Menjelang bulan suci ramadhan, tidak heran jika harga bahan makan pokok cenderung naik. Misalnya dari bahan pokok pangan, salah satu sumber pemenuh nutrisi seperti daging ayam juga turut naik harganya di pasaran. Daging ayam sendiri merupakan salah satu sumber protein yang mudah di dapatkan, dan mudah pula untuk diolah. Namun, mendekati bulan ramdhan sampai nanti Idul Fitri, keberadaan daging ayam adalah hal yang paling dicari selain daging sapi dan ketupat. Bermula dari kebiasaan masyarakat Indonesia yang khas dengan hidangan Idul Fitri berupa Opor Ayam. Dan kini daging ayam pun banyak diburu ketika bulan ramadhan dan akhir bulan ramadhan. Tidak heran, jika harga nya pun melambung naik karena permintaan akan daging ayam tersebut pun ikut naik.

Peluang ternak ayam kampung asli
Opor ayam kampung menjadi salah satu hidangan khas di hari Idul Fitri yang biasanya ditemani oleh irisan ketupat.

Peluang Beternak Ayam Kampung Asli Ketika Mendekati Bulan Ramadhan

Salah satu jenis ayam yang paling banyak dicari di bulan ramadhan adalah ayam kampung. Ayam kampung adalah ayam yang memiliki cita rasa lezat dan tekstur daging yang padat dan kenyal. Kami akan memberikan tips bagi Anda tentang bagaimana cara memanfaatkan peluang emas ini.

Menjelang bulan ramadhan, keberadaan daging ayam kampung sangat dicari. Nah, maka bisa kita ambil kesimpulan bahwa beternak ayam kampung menjelang bulan ramadhan seperti saat ini adalah peluang yang cukup bagus. Emm, bukannya ayam kampung itu masa panennya lama ya? Eitss.. Jangan salah, sekarang sudah ada jenis ayam kampung yang masa panen nya jauh lebih cepat. Dan Anda juga bisa merasakan ternak ayam kampung super cepat dibandingkan dengan ternak ayam kampung rumahan seperti biasanya. Ayam apa itu? Ya, jawabannya adalah Ayam Kampung Asli.

Peluang beternak ayam kampung asli
Ayam Kampung Asli kini tidak lagi menjadi ayam yang memiliki masa panen lama.

Dengan Anda memutuskan untuk beternak ayam kampung asli sekarang, maka ketika bulan ramadhan dan Idul Fitri Anda bisa memanen ayam peliharaan Anda. Jadi beternak ayam kampung asli saat ini adalah peluang yang baik. Ditambah dengan pemeliharaan yang baik dan intensif, didukung oleh nutrisi yang maksimal, serta kebersihan kandang, maka ayam kampung asli Anda akan tumbuh maksimal dan mencapai target bobot ketika panen akhir bulan ramadhan nanti.

Ayam Kampung Asli Sebagai Ayam Penghasil Daging yang Unggul

Jenis ayam kampung asli ini tentu berbeda dengan ayam kampung yang dipelihara di kampung-kampung. Untuk menghasilkan Ayam Kampung Asli Unggul, tentunya melalui proses seleksi dari indukan-indukan yang benar benar terpilih. Dengan adanya proses seleksi indukan tersebut, terbukti kini Ayam Kampung Asli memiliki masa panen yang lebih cepat, yakni sekitar 65-70 hari saja. Jauh berbeda bukan, jika dibandingkan dengan ayam kampung asli yang dipelihara di kampung-kampung. 

peluang beternak ayam kampung asli
Warna bulu dari ayam kampung asli adalah mayoritas berwarna hitam.

Nah, dengan masa panen yang hanya memakan waktu 65 hari, ayam kampung asli ini sangat cocok dijadikan sebagai ayam penghasil daging. Karena sekarang masyarakat juga lebih menyukai daging ayam kampung, sebab dinilai dari cita rasa daging nya yang lebih padat. Terlebih ketika di masak menjadi Opor Ayam dan ditemani ketupat, sungguh lezat, bukan?

Keunggulan Ayam Kampung Asli

Ayam kampung asli memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan jenis ayam pedaging lainnya. Diantaranya adalah :

  1. Ketahanan ayam kampung asli cukup baik, seperti ayam kampung pada umumnya.
  2. Masa panen lebih cepat, sekitar 65 sampai 70 hari.
  3. Bobot ketika panen 8 ons sampai 1 kg
  4. Pemeliharaan mudah (disarankan menggunakan sistem intensif)
  5. Pakan utama mudah ditemukan.
Ayam Kampung Asli
Keunggulan yang dimiliki ayam kampung asli tidak kalah dari jenis ayam kampung dan ayam pedaging lainnya.

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, bahwa ayam kampung asli ini memiliki masa panen yang lebih cepat, jadi jika dihitung-hitung saat ini adalah saat yang pas untuk Anda memulai beternak Ayam Kampung Asli sebagai penghasil daging. Cara beternak dan pemeliharaan dari Ayam Kampung Asli ini juga mudah seperti cara ternak ayam potong broiler atau ayam joper. Lalu bagaimana caranya agar ketika masa panen tiba dan bobot mencapai target, atau bahkan sebelum panen bobot sudah maksimal? Berikut kami berikan tips nya.

Cara Beternak dan Merawat Ayam Kampung Asli Agar Cepat Panen dan Bobot Maksimal

Untuk mengejar bobot Ayam Kampung Asli dan mendapat hasil panen yang maksimal, ada kiat-kiat yang harus Anda lakukan. Kiat-kiat atau cara beternak ayam kampung asli agar cepat besar adalah :

1. Peliharalah dengan Sistem Intensif

Memelihara Ayam Kampung Asli dengan sistem intensif adalah hal yang penting. Salah satu faktor pendukung agar ayam tumbuh dengan baik dan dan bobotnya maksimal adalah dengan memeliharanya di dalam kandang dan diberikan pakan secara teratur. Cara pemeliharaan inilah yang disebut dengan sistem pemeliharaan intensif. Jika ayam dipelihara dengan sistem intensif dan pakan diberikan secara teratur, Anda akan mendapati Ayam Kampung Asli peliharaan Anda akan tumbuh besar dan maksimal saat panen nanti.

Beternak ayam kampung asli dan joper dengan sistem intensif
Beternak ayam kampung asli dengan sistem intensif akan menunjang kemaksimalan pertumbuhannya.

2. Berikanlah Pakan dengan Kandungan Nutrisi yang Seimbang

Pakan juga merupakan hal yang sangat penting dalam pembentukan berat atau bobot Ayam Kampung Asli. Sumber pakan yang kandungan nutrisi nya cukup lengkap mulai dari protein sampai zat – zat yang lain adalah pakan pabrikan atau yang biasa disebut dengan konsentrat.

Pakan ayam kampung asli
Untuk menunjang pertumbuhan, pakan merupakan hal yang penting. Berikan konsentrat jenis 511 untuk ayam kampung asli periode starter.

Untuk Ayam Kampung Asli yang berusia 1 hari hingga 28 hari, berikanlah ia pakan full konsentrat merek BR-1 atau 511 yang kandungan proteinnya cukup tinggi. Kemudian, sejak usia 29 hari, Ayam Kampung Asli mulai bisa diberikan pakan tambahan berupa jagung giling. Jika Anda ingin memberikan pakan campuran jagung giling maka jenis konsetnrat yang digunakan adalah BR-1 sejumlah 85% dan jagung giling 15%. Dan jika Anda tetap menginginkan untuk memberikan pakan full konsentrat, maka berikanlah konsentrat jenis BR-2 atau 512 hingga usia 65 hari. Dengan campuran pakan tersebut, diharapkan Ayam Kampung Asli peliharaan Anda akan tumbuh maksimal.

3. Perhatikan Luas dan Kebersihan Kandang

Dalam pemeliharaan Ayam Kampung Asli ini, jangan sampai luas kandangnya terlalu luas atau terlalu sempit. Luas kandang yang dibutuhkan untuk 100 ekor Ayam Kampung Asli periode grower adalah kurang lebih 13m2. Kandang yang ideal juga membuat ayam mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Sedangkan untuk masa starter atau anakan, lebih baik diletakkan di kandang box dengan luas kurang lebih 1×0,5×0,6 cm untuk 100 ekor anakan Ayam Kampung Asli. Pastikan juga ketika ayam diberikan pakan, ayam tidak saling berebut dan semua ayam mendapatkan pakan. Untuk mengatasi hal tersebut, pada kandang pembesaran bisa Anda berikan sekat pemisah, misalnya kandang dengan kapasitas 100 ekor Anda pisah dan berikan sekat menjadi 50 ekor 50 ekor. Dengan demikian, ayam tidak akan saling berebut ketika diberikan pakan.

Kandang ayam kampung asli dan joper
Contoh kandang yang bisa diterapkan untuk pemeliharaan ayam kampung asli. Jangan lupa segala peralatan kandang dan lingkungan kandang harus bersih.

Kebersihan kandang juga jangan Anda lupakan, bersihkan selalu sekam yang ada di kandang, jika basah maka harus segera Anda angkat. Peralatan makan dan minum juga harus diperhatikan kebersihan nya. Karena bagaimanapun, kondisi kandang yang kotor dan peralatan pakan serta minum yang kotor bisa menyebabkan sumber penyakit. Jika dibiarkan, penyakit akan menyebar dan menjangkit ayam sehingga ayam bisa sakit atau bahkan mati.

Dengan memperhatikan 3 aspek tersebut, Ayam Kampung Asli Anda akan tumbuh maksimal dan mencapai bobot panen sesuai target.

Yuk, Ternak Ayam Kampung Asli!

Dengan peluang yang bisa Anda manfaatkan serta kemudahan dalam beternak Ayam Kampung Asli, yuk tunggu apalagi. Segera manfaatkan peluang ini dan manfaatkan moment ketika bulan ramadhan tiba dan menjelang Idul Fitri. Namun, jika Anda menginginkan opsi lain, Anda juga tetap bisa memilih beternak ayam petelur ataupun ternak ayam joper pedaging yang samasama memiliki peluang baik.

Peluang beternak ayam kampung asli
Kami jual doc ayam kampung asli unggul dan siap mengirimkan ke seluruh daerah Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik untuk beternak Ayam Kampung Asli, jangan bingung-bingung lagi untuk mencari bibit Ayam Kampung Asli yang berkualitas unggul. Hobiternak.com menyediakan bibit Ayam Kampung Asli unggul dan telah terseleksi dengan baik, dan kami siap mengirimkan ke seluruh daerah di Indonesia. Selain jual DOC AKA (Ayam Kampung Asli), kami juga membuka sesi konsultasi secara gratis, bagi Anda para peternak pemula kini tidak perlu khawatir lagi karena kami siap mendampingi dan membatu Anda.

Untuk informasi pemesanan maupun konsultasi, silahkan bisa menghubungi kami di nomor :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait :

jual doc ayam kampung asli, jual doc aka, ayam kampung asli, peluang ternak ayam kampung asli, cara beternak ayam kampung biar cepat besar, ternak ayam kampung super cepat, ternak ayam rumahan, cara beternak ayam potong, ayam joper, ternak ayam joper, ternak ayam jago kampung, ternak ayam petelur, ternak ayam bangkok,


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: