DOC Ayam Pejantan Super – Saat ini tingkat kebutuhan daging ayam di Indonesia melambung tinggi. Bahkan sejumlah jenis ayam dapat kita andalkan dagingnya, seperti jenis ayam potong (Broiler), ayam kampung maupun jenis ayam petelur afkir. Selain itu terdapat pula jenis ayam joper  (Jawa Super) dan ayam pejantan juga bisa kita jadikan sebagai jenis ayam petelur.

Seperti yang kita ketahui, untuk saat ini ayam pejantan maupun joper memiliki kualitas daging yang mendekati ayam kampung. Masa panennya juga relatif lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Oleh karena itu, banyak para peternak ayam kampung yang beralih beternak ayam pejantan. Dan kini permintaan akan jenis ayam pejantan dari waktu kewaktu mengalami peningkatan.

doc ayam pejantan super
Ayam Pejantan

Sebenarnya apa itu DOC Ayam Pejantan?

Ayam pejantan merupakan jenis ayam afkir atau hasil dari jenis ayam petelur. Pada awalnya ayam pejantan merupakan hasil dari tetasan telur jenis ayam petelur yang menjadi DOC (Day Old Chicken) atau jenis ayam yang baru berumur 1 hari. Ketika telur sudah menetas yang nantinya akan dipisahkan menjadi ayam petelur dan anakan sebagai jenis bukan ayam petelur (Ayam pejantan). Dan kini tak heran jika ayam pejantan dijadikan sebagai jenis ayam pedaging.

Mengenai ayam pejantan, memang untuk saat ini jenis ayam pejantan yang masih kecil atau DOC masih sulit dibedakan mana yang jantan dan mana yang betina. Namun, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk membedakan antara anak ayam jantan dan betina. Dalam membedakan antara jantan dan betina bisa kita lakukan dengan cara melihat pada kaki, bulu serta bisa kita lihat pada jenggernya. Hal tersebut yang biasa dilakukan oleh orang-orang tertentu dan tidak semua orang dapat mengetahuinya. Dalam pemilihan DOC pejantan unggulan, maupun untuk dapat mengetahui ayam jantan asli.

Berikut merupakan beberapa ciri-ciri Ayam Pejantan asli berkualitas diantaranya :

  • Lincah dan gesit
  • Nafsu makan tinggi
  • Bulu kering, bersih dan tumbuh dengan sempurna
  • Tidak memiliki cacat tubuh
  • DOC atau bibit ayam sehat

Pemberian Pakan dan Minum Ayam Pejantan

Pakan merupakan hal terpenting dalam sebuah peternakan untuk meningkatkan produktifitas ternak. Pakan yang baik ialah jenis pakan yang mengandung berbagai unsur yang diperlukan oleh tubuh ayam seperti air, karbohidrat,vitamin, mineral dan lemak. Jenis pakan dengan kualitas tinggi untuk mendukung pertumbuhan serta jumlah produksi pada ternak dan untuk memastikan pakan dan minum yang berkualitas agar terpenuhi sesuai dengan kebutuhannya. Kebutuhan pakan ayam pejantan haruslah sesuai dengan jumlah ayam yang dipelihara. Untuk ayam pejantan bisa diberikan pakan konsentrat berupa voer atau BR.  

Dalam pemberian pakan jenis voer yang sangat dibutuhkan oleh DOC ayam pejantan yang berguna untuk membantu pertumbuhan bagi anakan ayam tersebut. Sesekali juga bisa diberikan pakan dedak atau bekatul yang dicampurkan dengan irisan sayuran seperti kangkung, bayam dan lain sebagainya guna bisa memenuhi protein yang dibutuhkan ayam pejantan.

Kandang Ayam Pejantan

Dalam pemeliharaan ayam pejantan juga relatif lebih mudah, bahkan jenis ayam ini juga bisa diternakkan dengan cara di umbar. Namun, apabila anda menginginkan hasil ayam pejantan yang maksimal, maka bisa juga dalam sistem pemeliharaan menggunakan sistem kandang intensif. Dalam pemeliharaan DOC ayam pejantan untuk sistem intensif yang hanya fokus dilakukan di dalam kandang dari awal masuk kandang hingga afkir atau massa panennya. Hal ini dilakukan agar jenis ayam pejantan tidak mudah stres jika dibiarkan keluar kandang. Banyak keuntungan yang kita dapatkan dalam pemeliharaan ayam dengan sistem kandang intensif seperti ayam bisa lebih termonitor, pemberian pakan dan minumnya mudah, ayam bisa terawasi serta kegiatan produksinya yang cukup mudah. Tidak diragukan lagi, sistem pemeliharaan intensif cukup baik dibandingkan dengan jenis sistem pemeliharaan lainnya. Mudahnya pengelolaan ayam tanpa harus memikirkan resiko tinggi yang menjadikan banyak para peternak di Indonesia menggunakan sistem kandang intensif.

doc ayam pejantan super
Contoh Gambar Kandang Ayam Pejantan

Kandang ayam DOC pada umur 1-3 minggu bisa dipelihara dalam kotak boks atau kandang khusus untuk bibit ayam pejantan, ukuran kandang ayam pejantan bisa disesuaikan dengan jumlah ayam. Jangan lupa didalam kandang dilengkapi dengan lampu pemanas yang dinyalakan selama 24 jam. Pada usia ayam diatas satu minggu lampu pemanas bisa juga dinyalakan pada malam hari saja. Lampu pemanas ini berfungsi untuk menjaga anak ayam agar selalu berada dalam suhu ruangan yang hangat, namun semakin bertambah umur anakan ayam, suhu ruangan bisa diturunkan. Setelah ayam pejantan berumur 2-3 minggu barulah anakan ayam tersebut bisa dipindahkan kekandang yang lebih besar.

Harga Ayam Pejantan

doc ayam pejantan super
Ayam Pejantan

Harga ayam pejantan relatif lebih mahal dibandingkan dengan jenis ayam broiler. Mengapa? Karena jenis ayam ini merupakan jenis ayam yang digunakan sebagai jenis ayam pedaging dengan tekstur dagingnya yang seperti ayam kampung. Banyak juga restoran-restoran yang menyediakan menu utama daging ayam, seperti jenis ayam pejantan ini. Mengenai harga ayam pejantan atau harga bibit ayam pejantan memiliki harga yang bervariasi diberbagai daerah di Indonesia. Tergantung dengan jarak dan kondisi perekonomian daerah tersebut. Dan untuk harga DOC ayam pejantan kami berikan berdasarkan daerah dimasing-masing wilayah di Indonesia dan untuk soal harga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung banyaknya permintaan dan stock ayam.

Khusus untuk pemula, bisa memulai dengan analisa ternak ayam pejantan terlebih dahulu. Hal ini yang bertujuan agar para peternak pemula dapat membuka atau memulai usaha dengan sistematis dan meminimalisir kerugian. Selain itu kita juga bisa mengetahui akan jumlah modal yang disiapkan dan perkiraan keuntungan yang akan kita dapatkan.

Bagi anda yang berminat dan tertarik untuk membudidayakan DOC ayam pejantan bisa anda pesan ditempat kami kapan saja. Sebagai salah satu penjual DOC pejantan, kami menyediakan berbagai jenis DOC dan DOD berkualitas seperti DOC ayam kampung super, DOD hibrida, DOD mojosari dan DOD peking dan lainnya. Kami siap kirimkan keseluruh wilayah Indonesia yang terjangkau oleh kargo hewan. Selain itu, kami tidak hanya melayani akan permintaan jenis unggas saja, tetapi kami juga melayani konsultasi dengan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang terbaik.Untuk pemesan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
harga bibit ayam pejantan, harga ayam pejantan, ukuran kandang ayam pejantan, analisa ternak ayam pejantan, penjual doc pejantan, harga ayam pejantan

Viky Ristiyarti
*

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: