Ayam kanibal

Mengatasi Kanibalisme yang Terjadi Pada Anak Ayam Kampung Super

Mengatasi Kanibalisme yang Terjadi Pada Anak Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super pada umumnya dipelihara sejak masih DOC (day of chicken). Pemeliharaan ayam kampung super termasuk mudah dan tidak membutuhkan keahlian. Pada saat masih DOC biasanya kandang yang digunakan berupa kandang brooder (kandang indukan) yang masih menggunakan pemanas buatan.

Kandang Brooder

Kandang Brooder

Dalam satu kandang berukuran 1 meter persegi dapat memuat sekitar 100 ekor DOC. Setelah berumur 2 mingguan, jumlah populasi dalam satu kandang mulai dikurangi. Jika terlalu padat dalam satu kandang akan mengakibatkan pertumbuhan ayam terhambat, timbulnya penyakit bahkan menimbulkan kematian bila tidak segera mendapatkan penanganan. Di samping itu perlu diwaspadai adanya kematian anak ayam akibat kanibalisme.

Ayam kanibal

Ayam kanibal

Kanibalisme disebabkan oleh populasi yang terlalu padat dengan jumlah pakan yang terbatas. Untuk itu perlu diperhatikan jumlah populasi dalam satu kandang agar tidak menimbulkan perilaku kanibal diantara Ayam Kampung Super.

Lalu bagaimana cara mengatasi kanibalisme pada anak ayam kampung super?

Untuk menanggulangi perilaku kanibal maka perlu pemotongan paruh pada anak ayam yang berumur 7-10 hari. Disamping mengurangi perilaku kanibal, pemotongan juga bisa mengurangi terbuangnya pakan. Pemotonan bukan menggunakan pisau yang dilakukan secara manual melainkan menggunakan mesin debeaker. Mesin debeaker menggunakan tenaga listrik yang didesain secara khusus.

Mesin Debeaker

Mesin Debeaker

Ada beberapa keuntungan pemotongan dilakukan pada saat masih anakan karena:

  1. Mengurangi pendarahan.
  2. Mengurangi kemungkinan anak ayam mematuk bulunya sendiri.
  3. Anak ayam relatif mudah dipegang sehingga memudahkan proses pemotongan.
  4. Mencegah terbuangnya pakan/ efisiensi pakan lebih baik.
  5. Mengurangi stress pada anak ayam. Jika pemotongan dilakukan pada saat ayam telah besar maka ada kemungkinan ayam akan stress.
  6. Populasi anak ayam akan lebih seragam.
  7. Mempunyai daya hidup yang lebih baik

Cara pemotongan paruh pada anak ayam hanya 1/3 paruh bagian atas, sedangkan paruh bagian bawah hanya ditekan menggunakan alat pemotong paruh. Setelah proses pemotongan maka pada saat memberikan pakan, jumlah pakan perlu penambahan agar lebih tebal dibandingkan biasanya. Jadi paruh tidak akan mengenai dasar tempat pakan ternak. Dengan demikiaan ayam tetap mudah mengkonsumsi pakan.

Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super

Pemotongan paruh untuk Ayam Kampung Super yang dewasa terkadang juga diperlukan. Tujuan pemotongan untuk menghindari ayam saling mematuk pada saat terjadi perkawinan. Meskipun demikian, pada saat terjadi perkawinan ayam kampung super jantan tetap dapat memegang kepala ayam kampung super betina.

Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:

Ciri DOC ayam kampung super yang berkualitas, pemeliharaan ayam kampung super dengan kandang cage/ panggung, beberapa kelebihan bisnis ayam kampung super pedaging , peluang bisnis usaha pembesaran DOC ayam kampung super, ukuran kandang untuk DOC kampung super dengan kapasitas 100 ekor, DOC ayam kampung super, ternak ayam kampung super, peternak ayam kampung super, sedia DOC ayam kampung super, penyedia DOC ayam kampung super, tempat penyedia DOC ayam kampung super, pengiriman DOC ayam kampung super, anakan ayam kampung super, ayam kampung super, ayam jawa super, ayam joper, pemeliharaan ayam kampung super

 

** Yuni Ambarwati **

 

 

 

 

Leave a Reply