Ternak Ayam Kampung Super Pedaging Bisa Panen 60 Hari

Ternak ayam kampung super merupakan peluang usaha yang saat ini cukup digemari oleh peternak ayam. Pertumbuhan ayam kampung super hanya membutuhkan waktu 55-60 hari. Permintaan daging ayam kampung dipasaran menjadikan ayam kampung super menjadi pilihan masyarakat untuk dikonsumsi.

ternak ayam kampung super

ayam kampung super

Keunggulan yang dimiliki ialah daging ayam yang lebih empuk dan gurih. Dari segi fisik ayam relatif lebih gemuk dibanding dengan ayam kampung jenis lain, kandungan gizinya cukup banyak dan rendah lemak. Budidaya ayam kampung super masih dikembangkan untuk memenuhi pasokan daging dipasaran.

Pembudidayan ayam kampung super diperlukan pemahaman yang cukup dan persiapan untuk menjalankannya.

Bagaimana cara agar cepat panen, dalam kurun waktu 60 hari ?

  1. Memilih bibit atau DOC yang akan diternakkan. Kenali terlebih dahulu ciri-cirinya, sebagai berikut :

  • Tidak cacat fisik

  • Bulunya kering dan bersih

  • Tidak menunjukan adanya penyakit yang menyerang fisik ayam

  • Gerakan lincah dan berdiri tegap

  • Berat tidak dibawah standart (minimal 39 gram/ ekor)

  • Mata cerah

2. Menentukan lokasi kandang dan pemeliharan ayam. Kandang merupakan tempat berteduh dan berlindung dari berbagai macam ancaman. Kandang jugua sebagai cara intensif untuk memaksimalkan hasil ayam kampung super. Pemilihan lokasi kandang perlu dipertimbangkan secara matang, yaitu mendukung dari segi pemeliharaan, teknik, pertumbuhan, dan perawatan ayam. Adapun syarat yang cukup diperhatikan ialah suhu kandang tidak terlalu panas dan dingin (antara 25-32 derajat), sinar matahari yang cukup, sirkulasi udara yang baik dengan kelembapan maksimal70%, tersedia akses jalan untuk pengangkutan.

3. Pemberian pakan, salah satu faktor keberhasilan dalam pertumbuhan dan penunjang dari masa panen. Pemberian pakan dapat dilakukan dengan menyesuiakan kebutuhan dan umur ayam tersebut. Pakan yang mengandung nutrisi, dapat mempengaruhi pertumbuhan ayam. Agar produksi daging ayam kampung super dapat optimal, pakan yang diberikan ayam dapat dilakukan secara murni menggunakan konsentrat (BR1/BR2), kosentrat dapat dicampur dengan dengan pakan tambahan seperti dedak, bekatul, nasi aking, jagung giling dll. Pencampuran dilakukan oleh peternak untuk menghemat biaya pakan dan sering kali peternak memformulasikan pakan ternak. Baca juga Ayam Kampung Super Dengan Target Bobot dan Jumlah Konsumsi Pakan.

4. Pemberian vaksin dan multivitamin. Tindakan ini merupakan pintu pertahanan untuk upaya pengendalian suatu penyakit. Pemberian vitamin pada ayam untuk menjaga stamina dan kondisi ayam, sesuaikan dengan umur ayam. Jadwalkan untuk vaksinasi yang bertujuan untuk mencegah ayam terkena penyakit. Pemeberian vaksinasi juga harus disesuaikan dengan umur ayam.

5. Masa panen merupakan moment yang cukup ditunggu-tunggu oleh para peternak. Pada masa panen bisa dicapai dalam kurun waktu 60 hari. Dalam kurun waktu tersebut ayam sudah mencapai bobot 0,8-1,5 kg per ekor. Waktu panen dapat direncanakan sesuai permintaan konsumen dengan berat yang diinginkan, yaitu dengan mengatur pemberian jumlah pakan dan jenis pakan. Untuk memasarkan hasil panen, peternak kecil/ pemula dapat bermitra dengan peternak besar atau distributor daging ayam kampung yang sudah berpengalaman. Rencanakan terlebih dahulu untuk menentukan target panen.

Kami dari hobiternak.com menyediakan DOC atau bibit ayam kampung super. Bagi anda yang menginginkan DOC ayam kampung super dapat menghubungi kami sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :

penjualan doc kampung super, pakan ayam kampung super, kandang ayam kampung super, harga kampung super, analisa ternak ayam kampung super, harga doc joper, vaksinasi ayam kampung super, masa panen, jual doc ayam kampung super

*Dwi Sri Rahayu*


1 Comment

Pembuatan Kandang Ayam Kampung Super Secara Intensif · March 27, 2019 at 8:39 am

[…] Ternak Ayam Kampung Super Pedaging atau bisa disebut dengan joper merupakan ayam hasil persilangan antara jantan ayam kampung dan betina ayam petelur. Beternak ayam joper merupakan peluang usaha yang sangat menguntungkan. Keuntungan yang kita dapatkan antara lain, joper memiliki kemampuan tumbuh lebih cepat, harga jual ayam joper dipasaran cenderung tinggi dan stabil sehingga dapat memberikan keuntungan bagi peternak. […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: