jenis ayam phoenix

Mengenal Jenis Ayam Phoenix Berbulu Panjang dan Lurus

Mengenal Jenis Ayam Phoenix Berbulu Panjang dan Lurus – Apakah Anda tahu jenis ayam phoenix? Ayam phoenix adalah salah satu jenis ayam hias yang mempunyai bulu ekor yang panjang. Selain ayam phoenix ada juga yang memiliki bulu ekor panjang yaitu onagadori. Perbedaan ayam phoenix dan ayam onagadori terletak pada bulu ekornya. Untuk ayam phoenix memiliki bulu ekor yang panjang dan lurus sedangkan  onagadori memilki bulu ekor yang panjang tetapi ikal.

jenis ayam phoenix
Ayam Phoenix

Ciri-ciri jenis ayam phoenix :

  • Mempunyai bulu ekor yang panjang dan lurus
  • Mempunyai jengger yang berwarna merah dan memiliki kaki berwarna abu-abu
  • Kulit ayam phoenix berwarna kuning
  • Mempunyai bulu ekor yang panjang sekitar 2-3 meter
  • Berat badan untuk ayam phoenix jantan 2,5 kg dan ayam phoenix betina 1,8 kg

Jenis ayam phoenix berasal dari Jerman. Ayam ini adalah hasil persilangan antara ayam onagadori dengan jenis ayam lain. Jadi, tidak heran bila ayam phoenix memiliki bulu ekor yang panjang. Di Indonesia ayam phoenix masih jarang yang memiliki dan membudidayakan.  Karena harganya yang lumayan mahal dan masih  banyak yang belum mengetahui. Sedangkan di luar negeri ayam phoenix sudah sangat populer sejak dulu. Pada zaman dahulu orang-orang mengira bahwa ayam phoenix berasal dari Jepang padahal menurut data yang telah ditemukan perkembangan ayam phoenix pertama kali ada di Jerman.

Populasi ayam phoenix di Indonesia masih cukup jarang maka dari itu para peternak masih kesulitan dalam memenuhi permintaan konsumen. Selain bulu ekornya yang unik, ayam phoenix memiliki produktivitas telur yang lumayan baik. Jenis ekor panjang ini dapat memproduksi telur sebanyak 12-15 butir.

Setiap 1-2 tahun ayam phoenix mengalami peristiwa mabung atau perontokan bulu. Ayam phoenix memiliki beberapa varian yaitu standar dan ayam bantam phoenix. Kedua varian tersebut sama-sama memiliki bulu ekor yang panjang bedanya hanya pada ukuran badan. Jenis-jenis ayam tersebut membutuhkan perawatan yang lumayan extra. Karena ekornya yang panjang dan unik harus selalu dirawat dan dibersihkan.

Agar ayam phoenix selalu dalam keadaan sehat, perhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Pakan Ayam Phoenix

Ayam phoenix harus mendapatkan asupan makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Anda bisa berikan pakan pabrik dengan kode 511 ditambah dengan jagung halus. Selain itu Anda bisa berikan jenis  biji-bijian seperti jagung, beras merah, ketan hitam. Pakan-pakan tersebut dapat membuat pertumbuhan ayam phoenix cepat. Pemberian pakan dapat dilakukan 2 kali sehari. Serta di dalam kandang disediakan air untuk ayam phoneix.

jenis ayam phoenix
Beras Merah
  • Kebersihan Ayam Phoenix

Phoenix memiliki keindahan dan keunikan yang terletak pada bulu ekornya. Jadi apabila bulu ekor ayam phoenix rusak maka keindahannya juga akan berkurang. Cara agar jenis ayam ini tetap indah dan unik yaitu bulu ayam selalu dibersihkan atau dirawat dengan baik. Cara membersihkannya yaitu dengan dilap secara hati-hati dengan kain yang halus supaya bulu ayam tidak rontok. Dalam membersihkan bulu ayam jenis phoenix dapat dilakukan 2 hari sekali atau apabila Anda menginginkan ayam phoenix tetap bersih bisa dilakukan setiap hari.

  • Kandang Ayam Phoenix

Ayam phoenix memerlukan kandang yang pas untuk ekornya yang panjang. Untuk kandang phoenix biasanya berukuran lebih besar dibanding dengan jenis ayam lain dan biasanya tidak disekat. Mengapa begitu? Karena ayam phoenix ingin bisa bergerak secara leluasa. Selain itu kandang ayam phoenix harus ditambah dengan tempat bertengger untuk memajang ekornya yang panjang dan indah.

jenis ayam phoenix
Kandang Ayam Phoenix
  • Kebersihan Kandang Ayam Phoenix

Jenis ayam ekor panjang mudah terserang penyakit, jadi kandang harus selalu dibersihkan. Anda bisa membersihkan kandang setiap hari atau 2 hari sekali. Meskipun begitu Anda bisa mengatasinya dengan selalu membersihkan kandang serta ayam tersebut. Karena apabila Anda sering membersihkannya maka penyakit tidak akan berani untuk mendekat.

Baca juga :

Berikut adalah daftar harga ayam berekor panjang :

Harga Ayam  Phoenix Per Ekor :

1 Bulan   @ Rp200.000
2 Bulan   @ Rp300.000
3 Bulan   @ Rp400.000
4 Bulan   @ Rp550.000
5 Bulan   @ Rp700.000
Dewasa   @ Rp1.350.000

Harga Ayam Ekor Panjang Onagadori Per Ekor :

1 Bulan   @ Rp200,000
2 Bulan   @ Rp300,000
3 Bulan   @ Rp400,000
4 Bulan   @ Rp550,000
5 Bulan   @ Rp700,000
Dewasa   @ Rp1,350,000

 

Contoh gambar ayam phoenix di hobiternak.com

jenis ayam phoenix
Ayam Phoenix Usia 1 Bulan

 

jenis ayam phoenix
Ayam Phoenix Usia 2 Bulan

 

jenis ayam phoenix
Jenis Ayam Phoenix Usia 3 Bulan

 

jenis ayam phoenix
Ayam Phoenix Usia 4 Bulan

 

jenis ayam phoenix
Ayam Phoenix Dewasa Sepasang

 

jenis ayam phoenix
Jenis Ayam Phoenix Dewasa Jantan

 

Apabila Anda tertarik untuk membeli jenis ayam ekor panjang seperti phoenix dan onagadori kami menyediakan. Kami juga menjual berbagai jenis ayam hias sampai telur ayamnya juga. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

 

Kata terkait:
harga ayam phoenix, perbedaan ayam phoenix dan ayam onagadori, harga anak ayam phoenix, gambar ayam phoenix, jenis ayam ekor panjang, ayam bantam phoenix, ayam phoenix betina,

_Meilani Sawitri_

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 3 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Phoenix
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

One thought on “Mengenal Jenis Ayam Phoenix Berbulu Panjang dan Lurus”

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: