Mengapa Harga Bebek Lebih Mahal Dari Ayam???

Bebek dan ayam adalah hewan ternak yang cukup populer di masyarakat. Kedua jenis hewan ternak tersebut dapat menjadi sumber protein hewani yang penting dalam makanan sehari-hari.

Namun, jika membandingkan dari kedua hewan tersebut apabila di ternakan maka harga antara daging bebek dan juga daging ayam lebih mahal yang daging bebek. Telurnya pun juga sama, harga telur bebek lebih mahal dibandingkan telur ayam.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga tersebut. Dalam artikel ini, kami akan mambahas secara mendalam mengapa bebek lebih mahal dari ayam.

Simak informasi yang berikut ini…

bebek vs ayam | image 1
bebek vs ayam | image 1

Alasan Mengapa Bebek Lebih Mahal Dibandingkan dengan Ayam

1. Kebutuhan pakan lebih banyak

Kebutuhan pakan bebek lebih tinggi daripada ayam, biasanya ayam hanya membutuhkan pakan 80 gram – 100 gram per hari dalam satu ekornya. Sedangkan bebek membutuhakn pakan perharinya sekitar 150 gram dalam satu ekornya.

Selain itu harga pakan bebek lebih mahal dibandingkan dengan ayam. Jadi otomatis peternak bebek harus mengeluarkan modal lebih tinggi. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa bebek lebih mahal.

2. Masa pertumbuhan lebih lama

Di lihat dari sisi masa panen bertelurnya, masa bertelur bebek lebih lama dibandingkan dengan ayam. Jadi otomatis jika masa panennya lama maka peternak harus mengeluarkan biaya seperti membeli pakan lebih banyak.

Jadi tak heran kalau harganya lebih mahal bebek karena untuk menutupi biaya produksi.

3. Permintaan lebih rendah

Dari segi permintaan, sudah pasti ayam lebih unggul dari bebek. Sejak dahulu daging ayam atau telur ayam lebih banyak diminati oleh masyarakat dibandingkan dengan daging bebek atau telur bebek.

Baca Juga!  Berapa Modal Awal Ternak Bebek Peking Pedaging 500 Ekor?

Dengan permintaan yang sedikit inilah yang menjadikan harga bebek lebih tinggi, karena untuk menutup biaya produksi juga.

4. Ketersediaan lebih sedikit

Populasi ayam dan bebek dimasyarakat lebih banyak yang memelihara ayam. Karena bebek permintaannya lebih sedikit maka ketersediannya pun juga sedikit.

Namun, meskipun populasi bebek lebih sedikit ketimbang ayam harganya ternyata lebih mahal bebek. Karena biasanya jika stocknya sedikit maka otomatis harganya akan lebih mahal ketimbang dengan stock yang melimpah.

Baca juga : Mengenal Bebek Peking: Ternak Unggulan dengan Potensi Bisnis Tinggi

Peternakan bebek | image 2
Peternakan bebek | image 2

Secara keseluruhan, faktor-faktor yang mempengaruh harga bebek dan ayam sangat beragam.

Namun dari pembahasan yang sudah kami sebutkan diatas dapat di simpulkan bahwa biaya produksi yang lebih tinggi, masa pertumbuhan yang lebih lama, permintaan yang rendah dan ketersediaan yang lebih sedikit menjadi beberapa faktor utama yang menyebabkan bebek lebih mahal dibandingkan dengan ayam.

Namun meskipun harga bebek lebih tinggi namun tidak dapat dipungkiri bahwa produk bebek memiliki pangsa pasarnya sendiri. Terbukti dari mulai banyaknya restoran atau warung makan yang menyediakan menu masakan dengan bahan dasar daging bebek atau telur bebek.

Semoga artikel ini dapat membantu memperluas pemahaman kita mengenai industri peternakan.

Peternakan ayam | image 3
Peternakan ayam | image 3
4 Alasan Kenapa Bebek Lebih Mahal Dibandingkan Ayam | image 4
4 Alasan Kenapa Bebek Lebih Mahal Dibandingkan Ayam | image 4

Dan apabila Anda sedang mencari bibit ayam ataupun bibit bebek silahkan bisa order ditempat kami. Pengiriman menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia. GARANSI PENGIRIMAN

Untuk pemesanan atau konsultasi silahkan bisa hubungi nomor dibawah ini : 

WHATSAPP/TELPON/SMS

0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
5/5 - (11 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA