5 Jenis Pemanas Buatan Pada Kandang Ayam Kampung Super

5  Jenis Pemanas Buatan Pada Kandang Ayam Kampung Super

Pemanas buatan berfungsi sebagai pemberi kehangatan pada DOC Ayam Kampung Super. Sebagai ayam yang dihasilkan dari hasil penetasan mesin tetas telur, maka DOC Ayam Kampung Super tidak diasuh induknya maka diperlukan pemanas buatan (brooder) agar anakan Ayam Kampung Super tetap hangat meskipun bulunya masih halus dan tipis. Jadi fungsi pemanas buatan sebenarnya adalah mengganti peran dari indukan ayam yang biasanya memberi kehangatan anak ayam dengan memeluknya dan meletakkan pada bawah sayapnya agar anak ayam tetap dalam kondisi hangat.

pemanas kandang
pemanas kandang

Ada berapa jenis pemanas buat untuk kandang Ayam Kampung Super?

5  jenis pemanas buatan yang kita kenal diantaranya:

  1. Gasolek
gasolek
gasolek

Gasolek merupakan pemanas ruangan kandang yang menggunakan bahan bakar gas. Bentuk gasolek lebih kecil dibandingkan dengan semawar/ cimawar. Penggunaannya lebih mudah dibandingkan dengan semawar hanya saja harganya relatif lebih mahal. Cara pemasangan gasolek perlu ketepatan dalam memasang agar mempunyai ketinggian yang tepat. Bila tidak tepat pemasangannya maka mengakibatkan penyebaran kurang merata ke area kandang.

      2. Semawar/ cimawar

semawar
semawar

Semawar merupakan salah satu pemanas buatan yang harganya lebih terjangkau dibandingkan pemanas jenis gasolek. Pada awalnya bahan bakar yang digunakan adalah minyak tanah namun setelah pemerintah mengadakan konversi minyak tanah ke gas maka perajin semawar juga kreatif dengan mengubah bahan bakar menjadi gas.

     3. Tungku batubara

Pemanas Buatan berasal dari Batubara
Pemanas Buatan berasal dari Batubara

Pemanas yang menggunakan bahan bakar dari batubara sekarang ini mulai jarang digunakan karena mempunyai beberapa kelemahan diantaranya saat panasnya tidak merata, dapat menimbulkan asap di dalam kandang yang bisa mengakibatkan gangguan pernapasan pada ayam, memerlukan waktu yang lama untuk dapat memanaskannya, sering terjadi manipulasi pada batubara sehingga kualitasnya rendah, terkadang batubara dapat menimbulkan percikan api sehingga resiko kandang terbakar cukup besar dan harga batubara sekarang mulai mahal.

   4. Tungku kayu bakar

tungku kayu bakar
tungku kayu bakar

Pemanas dari tungku kayu bakar juga sekarang ini mulai jarang digunakan karena beberapa kelemahan yang hampir sama seperti pemanas yang menggunakan bahan bakar dari batubara.

 5.Lampu listrik

lampu listrik
lampu listrik

Pemanas yang menggunakan lampu listrik cukup banyak digunakan sebagian peternak karena beberapa kelebihan diantaranya praktis cara penggunaannya, biaya cukup murah, resiko terjadi kebakaran lebih kecil dibandingkan menggunakan bahan bakar batubara dan kayu bakar, tidak menimbulkan asap, penyebarannya cukup merata dan dalam waktu singkat dapat digunakan dan dapat diatur pemanasannya tinggal mengganti dengan lampu listrik yang daya listik lebih besar.

Dari berbagai pemanas buatan yang telah disebutkan diatas, saat ini yang banyak digunakan untuk peternak kalangan menengah ke bawah banyak yang menggunakan pemanas jenis lampu listrik. Pemanas mempunyai peran yang penting mengingat pada anakan ayam kampung mempunyai stamina yang rendah sehingga perlu suhu yang ideal untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:

Jual bibit atau anakan ayam kampung super, ternak ayam kampung super dengan metode intensif, keuntungan budidaya ayam kampung super, beternak ayam kampung super dengan modal terbatas, kapasitas kandang untuk anakan ayam kampung super untuk 100 ekor , pakan untuk anakan atau DOC ayam kampung super, cara membuat pemanas ruangan sendiri, pemanas doc listrik, pemanas broiler listrik, pemanas kandang doc, harga pemanas doc, lampu pemanas hemat energi, cara membuat pemanas kandang, pemanas ruangan tradisional

*Yuni Ambarwati*

Leave a Reply

%d bloggers like this: