DOC Ayam Kampung Super

7 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Budidaya DOC Ayam Kampung Super Pedaging Bagi Peternak Pemula

7 Hal yang Perlu diperhatikan dalam Budidaya DOC Ayam Kampung Super Pedaging Bagi Peternak Pemula

Saat ini Ayam Kampung Super menjadi primadona baru bagi peternak. Tingginya permintaan daging Ayam Kampung Super dan masih sedikitnya peternak yang memelihara Ayam Kampung Super menjadi daya tarik peternak pemula untuk memelihara Ayam Kampung Super ini. Bahkan ada yang harus memulai dari nol namun tetap memutuskan untuk budidaya ayam kampung super. Sebelum memutuskan memelihara ayam kampung super, peternak perlu mengetahui tujuan pemeliharaan untuk mendapatkan ayam pedaging atau ayam petelur. Karena berbeda tujuan maka pemeliharaan akan mengalami perbedaan juga.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Ada beberapa hal yang penting untuk diketahui seputar pemeliharaan Ayam Kampung Super seperti luas kandang, lokasi kandang, jenis pakan yang mempunyai gizi seimbang, multivitamin guna menunjang stamina, jenis vaksin, obat-obatan dan pemasaran. Di samping itu perlu diketahui cara menyiapkan kandang sebelum kandang digunakan, cara memperlakukan DOC yang baru datang ke kandang, perlakukan ayam yang sakit dan waktu panen yang tepat untuk ayam kampung super.

  1. Bentuk dan luas kandang
Kandang Ayam Kampung Super

Kandang Ayam Kampung Super

Bagi peternak pemula, kemungkinan masih cukup bingung dengan bentuk dan luas kandang yang perlu dipersiapkan guna memelihara ayam pedaging. Untuk memudahkan peternak pemula, bentuk kandang bisa berbentuk postal/ litter. Pada umumnya kandang ini dapat digunakan untuk ayam yang telah berumur 2 minggu lebih. Sedangkan bagi DOC menggunakan boks yang berpenghangat. Kandang DOC diusahakan tertutup agar tidak mudah terkena angin kencang. Kapasitas kandang 1 meter persegi dapat dipelihara untuk 60 DOC Ayam Kampung Super. Sedang untuk ayam yang lebih besar menggunakan kandang dengan lantai litter (sekam padi). Kita tidak perlu memindahkan ayam ke kandang, kita cukup menggesar sekat kandang agar ayam tidak berdesak-desakan.

    2. Cara memperlakukan DOC yang baru datang ke kandang

Air Gula untuk DOC

Air Gula untuk DOC

DOC (day of chicken) yang baru datang perlu mendapatkan beberapa perlakuan seperti penimbangan untuk mengetahui berat rata-rata juga perlu dihitung agar mendapatkan angka yang pasti jumlah ayam yang dikirimkan. Hal itu untuk mencegah kecurangan atau kesalahan dalam menghitung DOC dari pemasok DOC Ayam Kampung Super.

DOC perlu diistirahatkan sekitar 30 menit baru diberikan larutan air gula merah dengan komposisi 1 sendok makan gula merah dicampur 200 ml air bersih. Setelah semua DOC makan, barulah diberikan pakan voer atau BR yang dicampur sedikit air.

    3. Pemberian vaksin dan multivitamin

Vaksin Ayam Kampung Super

Vaksin Ayam Kampung Super

Multivitamin yang berguna untuk meningkatkan stamina ayam contohnya vitachic. Pemberian untuk ayam pada saat baru sampai di kandang sehingga seminggu sebelum dipanen. Pemberian dilakukan berselang-seling dengan pemberian vaksin. Sedangkan jenis vaksin yang perlu diberikan seperti ND-IB untuk mencegah penyakit tetelo. Jenis vaksin ini diberikan pada saat ayam berumur 5 hari. Selain itu perlu diberikan vaksin gumboro untuk mencegah penyakit gumboro.

    4. Jenis pakan komersial dan pakan tambahan untuk ayam

Daun Pepaya Sebagai Pakan Tambahan untuk Ayam Jawa Super

Daun Pepaya Sebagai Pakan Tambahan untuk Ayam Jawa Super

Pakan termasuk salah satu kunci kesuksesan bagi peternak. Pada umumnya pakan yang diberikan berupa voer atau BR. Merk cukup banyak, salah satu yang berkualitas cukup baik yaitu Comfeed. Agar bisa menghemat pakan ternak, kita bisa memberikan pakan tambahan yang kualitas cukup bagus. Sebagai tambahan dalam arti kata bukan sebagai bahan pangan utama. Contohnya adalah jagung giling, beras merah giling, bekatul, dedak, tepung ikan, minyak ikan, tepung daging, tepung tulang dan pakan hijauan.

    5. Pengobatan bagi ayam yang sakit

Ada beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang Ayam Kampung Super seperti tetelo/ sampar), gumboro, berak hijau/ berak putih, infeksi pernapasan dan beberapa penyakit lain. Penyakit tersebut sebenarnya bisa kita cegah dengan budaya membersihkan kandang secara teratur, cukup mendapat sinar matahari, memberikan pakan yang bernutrisi, sanitasi kandang yang baik dan ventilasi kandang yang baik.

    6. Karantina ayam yang sedang sakit

Ayam yang sedang sakit perlu kita keluarkan dari kandang dan kita masukkan dalam kandang karantina. Bekas kandang ayam yang sakit perlu dibersihkan dan tempat pakan dan minum dicuci bersih dan dicucihamakan sebelum digunakan kembali. Hal ini untuk menghindari tertularnya ayam yang sakit.

   7. Waktu panen yang tepatAyam kampung super siap panen

Ayam Kampung Super dapat mulai dipanen pada umur 6 minggu. Ayam yang diprioritaskan untuk dipanen yaitu ayam jantan yang pertumbuhan badannya lebih cepat dibandingkan ayam betina. Pada umur 6 minggu pejantan ayam kampung super mempunyai bobot 0,7 – 0,9 kg. Waktu panen dipengaruhi permintaan dimana permintaan melonjak dan harga yang ditawarkan cukup tinggi maka ayam yang ada dapat dipanen semua. Sedangkan bila memungkinkan maka panen dapat dilakukan pada umur 12 minggu. Saat ini ayam mempunyai bobot sekitar 0,9 – 1,1 kg.

Setelah mengetahui seluk beluk tentang pemeliharaan Ayam Kampung Super maka peternak dapat memulai usaha membesarkan ayam kampung super. Sebagai pemula jumlah ayam yang dipelihara tergantung dari kemampuan peternak namun untuk tahap awal sekitar 200 – 500 ekor saja. Walaupun secara ekonomis kurang efisien karena memelihara 200 ekor kurang lebih sama saat kita memelihara 500 ekor, hal tersebut berdasarkan efisien tenaga kerja.

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:

Jual ayam kampung super pedaging, budidaya ayam kampung super dengan metode intensif, pakan tambahan untuk ayam kampung super, kandang untuk ayam kampung super, jenis kandang yang sesuai untuk DOC ayam kampung super, kisah peternak sukses dari nol, ternak hewan yang paling menguntungkan, ternak unggas yang menjanjikan, cara beternak ayam organik, cara beternak ayam potong, harga telur kampung di pasaran

*Yuni Ambarwati*

Leave a Reply