Telur Ayam Kampung Super

Cara Pembesaran Ayam Kampung Super Pada Fase Starter

Cara Pembesaran Ayam Kampung Super Pada Fase Starter

Dalam memelihara Ayam Kampung Super, kita mengenal ada tiga fase pembesaran yaitu fase starter, grower (pertumbuhan) dan finisher ( tahap akhir). Peternak yang menginginkan panen pada umur 6 minggu maka hanya sampai pada fase grower. Sedangkan bila ingin hasil yang lebih optimal maka bisa meneruskan pemeliharaan hingga fase finisher. Fase starter adalah saat dimana kita memelihara Ayam Kampung Super yang berumur sehari hingga berumur 28 hari (4 minggu).

Pemeliharaan Ayam Kampung Super pada fase ini bisanya diletakkan didalam kandang brooder (kandang indukan). Pemeliharaan pada kandang indukan, DOCAyam Kampung Super masih membutuhkan pemanas buatan. Semakin besar umur ayam maka suhu yang ada di kandang semakin berkurang. Demikian juga dengan luas kandang. Semakin besar ayam maka luas kandang yang dibutuhkan juga mengalami peningkatan.

Telur Ayam Kampung Super

Telur Ayam Kampung Super

Pada umur 1 – 7 hari, suhu ideal kandang sekitar 31-34 derajat celcius. Dengan luas 1 meter maka anak ayam yang dapat dipelihara 100 ekor/ meter. Pada umur 8 – 14 hari, untuk suhu yang dibutuhkan sekitar 30 derajat celcius. Untuk memelihara 100 ekor maka dibutuhkan 1,2 meter persegi.

Ayam yang berumur 15 – 21 hari suhu yang dibutuhkan belum mengalami perubahan. Sedangkan luas kandang menjadi 1,4 meter agar dapat memelihara 100 ekor ayam.

Untuk ayam umur 22 – 28 hari, suhu yang dibutuhkan 30 derajat celcius dengan kepadatan 1,6 meter / 100 ekor ayam.

Anak ayam yang berumur hingga 14 hari masih menggunakan pakan komersial seperti voer atau BR 1 untuk ayam potong. Hal tersebut disebabkan masih rentannya ayam kampung super terhadap terjangkitnya penyakit. Makanan pada umur tersebut mempunyai komposisi protein kasar 2% dan energi metabolisme sebanyak 3000 kkal/ kg pakan.

Sedangkan pada umur 22- 28 hari makanan berupa protein kasar 20% dan energi metabolisme sebanyak 2900 kkal/ kg pakan.

Pengiriman DOC Ayam Kampung Super

Pengiriman DOC Ayam Kampung Super

Bagaimana pelaksanaan pemeliharaan Ayam Kampung Super masa starter?

Berikut Teknis pelaksanaan Ayam Kampung Super pada masa starter:

  1. Pemberian minum setiap saat dan dilakukan 3 kali sehari yaitu pagi, siang dan sore. Pemberian dilakukan dari umur 1 – 7 hari.
  2. Pakan diletakkan dalam piringan sehingga anak ayam mudah memakannya. Pemberian dilakukan secukupnya saja. Agar memudahkan ayam menelannya maka perlu diberikan air secukupnya yang dicampurkan pada pakan.
  3. Pada saat anak ayam berumur 15 hari, untuk pakan perlu ditambahkan berupa dedak dan tepung ampas masing-masing 5%.
  4. Pemberian vaksinasi ND-IB dilakukan sebelum berumur seminggu yang dilakukan melalui tetes mata dan vaksinasi Gumboro dilakukan sebelum berumur 2 minggu.
  5. Pada umur 5 minggu diberikan pengulangan vaksinasi NB-IB yang diberikan melalui air minum.
  6. Pemberian vaksin paling lambat 1 minggu sebelum panen.
  7. Pemberian suplemen setiap minggu dengan pemberian berselang-seling. Pada 3 hari pertama diberikan suplemen, kemudian istirahat 3 hari kemudian pemberian dilanjutkan selama 3 hari berturut-turut, istirahat 3 hari berturut-turut dan seterusnya.
DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Pada saat umur 6 minggu Ayam Kampung Super dapat dipanen dengan bobot sekitar 0,7-0,9 kg. Setelah berumur 6 minggu jika kita menginginkan panen pada masa grower maka kita dapat memperpanjang memeliharanya agar dapat mencapai berat 0,9-1,0 kg. Seperti kita ketahui bahwa masa grower merupakan puncak pertumbuhan ayam kampung. Namun peternak terkadang mengurangi jumlah populasi agar dapat menghemat pakan.

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

 

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

 

Kata terkait:

Jual DOC ayam kampung super, ternak ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super, ayam kampung super pedaging, harga pakan ternak tahun 2017, ayam kampung super, ayam jawa super, DOC ayam kampung super, DOC ayam jawa super, peternak ayam kampung super, pesan DOC ayam kampung super, pelihara DOC ayam kampung super, sedia DOC ayam kampung super, penyedia DOC ayam kampung super, tempat penyedia DOC ayam kampung super, kirim DOC ayam kampung super, DOC ayam kampung super pulau jawa, doc ayam kampung super wilayah Sumatera, DOC ayam kampung super wilayah Sulawesi, DOC ayam kampung super wilayah Kalimantan, DOC ayam kampung super wilayah Papua

 

 

 

 

Leave a Reply