Daging Ayam Kampung Super

Penyebab dan Cara Mengatasi Dehidrasi Pada DOC Ayam Kampung Super

Penyebab dan Cara Mengatasi Dehidrasi Pada DOC Ayam Kampung Super 

Ayam Jawa Super/ Ayam Kampung Super adalah ayam dari hasil persilangan antara ayam kampung (jantan) dan ayam petelur (betina). Saat ini ternak Ayam Jawa Super menjadi peluang usaha yang baru dan cukup menguntungkan karena ayam ini dapat Anda panen hanya dalam waktu 2 bulan atau 60 hari saja. Banyaknya permintaan akan daging ayam jawa super dari tahun ke tahun menjadi penyebab melonjaknya permintaan daging ayam.

Daging Ayam Kampung Super

Daging Ayam Kampung Super

Dalam beternak Ayam Jawa Super/ Ayam Kampung Super banyak peternak yang mencapai keberhasilannya selama memelihara ayam ini, namun ada beberapa hal yang dapat menjadi masalah seperti kematian dini pada anak ayam. Kematian pada anak Ayam Jawa Super biasanya terjadi pada umur 1-12 hari. Hal itu bisa disebabkan karena ayam kepanasan, kelaparan, kehilangan cairan tubuh (dehidrasi), keracunan, kecelakaan atau yang lainnya. Dehidrasi pada DOC Ayam Joper disebabkan oleh beberapa faktor yang dimulai dari saat penetasan sampai saat distribusi.

Saat ayam ditetaskan, suhu dan kelembapan yang tidak tepat akan menyebabkan kadar air di dalam telur akan berkurang. Waktu menetas yang tidak bersamaan juga dapat menyebabkan dehidrasi pada DOC ayam yang telah menetas lebih dulu. Hal itu karena DOC berada di lingkungan yang agak panas dan dapat menyebabkan penguapan yang berlebihan. Fungsi alat pemanas yaitu untuk membantu anak ayam untuk mengatur kembali suhu tubuhnya.

pemanas kandang

pemanas kandang

Pada saat ini alat pemanas harus dijaga fungsinya sehingga mampu mempertahankan suhu yang dibutuhkan. Suhu yang dibutuhkan anak ayam bisa dilihat dengan penyebaran anak ayam yang merata, hal tersebut berarti suhu sudah ideal. Namun saat ayam menjauhi alat pemanas maka suhu alat pemanas berarti masih belum ideal. Anak ayam yang kedinginan akan nampak bergerombol. Pada kondisi ini merupakan suatu tanda adanya gejala penyakit yang menyerang ayam seperti ayam nampak lesu dan sayapnya terkulai. Namun ketika anak ayam dalam keadaan panas, mereka akan berpencar. Jika terlalu lama kepanasan anak ayam akan kekurangan cairan, sehingga lemas dan mati. Gejala lainnya adalah matanya redup, kurus dan susah mengeluarkan tinja. Selain itu yang bisa menyebabkan ayam dehidrasi adalah ayam kekurangan minum, karena tempat minum tidak dapat terjangkau.

Penyebab ayam terkena dehidrasi yang lainnya adalah distribusi ayam. Jarak pendistribusian yang terlalu jauh dapat menyebabkan DOC joper kekurangan cairan tubuh. Anak ayam yang dehidrasi dan kelaparan berat badannya akan terus menerus turun, kurus dan bisa sampai mati. Gejalanya nampak lesu, bulu kaku, jalannya lemah dan suka menyendiri. Anak ayam juga akan segan makan karena tidak mampu bersaing dengan ayam yang lainnya, sehingga badannya bertambah lemah dan mudah terserang penyakit.

Ayam Sakit

Ayam Sakit

Kekurangan cairan (dehidrasi) yang tidak cepat Anda tangani akan menyebabkan pertumbuhan yang lambat, menyebabkan ayam kerdil atau bahkan mengalami kematian. Berikut cara mengatasi dehidrasi pada DOC Ayam Kampung Super adalah sebagai berikut:

  • Memilih pelanggan produsen DOC yang terdekat dan terjamin.
  • Memilih jasa pengiriman yang nyaman dan aman bagi hewan ternak.
  • Dengan memperhatikan jumlah ayam dengan box yang digunakan waktu pengiriman.
  • Memperhatikan umur telur tetas.
  • Mengirim DOC yang baru berumur 1 hari (baru menetas).
  • Memberikan sayuran seperti kecambah yang diletakkan di dalam box waktu pengiriman ayam.
  • Diperlukan penanganan yang tepat saat DOC joper datang. DOC yang baru saja datang dapat beradaptasi sekitar 1-2 jam dan harus segera diberi minum untuk menghilangkan stres dan menstabilkan mekanisme tubuh anak ayam yang sudah kehilangan banyak cairan.

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  Ayam Kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:

Ayam jawa super, DOC joper ayam jawa super, DOC joper, Jual DOC joper, Harga DOC joper, cara merawat doc kampung super, cara vaksin doc, jual ayam jawa super, harga ayam jawa super, ayam terlalu lama dijemur, ayam kelamaan dijemur, mengobati ayam dehidrasi, cara mengurut ayam aduan, penyebab kaki kering pada doc, cara merawat doc kampung super, cara memelihara doc

 

Leave a Reply