Daun dan Buah Mengkudu Bermanfaat Untuk Burung Kenari

Burung kenari memang merupakan salah satu burung hias yang memiliki suara kicau cukup bagus. Keberadaan burung kenari ini pun sudah cukup terkenal di Indonesia. Banyak masyarakat yang menjadikan burung kenari sebagai burung hias. Kenari banyak dipilih oleh masyarakat karena memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis burung lainnya. Corak warna yang dihasilkan burung kenari kebanyakan bewarana kekuningan bercampur dengan warna hijau.

Pemeliharaan burung kenari cukup mudah dilakukan oleh siapa saja. Dengan memberikan pakan yang berkualitas, pembersihkan kandang secara teratur, memberikan vitamin dan gizi tentu  maka, kesehatan burung kenari akan selalu terjaga dengan baik. Untuk menjaga kesehatan burung kenari peternak pun tidak perlu memberikan vitamin yang berasal dari bahan kimia. Peternak dapat dengan mudah mendapatkan vitamin tersebut dari bahan – bahan alami seperti daun dan buah mengkudu.

Promo JOPER NEW
Daun dan Buah Mengkudu Bermanfaat Untuk Burung Kenari | cover
Daun dan Buah Mengkudu Bermanfaat Untuk Burung Kenari | cover

Buah dan daun mengkudu ini ternyata memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk mengobati dari berbagai macam penyakit kronis pada manusia seperti kanker dan tumor. Tidak hanya itu saja ternyata buah dan daun mengkudu juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit serta menjadi tambahan vitamin bagi burung kenari.

Baca juga : Tips Mencegah dan Mengobati Burung Kenari yang Terkena Gigitan Nyamuk atau Semut

Lalu apa saja zat – zat yang terkandung dalam daun dan buah mengkudu ini ? Yuk simak penjelasannya pada penbahasan artikel kami berikut ini.

Zat – zat yang terkadung dalam Daun dan Buah Mengkudu

1. Zat Anti Bakteri

Zat yang terkandung dalam buah mengkudu dapat mematikan bakteri yang menyebabkan infeksi. Zat ini juga dapat mengontrol bakteri yang mematikan.

2. Zat Nutrisi

Buah mengkudu merupakan buah yang bergizi lengkap, seperti protein, vitamin dan mineral. Salah satu mineral yang terkandung dalam buah mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Sehingga saat baik untuk mengontrol kesehatan di burung kenari. 

Selain dapat memakan biji - bijian burung kenari ini juga menyukai aneka sayur - sayuran | image 1
Selain dapat memakan biji – bijian burung kenari ini juga menyukai aneka sayur – sayuran | image 1

3. Zat Anti Kanker

Zat anti kanker pada mengkudu paling efektif melawan sel – sel kanker.

4. Xeronine

Xeronine adalah salah satu alkaloid yang penting dan terdapat di dalam buah mengkudu. Buah mengkudu mengandung sedikit Xeronine, tetapi banyak mengandung bahan pembentuk dalam jumlah yang besar.

Manfaat Daun Mengkudu 

Selain buahnya yang mengandung zat – zat bermanfaat bagi burung kenari. Daunnya pun juga memiliki manfaat yang tidak kalah bagusnya dengan buahnya. Salah satu manfaatnya yakni membuat suara burung kenari menjadi tambah gacor dalam berkicau. mengobati serak dan radang tenggorokan. Seperti kita ketahui bahwa burung kenari ini merupakan jenis hewan herbivora atau pemakan biji – bijian dan dedaunan. Makan tidak salah bahwa daun mengkudu dapat menjadi salah satu bahan pakan serta vitamin alami untuk burung kenari. 

Daun Mengkudu memiliki manfaat yang baik untuk burung kenari yakni dapat menjernihkan suara serta membuat kenari semakin gacor | image 2
Daun Mengkudu memiliki manfaat yang baik untuk burung kenari yakni dapat menjernihkan suara serta membuat kenari semakin gacor | image 2

Kandungan vitamin yang terdapat dalam daun mengkudu memang sangat baik untuk burung kenari. Vitamin yang terkandung dalam daun mengkudu yakni vitamin A yang tinggi. Oleh karena itulah daun mengkudu ini sangat bagus untuk kesehatan burung kenari terutama pada suara  yang dihasilkan. Pemberian daun mengkudu untuk burung kenari tersebut usahakan agar memberikannya pada daun yang masih muda. Karena daun yang masih muda memiliki tekstur lembut dan pastunya akan lebih mudah dicerna untuk burung kenari. Adapun untuk manfaat – manfaat daun mengkudu lainnya adalah sebagai berikut ini : 

  1. Membantu meredakan sakit tenggorokan.
  2. Menjaga kondisi burung agar tetap fit dan terhindar dari obesitas/ kegemukan.
  3. Membantu mengobati suara Burung Kenari yang serak.
  4. Membantu meningkatkan kesuburan indukan.
  5. Membantu melancarkan pencernaan burung.
  6. Menjadikan burung kenari muda yang gacor.
  7. Sebagai obat anti elergi, sehingga mampu mencegah gejala alergi yang dialami kenari akibat polusi udara yang kurang baik.
  8. Membantu meningkatkan volume suara kenari.
  9. Memberi rasa tenang dan nyaman pada burung atau anti stres.

Baca juga : Burung Kenari Anda Kurus ? Atasi dengan cara berikut ini

Itulah beberapa manfaat pada daun mengkudu untuk burung kenari. Jika Anda belum pernah memberikan daun ini ke burung kenari cobalah mulai sekarang memberikannya. Daun ini banyak ditemui disekitar Anda karena pohon mengkudu bisa hidup diberbagai tempat.

Daun Mengkudu yang diberikan untuk Burung Kenari sebaiknya yang masih berusia muda karena daun lebih bertekstur lembut dan mudah dicerna | image 3
Daun Mengkudu yang diberikan untuk Burung Kenari sebaiknya yang masih berusia muda karena daun lebih bertekstur lembut dan mudah dicerna | image 3

Cara Pemberian Daun Mengkudu 

Pemberian daun mengkudu untuk burung kenari cukup mudah. Peternak tidak perlu repot – repot dalam memberikannya. Cukup memetik daun yang masih usia muda dan digantung di dalam kandang burung kenari. 

Berikut cara pemberian daun mengkudu untuk Burung Kenari :

  1. Mengambil daun mengkudu muda sekitar 1 atau 2 lembar
  2. Bersihkan dari kotoran yang menempel menggunakan air yang bersih atau air yang mengalir
  3. Setelah itu gantung daun mengkudu seperti biasa Anda memberikan sayuran pada burung kenari
  4. Cara pemberiannya bisa diberikan 3 sampai 5 kali dalam seminggu dan bisa diselingi dengan sayur dan buah-buahan.
Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Cukup mudah bukan pemberian daun mengkudu untuk burung kenari ini. Nah bagi Anda peternak burung kenari yang ingin menigkatkan kualitas suara burung kenari, bisa nih Anda manfaatkan daun mengkudu untuk obat herbalnya. Tentu manfaat daun mengkudu untuk kenari sudah teruji baik diberikan dan tentunya aman. Yuk kita pelajari dan manfaatkan tanaman – tanaman herbal di sekitar rumah dan mengaplikasikannya pada hewan peliharaan kita. 

Ayam Kampung Super JOPER-

Kata terkait : Burung kenari, cara memberikan daun mengkudu untuk kenari, manfaat buah mengkudu untuk kenari, daun mengkudu buat kenari, daun yang bagus untuk kenari, buah mengkudu untuk kenari, daun mengkudu untuk kenari, daun mengkudu yang baik untuk kenari, cara meracik daun mengkudu untuk kenari, ramuan untuk meningkatkan volume kenari, fungsi daun mengkudu buat kenari

Image Sources :

  • cover: hipwee.com
  • image 1: Pinterest.com
  • image 2: istockphoto.com
  • image 2: freepik.com
Ayam Kampung Super JOPER-

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: