Galery Ayam Onagadori Ekor Panjang Dan Berbagai Keunikannya

Galery Ayam Onagadori Ekor Panjang Dan Berbagai Keunikannya

Ayam Onagadori Ekor Panjang – Onagadori merupakan ayam yang berasal dari negara Jepang. Jenis ayam hias onagadori ini memiliki keelokan pada ekornya yang unik dengan panjang hampir 10 meter di negara asalnya. Sementara di Indonesia sendiri ayam onagadori ekor panjang yang dipelihara dengan baik ekornya dapat mencapai sekitar 1,5 meter. Sesuai dengan namanya Onagadori sendiri berasal dari kata  “O” yang berarti ekor, “naga” yang berarti panjang dan “dori” yang artinya unggas. Dalam bahasa Jepang nama Onagadori diartikan sebagai jenis Unggas dengan ekornya yang panjang.

Ayam onagadori ekor panjang merupakan salah satu jenis ayam yang tergolong unik. Keunikan pada ayam ini terletak pada bulu ekornya yang panjang. Jenis ayam ini merupakan salah satu dari 17 jenis ayam dari Negara Jepang yang dikembangbiakkan di wilayah Indonesia. Sehingga cukup banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk memelihara jenis ayam onagadori ini baik untuk mendapatkan kesenangan dan kepuasan tersendiri yang biasa dilakukan oleh penghobi jenis ayam hias. Tak jarang kesenganan dalam berhobi ayam hias ini dapat menjadi peluang bisnis serta dapat mendatangkan keuntungan tersendiri.

Berikut merupakan gambar ayam onagadori :

Untuk wilayah Indonesia sendiri jenis ayam yang memiliki ekor panjang dapat dibedakan menjadi 2 yakni ayam onagadori dan ayam phoenix. Ayam onagadori sendiri dengan memiliki bulu ekornya yang lurus dan panjang, berbeda dengan ayam phoenix dengan bulu ekornya yang panjang namun cenderung lebih ikal. Untuk jenis ayam phoenix merupakan jenis ayam yang berasal dari Jerman dan untuk ayam onagadori sendiri merupakan jenis ayam yang berasal dari Jepang. Kedua jenis ini memiliki panjang ekor hingga beberapa meter.

Berikut merupakan ciri-ciri ayam onagadori beserta beberapa keunikannya :

  • Ciri khas yang dimiliki ayam onagadori ialah ekornya yang panjang yang cenderung ikal
  • Untuk ayam onagadori jantan memiliki jengger yang berwarna merah dengan tipe single
  • Dan untuk ayam onagadori betina sendiri mampu memproduksi telur yang banyak dan umumnya telur ayam onagadori berwarna coklat muda atau krem
  • Biasanya memiliki bulu yang berwarna putih dengan kombinasi antara hitam,merah,keemasanserta putih.

Berikut merupakan ciri-ciri ayam phoenix beserta beberapa keunikannya  :

  • Ciri khas yang dimiliki ayam phoenix ialah memiliki ekor yang panjang dan lurus
  • Setiap 1-2  tahun sekali pada bulu ekor ayam akan mengalami perubahan
  • Pada ayam phoenix petina yang memiliki produktifitas telur yang tinggi serta bentuk tubuh ayam phoenix baik jantan maupun betina yang hampir mirip dengan ayam onagadori
  • Pada dasarnya jenis ayam phoenix mampu berteman dengan pemiliknya karena sifatnya ayam phoenix yang jinak
  • Berat ayam phoenix jantan dewasa 2-2.5 kg per ekornya, serta untuk ayam phoenix betinanya yang memiliki berat 1,5-1,8 kg per ekornya.

Dalam pemeliharaan jenis ayam onagadori cukup lah mudah. Pemberian pakannya sendiri dapat dengan mudah kita temukan diberbagai lingkungan kita. Makanannya sendiri dapat diberikan nais, dedak, bekatul, sisa sayuran dan makanan apa saja. Secara intensif faktor utama yang harus diperhatikan dalam beternak ayam mutiara adalah pada pemberian pakannya dengan disesuaikan dengan kebutuhan gizi setiap harinya. Seperti halnya beternak jenis ayam lainnya, pola pemberian pakan ayam onagadori berbeda-beda dalam setiap usianya. Pola pemberian pakan pada anakan ayam dengan lebih banyak kandungan proteinnya seperti voer,BR serta pakan pabrikan (511) sehingga dapat membantu pertumbuhan pada anakan ayam tersebut. Selanjutnya pada usia perkembangan yang dapat diberikan pakan berupa jagung halus, beras merah, ketan hitam, dedak, bekatul yang dapat dicampurkan dengan berbagai jenis irisan sayuran yang memicu pada telur serta keindahan pada tubuh ayam dan bulu ayam tersebut.

Dalam pemeliharaan jenis ayam sendiri memang berbeda jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya . Yakni pada jenis ayam onagadori memerlukan tempat kandang khusus. Biasanya kandang ayam onagadori sempit menyerupai lemari supaya ayam tidak dapat bergerak banyak agar tidak merusak ekornya sendiri dan tetap terjaga kecantikan ekor ayam tersebut. Pentingnya pemeliharaan kebersihan pada kandang merupakan faktor keberhasilan dalam sebuah usaha juga yang dapat mempengaruhi pada kesehatan pada ayam sendiri. Pemeliharaan kebersihan kandang sendiri dapat kita lakukan setiap hari dengan membersihkan kandang dari sisa pakan maupun kotoran ayam. Disamping itu pentingnya juga dalam menjaga kebersihan serta kualitas pada pakan serta pada kandang ayam tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan dalam merawat jenis ayam onagadori ekor panjang adalah ketelatenan dan kesabaran yang harus rajin diberikan makanan yang kaya akan nutrisi. Dengan pemberian pakann yang kaya akan nutrisi yang bertujuan agar ayam tiadak mudah stres juga pertumbuhannya agar tidak terhambat. Selain faktor nutrisi yang perlu diperhatikan juga dalam faktor kandang yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ayam onagadori. Pada dasrnya ekornya yang panjang dan terawat dengan memiliki warna yang bagus akan menambah serta menentukan nilai untuk ayam onagadori sendiri.umumnya para peternak ayam onagadori berupaya untuk menjaga ayam onagadori dengan baik serta mampu mengkondisikan kandang serta pakan yang baik dan bersih.

Berikut Merupakan Daftar Harga Ayam Ekor Panjang:

harga ayam ekor panjang onagadori:

 1 Bulan   @ Rp200.000
2 Bulan   @ Rp300.000
3 Bulan   @ Rp400.000
4 Bulan   @ Rp550.000
5 Bulan   @ Rp700.000
Dewasa   @ Rp1.350.000

daftar harga ayam phoenix:

 1 Bulan   @ Rp200.000
2 Bulan   @ Rp300.000
3 Bulan   @ Rp400.000
4 Bulan   @ Rp550.000
5 Bulan   @ Rp700.000
Dewasa   @ Rp1.350.000

Kami menyediakan ayam onagadori ekor panjang dari telur sampai indukan. Untuk telur ayam onagadori Anda bisa tetaskan dengan mesin penetas telur atau dengan di titipkan ke indukan ayam lain yang sedang mengeram. Jualayamhias.com selain menyediakan telur kami juga menjual anakan ayam onagadori dari umur 1 hingga 5 bulan dan setelah itu masuk di kategori ayam indukan. Untuk harga ayam onagadori silahkan klik di DAFTAR HARGA AYAM ONAGADORI. Kami menyediakan ayam hias dari telur, anakan atau bibit sampai indukan ayam hias. Kami juga menjual mesin penetas telur otomatis. Silahkan bagi Anda yang ingin memiliki ayam onagadori berkualitas, hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait

harga ayam ekor panjang, kandang ayam onagadori, harga ayam ekor panjang onagadori, gambar ayam onagadori, ayam phoenix, ayam onagadori betina,

Viky Ristiyarti

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Onagadori
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: