Cara merawat ayam onagadori

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Tentang Cara Merawat Ayam Onagadori

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Tentang cara merawat ayam onagadori – Apakah Anda tahu cara merawat ayam onagadori atau jenis ayam ekor panjang? Sebelum mengetahui cara-cara merawat ayam onagadori. Mari simak penjelasan tentang ayam onagadori. Ayam onagadori adalah jenis unggas yang memiliki bulu ekor yang panjang. Asal mula dari kata onagadori adalah “O” berarti ekor, “naga” berarti panjang dan “dori” artinya unggas. Jadi kalau digabung ayam onagadori adalah ayam yang memiliki ekor yang panjang.

"Jual

Menurut perkiraan Ayam Onagadori pertama kali ditemukan pada abad ke-16 di daerah Yamanounchi Jepang. Dahulu Ayam Onagadori diternakkan atau dibudidayakan para peternak Shokoku. Ada yang mengatakan bahwa dahulu pangeran juga memakai pakaian yang dihiasi dengan bulu ekor Ayam Onagadori ini. Tetapi para peternak Jepang mengaku bahwa mereka mengalami kesulitan dalam melestarikan ayam jenis ini.

Untuk Luar Negeri, bulu ekor ayam onagadori bisa mencapai 20 meter. Alasannya karena di luar negeri sudah ada perkembangan penangkaran. Tetapi untuk di Indonesia bulu ekor ayam onagadori hanya sampai 1,5 meter saja. Meskipun memilki bulu ekor yang berbeda, semua ayam onagadori tetap unik dan indah. Bulunya juga bervariasi.

Ada jenis lain yang hampir mirip dengan ayam onagadori. Berikut ciri-ciri beserta perbedaan Ayam Phoenix dan Ayam Onagadori :

Ciri-ciri Ayam Phoenix

  1. Memiliki bulu panjang tetapi ikal.
  2. Ayam phoenix memiliki berat badan 2,5 kg untuk yang jantan.
  3. Untuk yang betina memiliki berat badan 1,8 kg.
  4. Memiliki kulit berwarna kuning serta jengger berwarna merah.

Ciri-ciri ayam onagadori

  1. Ayam Onagadori memiliki berat badan sekitar 1,8 kg – 2 kg untuk yang berjenis kelamin jantan.
  2. Sedangkan ayam onagadori betina memiliki berat badan sekitar sekitar 1 kg – 1,3 kg.
  3. Ayam Onagadori memiliki bulu berwarna merah, putih, hitam, kuning.
  4. Ayam Onagadori bisa memiliki bulu ekor mencapai 20 meter.
  5. Memiliki telur berwarna cokelat muda.

    perbedaan ayam phoenix dan ayam onagadori
    Ayam Onagadori
jual ayam phoenix
Ayam Phoenix

Berikut adalah daftar harga ayam yang mempunyai ekor panjang :

Harga Ayam Phoenix Per Ekor :

 1 Bulan   @ Rp200.000
2 Bulan   @ Rp300.000
3 Bulan   @ Rp400.000
4 Bulan   @ Rp550.000
5 Bulan   @ Rp700.000
Dewasa   @ Rp1.350.000

Harga Ayam Onagadori Per Ekor :

 1 Bulan   @ Rp200,000
2 Bulan   @ Rp300,000
3 Bulan   @ Rp400,000
4 Bulan   @ Rp550,000
5 Bulan   @ Rp700,000
Dewasa   @ Rp1,350,000

Harga ayam berekor panjang baik Phoenix atau Onagadori sama. Banyak yang mengatakan bahwa harga ayam-ayam tersebut mahal, tetapi tak sedikit juga yang mengatakan bahwa harga ayam berekor panjang murah. Mengapa begitu? Mungkin mereka terpesona dengan bulu ekornya yang panjang dan indah. Jadi mereka tidak peduli dengan harga tersebut.

Cara Merawat Ayam Onagadori membutuhkan ketelatenan dan keuletan yang cukup. Anda harus selalu memperhatikan bulu ekor ayam tersebut. Karena bulu ekor Ayam Onagadori lah yang membuat ayam tersebut menjadi menarik dan indah. Selain itu cara Anda merawat ayam onagadori akan mempengaruhi pertumbuhan dan kestabilan pada ekornya.

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan tentang cara merawat ayam onagadori :

  1. Makanan Ayam Onagadori

Ayam Onagadori membutuhkan asupan makanan yang sehat dan cukup. Makanan apa yang harus diberikan untuk jenis ayam ini? Anda bisa berikan voer, dedak atau jagung. Makanan tersebut bisa membuat bulu ayam menjadi lebih baik. Untuk pemberian pakan tersebut bisa dilakukan 2 kali sehari. Yaitu pagi hari dan sore hari. Pemberian pakan harus bervariasi karena untuk menghindari rasa bosannya ayam tersebut.

cara merawat ayam onagadori
jagung

 

  1. Kandang Ayam Onagadori

Jenis Ayam Onagadori membutuhkan tempat berteduh maupun beristirahat. Jadi harus dibuatkan kandang yang cocok untuk jenis ayam ini. Kandang ayam onagadori berbeda dengan jenis ayam lain. Bentuk kandangnya harus mempunyai tingkatan yang tinggi serta dilengkapi dengan tempat bertengger. Kenapa harus dilengkapi tempat bertengger? Alasannya karena ayam onagadori suka atau senang memajang bulu ekornya yang panjang. Jadi kandang harus dilengkapi dengan tempat bertengger.

Ayam Onagadori Dewasa Jantan1
kandang
  1. Kebersihan kandang Ayam Onagadori

Kandang untuk Ayam Onagadori harus selalu dibersihkan karena sebenarnya jenis ayam ini mudah terserang penyakit. Dalam membersihkan kandang bisa dilakukan sesering mungkin atau kalau tidak ada waktu yang cukup bisa 2 hari sekali. Tetapi jangan sampai lebih dari itu karena saat ayam tersebut makan pasti akan berceceran ke bawah dan kotorannya pun juga akan mengotori kandang. Jadi harus selalu dibersihkan.

Ayam Onagadori Usia Dewasa
Kandang bersih

Jika Anda tertarik untuk membeli jenis ayam berekor panjang ini, kami menyediakan dari usia 1 bulan sampai dewasa. Kami juga menyediakan jenis ayam hias lain seperti ayam phoenix, poland, kate, cemani dan masih banyak lagi. Kami siap mengirimkan keseluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menghubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
perbedaan ayam phoenix dan ayam onagadori, kandang ayam onagadori, harga ayam onagadori, ciri ciri ayam onagadori, ayam onagadori betina, harga ayam phoenix,

Meilani Sawitri

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Onagadori
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: