2 Pemilihan DOC Ayam Kampung Super untuk Dijadikan Ayam Pedaging atau Petelur

2 Pemilihan DOC Ayam Kampung Super untuk Dijadikan Ayam Pedaging atau Petelur

Pemeliharaan Ayam Kampung Super dengan tujuan berbeda akan ditentukan pada pemilihan DOC Ayam Kampung Super. Jika ayam kampung super dipelihara dengan tujuan dijadikan ayam petelur tetas, maka pemilihan pejantan dan betina wajib dilaksanakan pada saat masih berbentuk DOC (day of chicken).Pada saat ini terjadi proses pemisahan DOC ayam betina dan DOC ayam jantan.
Memang belum banyak peternak yang melakukan proses pemisahan ini jika pemeliharaan ditujukan untuk pembesaran ayam pedaging. Namun bila pemeliharaan ayam petelur maka pemisahan DOC jantan dan DOC betina wajib dilaksanakan.

Proses pemilihan DOC ayam jantan dan DOC ayam betina dilakukan dengan metode:
Berdasarkan bulu ayam
Berdasarkan alat kelamin

Ayam Kampung Super
Ayam Kampung Super

A. Berdasarkan bulu ayam
Metode berdasarkan bulu ayam pada umumnya dilakukan untuk memisahkan antara jantan dan betina terutama untuk DOC ayam ras. Jadi yang dijadikan standar yaitu warna bulu dan panjang bulu pada sayap. Untuk DOC ayam jantan mempunyai ciri mempunyai panjang bulu yang lebih panjang atau sama dengan buku primer. Sedangkan untuk DOC betina mempunyai ciri yang berlawanan dengan ciri DOC jantan.

B. Berdasarkan alat kelamin
Untuk menentukan DOC jantan dan betina dapat dilakukan dengan cara:
kaki dan kepala DOC dijepit dengan jari tangan kiri secara hati-hati
Dubur DOC dibuka dengan hati-hati dengan menggunakan tangan kanan
Bila ada tonjolan berarti DOC jantan. Sedangkan bila tidak ada tonjolan berarti betina. Untuk bisa mendeteksi maka kita menggunakan senter/ sinar lampu.

Untuk mendeteksi pejantan atau betina memang butuh ketelitian. Hal tersebut karena DOC masih kecil dan rentan terhadap kematian. Namun bila untuk memenuhi kebutuhan daging maka pemisahan pejantan dan betina tidak diperlukan lagi.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Setelah DOC dapat kita pisahkan berdasarkan jenis kelaminnya barulah kita dapat menetukan tujuan pemeliharaan. DOC ayam kampung super jantan lebih berpotensi menjadi pedaging karena mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan pertumbuhan ayam kampung super betina. Sedangkan betina ayam kampung super bisa dijadikan petelur dan pedaging. Pada umumnya betina yang dijadikan petelur mempunyai beberapa kualifikasi yang bagus agar dapat menghasilkan produktivitas telur tetas.

Pada umumnya betina ayam kampung super menghasilkan telur tetas guna memenuhi permintaan DOC ayam kampung super yang terus mengalami peningkatan. Telur yang mempunyai kualitas yang baik dan memenuhi syarat akan dijadikan telur tetas sedangkan telur yang tidak lolos kualifikasi akan menjadi telur konsumsi. Saat ini telur konsumsi masih didominasi ayam petelur. Sedangkan tujuan utama ayam kampung petelur hanya untuk menghasilkan DOC saja.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.
Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:
Cara memilah DOC jantan dan DOC betina ayam kampung super, ternak ayam kampung super, beberapa kelebihan ayam kampung super, peluang bisnis usaha penetasan DOC ayam kampung super, kelebihan memelihara ayam kampung super dalam kandang litter, DOC ayam kampung super, ternak DOC ayam kampung super, peternak DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super

 

** Yuni Ambarwati **

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: