Sang Mutiara dari Priangan Timur adalah julukan untuk Kota Tasikmalaya. Kota Tasikmalaya adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat. Hampir 70%, pusat bisnis, pusat perdagangan dan jasa dan pusat industri di priangan timur dan selatan berada di kota ini. Priangan timur dan selatan yakni membentang dari Kota Banjar di ujung timur Jawa Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Sukabumi di ujung barat Jawa Barat.

Salah satu wilayah di Kabupaten Tasikmalaya yang didominasi oleh dataran tinggi/ pegunungan.

Wilayah priangan timur dan selatan ini mencapai 40% total keseluruhan wilayah Jawa Barat, itu artinya sepertiga lebih dari pusat perekonomian yang ada di Jawa Barat berada di kota ini. Oleh karena itu sangat cocok bagi para investor baik itu bidang perhotelan, sarana dan prasarana, pusat perbelanjaan untuk menanamkan modalnya di kota Priangan timur ini. Kota Tasikmalaya membuka peluang yang sebesar-besarnya bagi para investor untuk berinvestasi di kota ini.  Kota Tasikmalaya sendiri berpenduduk sekitar 700 ribuan, sehingga sangat potensial untuk dijadikan pangsa pasar investasi.

Tidak hanya pengusaha yang mempunyai modal besar yang bisa berbisnis di Kota Tasikmalaya, namun pengusaha menengah ke bawah juga bisa memanfaatkan potensi di Tasikmalaya untuk menjadi pebisnis yang sukses. Salah satu usaha yang menjadi pilihan  adalah beternak ayam kampung.

Salah satu makanan khas Kota Tasikmalaya adalah Tutug Oncom atau yang biasa disebut TO. Makanan ini disajikan dengan nasi hangat dengan sambal goang, sayur lalapan, tahu tempe dan ayam goreng atau ikan asin. Oleh karena itu, tidak heran jika permintaan daging ayam di Kota Tasikmalaya tergolong tinggi.

Tutug Oncom salah satu makanan khas daerah Tasikmalaya

Ini menjadi peluang bagi wirausaha yang mempunyai modal yang tidak besar. Salah satu hewan ternak yang dagingnya cukup diminati adalah ayam kampung. Namun, banyak sekali kekurangan beternak ayam kampung biasa. Inovasi pun terus bermunculan untuk mengatasi masalah ini, salah satunya adalah menyilangkan dua jenis ayam yang berbeda dengan tujuan untuk menghasilkan anakan yang mewarisi sifat baik kedua induknya, salah satunya adalah ayam kampung super atau juga dikenal dengan sebutan ayam joper.

Ayam JOPER adalah persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan petelur betina
Ayam JOPER adalah persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan petelur betina

Keunggulan beternak Ayam JOPER/ Kampung Super

Beternak ayam kampung super relatif lebih singkat dibandingkan dengan beternak ayam kampung biasa. Ayam kampung super dapat dipanen pada umur 60 hari. Sementara ayam kampung biasa bisa dipanen ketika umurnya sudah mencapai 70 – 80 hari. Perbandingan yang cukup jauh memang membuat ayam kampung super mulai dilirik oleh banyak peternak. Peminat dari tahun ke tahun semmakin tinggi sehingga menjadikan ayam kampung super cukup populer.

1 bok DOC Joper isi 100 ekor
DOC JOPER (Ayam Kampung Super)

Selain dikenal sebagai ayam yang cepat panen, ternyata jenis ayam ini juga memiliki daya tahan tubuh yang tinggi dibanding dengan jenis ayam lainnya. Dengan daya tahan tubuh yang tinggi dan cepat panen inilah yang menjadi daya tarik utama bagi masyarakat dan peternak untuk lebih mengembangkan bisnis ayam pedaging ini.

Untuk mengetahui keunggulan – keunggulan lainnya, berikut point – pointnya :

  1. Masa panen yang cepat selama 60 hari. 
  2. Bobot yang dihasilkan 0,8 – 1,1 kg.
  3. Kuat dan tahan penyakit
  4. Harga daging yang stabil 
  5. Citarasa daging yang sama dengan ayam kampung.
  6. Kualitas daging lebih baik 

Daging JOPER Menjadi Primadona Masyarakat

Beternak ayam kampung saat ini memang memiliki peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Dengan tingginya tingkat konsumsi daging ayam kampung ini dapat dijadikan target pasar yang cukup potensial.

Salah satu olahan daging ayam joper yang dijadikan Ayam Bakar untuk dijaikan kuliner di Indonesia.

Citarasa yang terkandung di dalam daging ayam kampung lebih diminati masyarakat Indonesia khususnya Tasikmalaya dibanding dengan daging ayam broiler. Olahan makanan yang berbahan dasar daging ayam kampung seakan akan mejadi primadona tersendiri bagi penikmat kuliner. Selain citarasnya yang gurih dan lezat, kandungan gizi yang terdapat pada daging joper memiliki asupan protein yang tinggi dan rendah lemak.

Harga DOC Ayam JOPER di Tasikmalaya

DOC Ayam Joper biasanya memiliki harga yang stabil. Untuk kenaikan harga biasnya di harga antara 6000 – 6500 per ekornya. Tetapi untuk peminat Ayam Kampung pun cenderung tidak pernah surut. Disetiap harinya kami dari hobiternak alhamdulilah selalu menerima orderan untuk pemesanan DOC JOPER, baik untuk pengiriman ke wilayah Jawa dan Luar Pulau Jawa.

Untuk harga doc ayam joper tasikmalaya, doc ayam joper garut dan sekitarnya untuk jawa barat sebagai berikut :

Daftar Harga DOC Ayam Kampung Super (JOPER) untuk Pulau Jawa : 
JOPER KAMSI JOPER
Rp 5.800 / ekor Rp 6.900 / ekor

*1 Bok berisi 100 Ekor
*Pembelian 1 atau 2 Bok tambah ongkos kirim 100rb bila diatas 3 Bok GRATIS ongkos kirim
*Harga bisa sewaktu-waktu berubah*

Pada umunya untk menjaga DOC agar selalu dalam keadaan fit saat pengiriman biasnya kami mengirimkan menggunakan via kereta. Melihat daerah Jawa Barat merupakan provinsi yang banyak kompleks Industri, makan transportasi untuk menuju ke daerah tersebut dapat dicapai dengan mudah. Seperti menggunakan kereta api ini. 

DOC Ayam JOPER yang kami kirimkan menggunakan kereta biasanya kami kirimkan pada sore hari untuk estimasi kedatangan biasnya pada pukul 8 pagi. 

Bagi Anda yang berminat untuk mengembangkan ternak Ayam Kampung Super (JOPER). Kami dri hobiternak menyediakan DOC Ayam Kampung untuk diternakan. Silahkan hubungi kami kapan saja untuk pemesanannya : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait:
doc ayam kampung super tasikmalaya, harga dod ayam kampung super tasikmalaya, jual bibit DOC atau Bibit Ayam Kampung Super (JOPER), ternak DOC atau Bibit Ayam Kampung Super (JOPER), bibit doc ayam kampung super di tasikmalaya, budidaya ayam kampung super tasikmalaya

*Duwi Kristinawati*


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: