss… sudah pernah mencicipi lezatnya daging ayam kalkun belum ?

Yuk yuk cicipi dan nikmati kelezatan daging kalkun ini disetiap irisanya. Untuk mendapatkan harga kalkun bronze yang terjangkau Sobaterss juga bisa order usia indukan dengan bobot yang tinggi dihobiternak.com.

Tetapi bagi yang ingin ternak ayam kalkun kami pun menyediakan bibit ayam kalkun mulai usia 1 bulan sampai dengan indukan siap produksi atau siap potong.

Pengiriman dapat kami jangkau via kargo ekspedisi dan siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia.

Informasi lebih lengkap mengenai asal usul ayam kalkun, jenis ayam kalkun, daftar harga ayam kalkun, cara pemesanan dan sebagainya silahkan bisa langsung menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

5/5 - (5 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 4: kids.grid.id
  • image 5: pixabay.com
  • thumnail: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA