Perbedaan Ayam Phoenix dan Ayam Onagadori – Bagi sebagian pecinta ayam hias mungkin sudah tahu tentang Ayam Phoenix dan Ayam Onagadori. Dalam perkembangannya untuk saat ini jenis ayam ekor panjang dapat dibedakan menjadi 2 yakni Ayam Phoenix dan Ayam Onagadori. Perbedaan dari kedua jenis Ayam Phoenix sendiri  yang berasal dari Jerman dengan memiliki ekor lurus  sedangkan untuk Ayam Onagadori merupakan jenis ayam yang berasal dari Jepang dengan ekornya yang ikal di bagian ujungnya. Kedua jenis ayam ini memiliki panjang ekornya yang mencapai beberapa meter.

Kedua jenis ayam tersebut dengan memiliki ekornya yang panjang, Perbedaan Ayam Phoenix  yang lainnya yakni cenderung lebih aktif jika dibandingkan dengan jenis Ayam Onagadori. Untuk Ayam Phoenix sendiri memiliki panjang ekornya maksimal 3 meter juga tergantung perawatan untuk mendapatkan kualitas ekornya sendiri yang berbeda dengan ayam onagadori dengan ekornya yang jauh lebih panjang jika dibandingkan dengan Ayam Phoenix.

Sejarah Ayam Phoenix yang dikembangbiakkan di Jerman pada tahun 1900-an yang merupakan jenis ayam keturunan dekat dari Ayam Onagadori dengan ekornya yang panjang. Namun untuk ekornya yang tidak sepanjang ekor ayam onagadori. Warna bulu Ayam Phoenix sendiri juga beraneka ragam mulai Ayam phoenix putih, hitam, kuning , kuning kecokelatan dan lain sebagainya. Bentuk fisiknya sendiri yang hampir sama dengan ayam kampung jantan pada umumnya.

Berikut merupakan ciri-ciri anak Ayam Phoenix :

  • Memiliki bulu ekor yang cukup panjang yang mampu mencapai 200-270 cm ( Maksimal 3 meter)
  • Termasuk jenis ayam yang aktif dan produktif
  • Bentuk tubuhnya yang mirip dengan ayam onagadori
  • Telurnya yang berwarna krem
  • Memiliki sifat jinak dan mudah berteman bagi pemiliknya
  • Kulitnya cenderung berwarna kuning
  • Dengan jenggernya yang bertipe tunggal dengan 5 gerigi merah

Untuk sejarah nama Ayam Onagadori sendiri yang berasal dari kata “O” yang berarti ekor dan “dori” yang berati unggas yang berarti ekor bulunya yang panjang. Populasi jenis Ayam Onagadori dan Ayam Phoenix sendiri yang masih jarang untuk kita temukan dipasaran Indonesia menjadikan jenis ayam ini memiliki harganya yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya, dengan begitu tidak menyurutkan bagi kalangan penghobi ayam hias untuk memburu jenis ayam ini.

Beternak kedua jenis ayam ini perlunya kita perhatikan dalam pemberian jenis pakan. Pola pemberian pakan kedua jenis ayam tersebut perlu disesuaikan dengan kebutuhan gizi setiap harinya dengan pola makannya yang berbeda-beda dalam setiap usianya. yakni pada anakan ayam yang dapat diberikan voer atau BR yang cukup kaya akan proteinnya dengan begitu dapat membantu pertumbuhan pada anakan ayam tersebut. Selanjutnya untuk ayam dewasa yang dapat diberikan pakan pabrik (511) yang dapat dicampurkan dengan jagung halus. Selain itu juga dapat diberikan jagung, ketan hitam, beras merah , berbagai jenis serangga seperti jangkrik , atau belalang. Serta diberikan minum yang sudah dimasak terlebih dahulu yang dapat menunjang kesehatan ayam serta keindahan tubuh ayam tersebut.

Kandang merupakan hal yang cukup penting dalam pemeliharaan Ayam Onagadori maupun Ayam Phoenix. Kandang ayam onagadori dan ayam phoenix merupakan tempat yang dijadikan sebagai suatu tempat untuk berteduh dari panas dan hujan serta tempat yang dijadikan untuk istirahat. kandang yang baik untuk ayam ini adalah kandang dengan sistem umbaran. Sistem kandang umbaran dengan tujuan memperbanyak keturunan ayam onagadori. Lalu dalam kandang tersebut dengan diberikan tempat untuk bertengger untuk satu ekor ayam saja guna menjaga keindahan pada bulu ayam tersebut agar tidak mudah rontok serta terbebas dari kotoran agar ayam dapat tampil cantik.

Dalam pemeliharaan kedua jenis ayam ini yang relatif mudah menjadikan banyaknya penghobi yang memburu ayam ini. Pemeliharaan ayam dengan ekornya yang panjang, terpenting dengan selalu menjaga kebersihan pada kandang serta areal lingkungan kandang. Mulai dari membersihkan tempat pakan dan minum dengan mencucinya secara rutin serta membersihkan kandang dari sisa pakan maupun kotoran ayam tersebut. hal ini berguna untuk menjaga kesehatan pada ayam serta menjaga kebersihan serta keindahan pada bulu ayam tersebut. Melalui perawatannya yang baik dan tepat serta berkelanjutan yang dapat memastikan bulunya yang tetap bersih dan indah agar kualitas bulu ayam dapat terjaga dengan baik.

Berikut merupakan gambar Ayam Phoenix dan Ayam Onagadori :

perbedaan ayam phoenix dan ayam onagadori

Onagadori

 

perbedaan ayam phoenix dan ayam onagadori

Onagadori

 

perbedaan ayam phoenix dan ayam onagadori

Ayam Phoenix Dewasa Sepasang

 

perbedaan ayam phoenix dan ayam onagadori

Ayam Phoenix Usia 5 Bulan

Berikut adalah daftar harga ayam berekor panjang :

Harga Ayam Phoenix Per Ekor :

 1 Bulan   @ Rp200.000
2 Bulan   @ Rp300.000
3 Bulan   @ Rp400.000
4 Bulan   @ Rp550.000
5 Bulan   @ Rp700.000
Dewasa   @ Rp1.350.000

Harga Ayam Onagadori Per Ekor :

 1 Bulan   @ Rp200,000
2 Bulan   @ Rp300,000
3 Bulan   @ Rp400,000
4 Bulan   @ Rp550,000
5 Bulan   @ Rp700,000
Dewasa   @ Rp1,350,000

Kami menyediakan Ayam Onagadori dari telur sampai indukan. Untuk telur ayam onagadori Anda bisa tetaskan dengan mesin penetas telur atau dengan di titipkan ke indukan ayam lain yang sedang mengeram. Jualayamhias.com selain menyediakan telur kami juga menjual anakan ayam onagadori dari umur 1 hingga 5 bulan dan setelah itu masuk di kategori ayam indukan. Untuk harga ayam onagadori silahkan klik di DAFTAR HARGA AYAM ONAGADORI.

Silahkan bagi Anda yang ingin memiliki ayam onagadori berkualitas, hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait :

harga ayam phoenix, ciri ciri anak ayam phoenix, gambar ayam phoenix, harga ayam onagadori, kandang ayam onagadori, jenis ayam ekor panjang, ayam phoenix putih,

Viky Ristiyarti


4 Comments

Mengenal Jenis Ayam Phoenix Berbulu Panjang dan Lurus · July 13, 2018 at 8:04 am

[…] ekor yang panjang. Selain ayam phoenix ada juga yang memiliki bulu ekor panjang yaitu onagadori. Perbedaan ayam phoenix dan ayam onagadori terletak pada bulu ekornya. Untuk ayam phoenix memiliki bulu ekor yang panjang dan lurus sedangkan […]

Galeri Foto Ayam Phoenix Terbaru ; Ayam Phoenix Ekor Panjang · July 13, 2018 at 7:26 am

[…] Banyak masyarakat yang susah untuk membedakan ayam phoenix dengan ayam onagadori. Nahh, apa perbedaan ayam phoenix dan ayam onagadori? Kalau ayam phoenix memiliki bulu yang panjang dan lurus sedangkan ayam onagadori memiliki bulu […]

Cara Merawat Ayam Onagadori yang Perlu Kita Perhatikan · July 13, 2018 at 6:58 am

[…] jenis lain yang hampir mirip dengan ayam onagadori. Berikut ciri-ciri beserta perbedaan Ayam Phoenix dan Ayam Onagadori […]

Kandang Ayam Onagadori yang Tepat Agar Ayam Merasa Nyaman · July 13, 2018 at 6:49 am

[…] bulunya yang panjang sendiri dapat dibedakan menjadi 2 yakni Ayam Phoenix dan Ayam Onagadori. Perbedaan ayam phoenix dan ayam onagadori tersebut terlihat pada ujung ekornya yang panjang. Bagi Ayam Phoenix dengan ujung ekornya panjang […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: