Harga Ayam Serama yang Tetap Stabil dari Tahun ke Tahun

Harga Ayam Serama yang Tetap Stabil dari Tahun ke Tahun

Harga Ayam Serama yang Tetap Stabil dari Tahun ke Tahun

Harga ayam serama yang cukup stabil dari tahun ke tahun, ayam serama merupakan hasil persilangan dari ayam kate. Dengan penampilan yang unik dan mungil, ayam serama menyandang predikat ayam terpendek didunia. Saat ini ayam serama, mulai melebarkan sayap dikancah ayam hias. Keberadaannya cukup digandrungi oleh para penghobi. Tak sekedar itu, ayam serama sering diikutsertakan dalam sebuah kontes. Ayam yang suka membusungkan dadanya ini mempunyai julukan yaitu ayam sombong dan ayam yang pintar bergaya.

harga ayam serama yang stabil dari tahun ke tahun

Ayam Serama

 

Perjalanan sejarah ayam serama sangat panjang. Bermula dari sebuah eksperimen yang dilakukan oleh pak Wee yang berasal dari kampung Cina, Kota Baru, Kelantan, Malaysia. Proses dari bereksperimen beliau ini membutuhkan waktu sangat panjang, hingga beliau mendapatkan ayam serama dengan postur kredil dan membusung ini. Pada awalnya bereksperimen pak Wee menyilangkan ayam kapan dengan ayam silkie pada tahun 1973. Dalam persilangan tersebut, ternyata belum menghasilkan apa yang diharapakan pak Wee. Belajar dari pengalaman, pak Wee lantas tidak patah semangat untuk melakukan eksperimen lagi. Pada tahun 1980-an pak Wee memperoleh ayam kapan kecil seperti silkie. Pada tahun 1985 datanglah beberapa ayam katai jepang yang mengugah pak Wee untuk menyilangkan kembali tersebut dengan ayam kapai. Namun hasilnya lagi-lagi bukan yang diharapkan, karena bobot yang masih dianggap terlalu besar dan berat.

Dan pada akhirnya pada tahun 1988, pak Wee menyilangkan keturunan dari hasil persilangan tersebut dengan kate jepang pilihan. Hasil yang didapatkan adalah ayam liliput dengan bobot 500 gram pada tahun 1990. Segi fisiknya pun ikut berubah, dari kepala yang kecil dan sayap yang menggantung menjuntai ke bawah. Sehingga terlihat ramping dan ekor lawi lurus menjulang. Nama serama sendiri diambil dari nama tokoh Sri Rama dalam epos Ramayana yang diperkenalkan pertama kali dan mengikuti kontes ayam hias di Batu Pahat pada tahun1990-an. Nah ini adalah cerita singkat dari sejarah ayam serama.

Ayam Serama

Ayam Serama

harga ayam serama yang stabil dari tahun ke tahun

anakan ayam serama

Dari tahun ke tahun ayam serama mulai dikenal dimasyarakat. Permintaannya pun mulai meningkat, mengingat ayam serama dianggap oleh masyarakat merupakan ayam hias. Perlombanan atau kontes sering kali diadakan untuk menguji kemampuan dari ayam serama. Harga ayam serama ini cukup bersahabat, adapun harga dari anakan dan indukan dijual dengan harga yang berbeda. Dari peternak menjualnya menurut usia ayam serama. Harga yang bersahabat membuat harga ayam serama dari tahun ke tahun relatif tetap stabil. Sebenarnya nilai jual ayam serama cukup tinggi dibanding dengan nilai jual ayam jenis lain. Persaingan yang cukup ketat dikalangan ayam hias, persaingan tidak ada didalam kamus ayam hias, oleh karena itu tidak membuat harga dari ayam serama ini masih stabil. Jenis ayam hias yang ada didunia cukup banyak, tetapi ini bukan penyebab dari harga ayam serama yang stabil.

Namun tidak membuat ayam serama ini kehilangan pamornya dihadapan penggemar, ayam serama ini masih menjadi rujukan bagi para penghobi ayam hias. Harga yang stabil dari tahun ke tahun tidak menyurutkan para peternak untuk meternakannya ayam serama.

Sekian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda.

Kata terkait :

harga ayam serama 2017, jual serama kontes, harga ayam serama kontes, jual serama murah, anakan serama kualitas kontes, jenis jenis serama, kandang serama, harga ayam kate 2017.

**Dwi Sri Rahayu**

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
ayam serama
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply