ciri-ciri ayam sakit

Mengenal 2 Jenis Penyakit Jamur Yang Menyerang Ayam Kampung Super

Mengenal 2 Jenis Penyakit Jamur Yang Menyerang Ayam Kampung Super

Penyakit yang disebabkan oleh jamur diantaranya sariawan/ candidiasis, Aspergillosis yang menyerang pernapasan ayam dan ada beberapa jenis penyakit lainnya. Pada kesempatan ini kita akan membahas penyakit sariawan dan penyakit aspergillosis. Penyakit sariawan bukanlah termasuk penyakit yang sederhana karena bila tidak cepat diberi pengobatan maka dampaknya akan besar. Demikian juga dengan aspergillosis yang menyerang pada bagian pernapasan ayam. Untuk dapat mengenali penyakit ini kita bisa melihat dari gejala yang menyertai.

ciri-ciri ayam sakit

ciri-ciri ayam sakit

  1. Penyakit sariawan

Penyakit sariawan menyerang pada bagian pencernaan ayam. Penyakit ini dapat menyerang segala jenis ayam termasuk ayam kampung super. Ayam yang terkena penyakit ini mempunyai gejala seperti nafsu makan berkurang, ayam menjadi letih dan lesu, ada luka pada bagian pinggir mulut, temboloknya mengalami peradangan dan berbau asam. Selain itu gejala yang nampak adalah kotorannya menjadi encer dan pertumbuhan badannya terganggu. Hal tersebut karena ayam menjadi kurang nyaman saat makan/ sakit pada pinggir mulutnya.

sariawan pada ayam

sariawan pada ayam

Penyakit sariawan ini dapat menular melalui media makanan dan minuman yang kurang terjaga kebersihannya bahkan terindikasi tercemar. Ayam juga mengalami masalah pada temboloknya dimana ayam tidak dapat mencerna makanan yang berserabut yang menyebabkan temboloknya tersumbat.

Upaya pencegahan terhadap penyakit sariawan ini dengan cara makanan yang dikonsumsi ayam diberi zat anti jamur yang pemberiannya secara teratur. Selain itu pakan ayam perlu disimpan dengan baik agar tetap dalam kondisi kering. Tempat pakan dan minum secara teratur perlu dibersihkan agar jamur tidak bisa tumbuh pada tempat pakan atau minum yang masih ada sisanya. Bila peternak menggunakan kandang postal dengan lantai litter maka usahakan litter dalam kondisi kering dan bersih. Jika kondisi lembab maka jamur akan mudah tumbuh. Pencegahan selanjutnya dengan melakukan sanitasi air minum.

2. Penyakit Aspergillosis

Penyakit Aspergillosis pada Ayam

Penyakit Aspergillosis pada Ayam

Penyakit ini menyerang pada bagian pernapasan. Penyakit ini disebabkan oleh aspergillus fumigatus.

Gejalanya seperti Ayam nampak sesak napas suaranya lebih keras dari biasanya. Selain itu ayam nampak mengantuk, lesu bahkan ada yang adanya mempunyai gejala ascites (penimpunan cairan di dalam rongga tubuh). Penyakit ini bisa mengakibatkan mortalitas cukup tinggi sekitar 10-50 % sehingga perlu untuk dicarikan solusinya.

Penyakit ini dapat menular melalui media udara dan spora jamur yang melekat pada litter kandang. Untuk itu litter perlu diganti secara rutin untuk mengurangi resiko jamur dapat tumbuh pada litter kandang. Selain itu penyakit ini bisa menular melalui telur yang kotor dan diletakkan di dalam mesin penetas. Sehingga jika ada anak ayam yang menetas, maka spora jamur dapat hinggap pada anak ayam. Vaksinasi yang telah tercemar juga bisa menyebabkan ayam terkena penyakit aspergillosis.

Pencegahan terhadap penyakit ini dengan melakukan fumigasi saat anak ayam akan masuk ke kandang dan litter yang digunakan dalam kondisi basah. Sehingga sebaiknya kita menggunakan litter yang kering dan sebelumnya telah difumigasi. Upaya pencegahan lainnya dengan melakukan pembersihan bekas ransum yang dipakai ayam. Bekas ransum yang telah tercemar dapat menjadi media penularan penyakit aspergillosis.

Penyakit ini dapat diobati dengan obat seperti hamisin (20 mg/ cc dalam air minum), nistatin dan kristal violet. Yang perlu diingat bahwa pada saat kita melakukan pengobatan terhadap penyakit ini tidak disertai pemberian antibiotik karena akan menghilangkan faktor kompetisi pertumbuhan bakteri.

Kata terkait:

Harga jual ayam kampung super pedaging , ternak ayam kampung super, budidaya ayam kampung super pada kandang dengan modal yang terbatas, modal yang dibutuhkan untuk ternak ayam kampung super, harga bibit atau DOC ayam kampung super, harga bibit atau DOD untuk wilayah Sulawesi, nama penyakit yang disebabkan oleh jamur, cara mengobati penyakit jamur, kumpulan jenis penyakit kulit dan obatnya, penyakit yang disebabkan oleh protozoa

**Yuni Ambarwati**

Leave a Reply