Ayam Pelung

Memilih Pakan Ayam Pelung yang Baik

Memilih Pakan Ayam Pelung yang Baik

Pakan Ayam Pelung adalah sumber energi yang baik bagi pertumbuhan Ayam Pelung. Pakan yang baik juga akan menghasilkan ayam pelung indukan yang baik. Pemberian pakan secara rutin perlu dilakukan untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Pakan merupakan sumber pokok untuk memberikan energinya agar dapat bergerak atau beraktivitas sehari-hari.

Ayam Pelung adalah ayam asli Indonesia yang berasal dari daerah Cianjur Jawa Barat yang memilki 3 sifat genetiknya, suara kokoknya panjang mengalun, pertumbuhannya cepat, postur badan ayam memiliki berat badan mencapai 3 kg lebih dengan postur ayam pelung yang cukup terlihat tinggi. Ayam Pelung merupakan ayam lokal indonesia yang memiliki karakterisitk yang khas seperti postur badan yang besar, cakar panjang dan besar berwarna hitam, pial besar berwarna merah, jengger besar dan tebal, memilki warna bulu ke hijau-hijauan, campuran warna merah dan hitam, putih polos, dan hitam polos.

wpid-indukan-ayam-pelung-d-1.jpg.jpeg

Dalam pemeliharaannya kita harus selektif untuk memilih pakan yang baik untuk menghasilkan Ayam Pelung yang berkualitas. Kita juga harus memperhatikan usia ayam pelung baik untuk ayam pelung anakan maupun indukan. Sehingga dapat mengetahui porsi makan masing-masing sesuai dengan umurnya.

Pada umumnya pakan Ayam Pelung sama seperti pakan ayam kampung biasa. Hanya membutuhkan pakan berupa biji-bijian, tepung dan jenis makan lainnya. jika dilihat dari bentuk fisik Ayam Pelung membutuhkan pakan seperti gandum, jagung, dan pakan yang berbentuk butiran sebagai sumber karbohidrat. Pakan seperti tepung gandum, dedak gandum, tepung ikan berguna sebagai sumber protein dan karbohidratnya. Pakan yang berbentuk cair seperti minyak kedelai dan minyak ikan diperlukan sebagai sumber energinya.

Untuk ransumnya dapat berupa

Bentuk tepung komplit adalah tepung yang sudah digiling halus. Jenis ransum ini mudah diserap oleh usus, sehingga ransum dapat diberikan untuk ayam pelung anakan dan dewasa

Bentuk butiran merupakan bentuk ransum komplit yang diproses kembali menjadi butiran. Penggunaan ransum ini memang mengurangi pengeluaran. Akan tetapi ransum ini hanya cocok diberikan untuk Ayam Pelung dewasa

Bentuk butiran pecah adalah jenis ransum berupa tepung komplit yang diproses menjadi pecahan. Ransum ini cocok untuk semua usia ayam pelung.

Ayam Pelung

Ayam Pelung

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam pelung, kami menyediakan telur ayam pelung yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam pelung kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam pelung dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarangdi:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

 

Kata Terkait : Pakan Ayam Pelung, Jenis Pakan Ayam Pelung, Harga Ayam Pelung, Ayam Pelung, Ternak aAam Pelung

Leave a Reply