Apakah Daging Ayam Cemani Berwarna Hitam ?

Ayam cemani merupakan salah satu ayam asli Indonesia yang mempunyai keunikan dari warna bulunya yang serba hitam. Ternyata tidak hanya bulu, konon darah ayam cemani juga berwarna hitam.Dengan  warna yang hitam legam, ayam cemani memang berpenampilan lebih ekstrem dibandingkan ayam hias atau ayam jenis konsumsi yang pada umumnya mempunyai warna yang beragam. Yang berbeda adalah telur ayam cemani, bentuk dan warnanya hampir sama dengan ayam kampung pada umumnya.

Apakah benar daging ayam cemani berwarna hitam ? | Cover Cemani
Apakah benar daging ayam cemani berwarna hitam ? | Cover Cemani

Salah satu mitos yang berkembang selama ini adalah menyatakan bahwa, ayam cemani dapat digunakan untuk ritual atau untuk keperluan yang berhubungan dengan dunia mistik. Misteri ayam cemani tersebut sudah berkembang sejak beberapa abad yang lalu dan cukup sulit untuk menghilangkan mitos tersebut. Dalam tuntunan agama kita juga dilarang keras untuk melakukan hal-hal yang berbau syirik.

Apakah Daging Ayam Cemani Berwarna Hitam ?

Jika dilihat dari tubuhnya yang berwarna hitam semua, tentu kita pasti ingin tahu bukan apakah warna daging ayam cemani juga berwarna hitam ? Ternyata setelah membuktikan dengan memotong ayam cemani, daging ayam cemani juga berwarna hitam. Bahkan tulang ayam cemani pun juga berwarna hitam.

Dengan daging yang berwarna hitam, banyak yang merasa tidak bisa mengkonsumsinya. Padahal rasa daging ayam cemani sangat lezat. Kelezatannya sama seperti kala kita mengkonsumsi daging ayam kampung.

Bagi masyarakat awam, keberadaan ayam cemani belum begitu familiar dibandingkan ayam jenis lainnya. Hal tersebut dipengaruhi beberapa sebab diantaranya populasi ayam cemani yang cukup langka, harganya cukup mahal dan belum banyak yang mengenal ayam cemani sebagai ayam hias. Saat ini ayam cemani banyak digunakan masyarakat untuk tujuan tertentu.

Apa benar darah ayam cemani juga berwarna hitam ?

Jika dilihat dari fisik tubuhnya memang benar seluruh bagian tubuh ayam cemani berwarna hitam termasuk dengan dagingnya. Tetapi perlu diketahui bahwa warna darah ayam cemani yang dihasilkan cenderung berwarna merah tua dan bukan berwarna hitam. Sedangkan untuk ayam cemani yang tersedia di hobiternak.com darahnya berwarna merah tua.

Ayam cemani pada umumnya memiliki darah yang berwarna merah tua bukan hitam | Darah Cemani
Ayam cemani pada umumnya memiliki darah yang berwarna merah tua bukan hitam | Darah Cemani

Untuk cemani yang berdarah hitam legam dan lidahnya juga hitam mempunyai harga yang cukup mahal. Bahkan tak jarang ada yang harganya menyentuh puluhan juta rupiah per ekor. Suatu harga yang cukup fantastis. Hanya sayangnya jika harga yang mahal hanya untuk menebus suatu ritual yang jelas-jelas bertentangan dengan nilai agama. Selain itu juga diyakini memiliki banyak sekali khasiat ayam cemani bagi kesehatan.

Lalu, apa saja khasiat daging Ayam Cemani bagi kesehatan tubuh manusia ? 

Jika dilihat dari penampilannya daging ayam cemani memang berwarna hitam. Tentu akan membuat orang menjadi engga untuk mengkonsumsinya. Padahal di balik itu semua daging ayam cemani ternyata memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia loh.

Ayam Cemani banyak dikembangkan oleh masayarakat untuk dijadikan sebagai hewan hias dan diambil dagingnya karena mengandung gizi yang tinggi | Ayam Cemani
Ayam Cemani banyak dikembangkan oleh masayarakat untuk dijadikan sebagai hewan hias dan diambil dagingnya karena mengandung gizi yang tinggi | Ayam Cemani

Mau tau apa saja manfaat yang didapatkan dengan mengkonsumsi daging ayam cemani ? Berikut untuk penjelasannya :

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh 

Kandungan vitamin B6 atau vitamin B kompleks ternyata mampu meningkatkan metabolisme tubuh loh. Jika metabolisme tubuh lancar maka kesehaan sendi akan tetap terjaga, kesehatan pembulu darah juga akan menjadi lancar dan tentunya akan memberikan pengaruh yang baik bagi tubuh yang lain. 

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Kandungan mineral yang terkandung di dalam daging ayam cemani memang sangat banyak. Sehingga dinjurkan bagi orang yang sedang sakit untuk mengkonsumsi daging ayam cemani. Hal ini berguna untuk menghindari berbagai penyakit yang disebabkan virus dan bakteri.

3. Menghilangkan Stress

Kandungan vitamin B5 yang terdapat di dalam ayam cemani juga mampu membuat syaraf yang tegang jadi tenang loh. Sehingga mengkonsumsi ayam cemni dapat membantu meredakan stres akibat terlalu banyak berpikir. 

Daging ayam cemanni bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan tentunya menyehatkan | Sup Daging Ayam Cemani
Daging ayam cemanni bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan tentunya menyehatkan | Sup Daging Ayam Cemani

4. Mengobati Kesleo 

Untuk mengobati anggota tubuh yang kesleo ternyata dengan ayam cemani juga bisa. Caranya adalah dengan mengkukus daging ayam cemani yang sudah diberisihkan hingga kandungan minyaknya keluar. Dengan minyak inilah yang berfungsi untuk mengobati kesleo.

5. Meningkatkan Stamina Tubuh 

Kandungan proteindan lemak di dalamnya ternyata juga dapat meningkatkan stamina tubuh. Citarasa yang gurih dan empuk akan terasa enak sama seperti daging ayam kampung pada umumnya. Serta dagingnya pun memiliki bau khas yang harum. 

Daging ayam cemani dapat meningkatkan stamina tubuh manusia. | Cemani
Daging ayam cemani dapat meningkatkan stamina tubuh manusia. | Cemani

Nah banyak kan manfaat yang di dapatkan dengan mengkonsumsi ayam cemani. Bagi yang belum pernak mencicipi daging ayam cemani bisa loh Anda coba. Sekaligus Anda bisa rasakan manfaatnya juga. 

Beternak ayam cemani bisa dikatakan cukup mudah. Makanan ayam cemani pun berupa kosentrat voer atau BR. Tidak harus beras ketan hitam, kluwak,atau cumi-cumi untuk menjaga mempertahankan warna hitam ayam cemani.

Ternak Ayam Cemani saat ini sudah banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. | Ternak Ayam Cemani
Ternak Ayam Cemani saat ini sudah banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. | Ternak Ayam Cemani

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha budidaya ayam cemani maupun memelihara ayam cemani sebagai hewan hias. Bisa Anda dapatkan bibitnya ditempat kami. Kami menyediakan ayam cemani mulai dari usia 1 bulan hingga dewasa. 

Untuk telur ayam cemani tetas pun kami juga menyediakan dengan harga terjangkau. Untuk daftar harga, informasi pemesanan, cara pengiriman dan cara pembayaran bisa langsung menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini ya :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait: Ternak ayam cemani, budidaya ayam ayam cemani, jenis pakan ayam cemani, kandang untuk ayam cemani, produktivias ayam cemani, cara ternak ayam cemani, beternak ayam cemani di lahan sempit

*Yuni Ambarwati*
*ok

 

 

 

 

 

 

 

Image Sources :

  • Cover Cemani: Admin 2 hobiternak.com
  • Darah Cemani: Pinterest
  • Ayam Cemani: Pinterest
  • Sup Daging Ayam Cemani: smithsonianmag.com
  • Cemani: smithsonianmag.com
  • Ternak Ayam Cemani: idntimes.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: