Apakah Daging Ayam Cemani Berwarna Hitam ?

Sejarah Ayam Cemani

Apakah Daging Ayam Cemani Berwarna Hitam ?

Bagi masyarakat awam, keberadaan ayam cemani belum begitu familiar dibandingkan ayam jenis lainnya. Hal tersebut dipengaruhi beberapa sebab diantaranya populasi ayam cemani yang cukup langka, harganya cukup mahal dan belum banyak yang mengenal ayam cemani sebagai ayam hias. Saat ini ayam cemani banyak digunakan masyarakat untuk tujuan tertentu. Ayam cemani dari warna bulunya jelas terlihat berwarna hitam. Nah, apakah daging ayam cemani juga berwarna hitam?

Ayam Cemani Dewasa
Ayam Cemani

Ternyata setelah membuktikan dengan memotong ayam cemani, daging ayam cemani juga berwarna hitam. Tulang ayam cemani juga berwarna hitam. Dengan daging yang berwarna hitam, banyak yang merasa tidak bisa mengkonsumsinya. Padahal rasa daging ayam cemani sangat lezat. Kelezatannya sama seperti kala kita mengkonsumsi daging ayam kampung.

Daging Ayam Cemani
Daging Ayam Cemani

 

Sejarah ayam cemani

Ayam cemani merupakan salah satu ayam asli Indonesia yang mempunyai keunikan dari warna bulunya yang serba hitam. Ternyata tidak hanya bulu, konon darah ayam cemani juga berwarna hitam. Warna hitam pada bagian bulu, daging, darah, jengger, lidah dan tulangnya. Dengan  warna yang hitam legam, ayam cemani memang berpenampilan lebih ekstrem dibandingkan ayam hias atau ayam jenis konsumsi yang pada umumnya mempunyai warna yang beragam. Yang berbeda adalah telur ayam cemani, bentuk dan warnanya hampir sama dengan ayam kampung pada umumnya.

Mitos ayam cemani

Salah satu mitos yang berkembang selama ini menyatakan bahwa ayam cemani dapat digunakan untuk ritual atau untuk keperluan yang berhubungan dengan dunia mistik. Misteri ayam cemani tersebut sudah berkembang sejak beberapa abad yang lalu dan cukup sulit untuk menghilangkan mitos tersebut. Dalam tuntunan agama kita juga dilarang keras untuk melakukan hal-hal yang berbau syirik.

Darah ayam cemani

Seperti yang diungkapkan diatas, bahwa seluruh bagian ayam cemani berwarna hitam. Hal itu juga berlaku untuk warna darah ayam cemani yang warnanya hitam. Cemani yang berdarah hitam legam dan lidahnya juga hitam mempunyai harga yang cukup mahal. Bahkan tak jarang ada yang harganya menyentuh puluhan juta rupiah per ekor. Suatu harga yang cukup fantastis. Hanya sayangnya jika harga yang mahal hanya untuk menebus suatu ritual yang jelas-jelas bertentangan dengan nilai agama. Selain itu juga diyakini memiliki banyak sekali khasiat ayam cemani bagi kesehatan.

Beternak ayam cemani bisa dikatakan cukup mudah. Makanan ayam cemani berupa kosentrat voer atau BR. Tidak harus beras ketan hitam, kluwak,atau cumi-cumi untuk menjaga mempertahankan warna hitam ayam cemani.

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis ayam hias termasuk diantaranya ayam cemani. Kami menyediakan dari telur, anakan, remaja hingga dewasa dan dapat mengirimkan ke wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
Ternak ayam cemani, budidaya ayam ayam cemani, jenis pakan ayam cemani, kandang untuk ayam cemani, produktivias ayam cemani, cara ternak ayam cemani, beternak ayam cemani di lahan sempit

*Yuni Ambarwati*

*ok

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Cemani
No HP
0856 4772 3888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: