5 Cara Membedakan Ciri-ciri Telur Busuk atau Tidak

Siapa yang belum mengetahui apa itu telur??? Tentu semua sudah mengetahuinya ya. Telur adalah hasil dari hewan unggas yang bisa dikonsumsi oleh manusia dan memiliki banyak kandungan manfaat di dalamnya.

Banyak jenis telur yang bisa di konsumsi oleh manusia contohnya telur ayam, telur bebek dan telur burung puyuh. Masing-masing memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda-beda.

Salah satu jenis telur yang sering di konsumsi oleh manusia yaitu telur ayam. Telur ayam menjadi salah satu bahan makanan pokok yang dapat dikonsumsi serta memiliki banyak manfaat.

Sebelum mengolah telur menjadi masakan, cek dulu apakah telur tersebut busuk atau tidak | image 1
Sebelum mengolah telur menjadi masakan, cek dulu apakah telur tersebut busuk atau tidak | image 1

Manfaat telur ayam bagi tubuh yaitu bisa menjaga kesehatan tubuh, menjaga stamina tubuh, menjaga kesehatan mata, membantu perkembangan otak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Saat membeli telur ayam atau mau mengolah telur ayam menjadi makanan siap konsumsi tentu kita perlu mengecek apakah telur tersebut masih dalam keadaan bagus atau tidak.

Karena kadang ada saja telur yang di jual atau saat telur di simpan terlalu lama menjadi busuk sehingga tidak layak untuk diolah.

Nah, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk memastikan telur yang mau kita olah benar-benar tidak dalam keadaan busuk? Apabila belum mengetahui, silahkan bisa simak informasi dibawah ini ya

Telur ayam masuk dalam salah satu bahan makanan yang paling banyak di konsumsi oleh manusia | image 2
Telur ayam masuk dalam salah satu bahan makanan yang paling banyak di konsumsi oleh manusia | image 2

Cara Membedakan Ciri-ciri Telur Busuk atau Tidak

1. Kocok Telur

Cara pertama untuk mengetahui telur dalam keadaan busuk atau tidak yaitu dengan mengocok telur tersebut. Ciri-ciri telur busuk yaitu apabila di kocok akan mengeluarkan suara seperti cairan berdesir di dalam.

Baca Juga!  7 Cara Rahasia Kandang Ayam Tanpa Bau

Sebaliknya, jika telur di kocok tidak terdengar suara maka bisa dipastikan kalau telur tersebut normal, masih dalam keadaan bagus dan masih layak untuk di olah menjadi makanan.

2. Rendamlah telur di dalam air

Cara kedua yaitu cobalah rendam telur tersebut ke dalam air. Anda tinggal menyiapkan baskom, mangkuk atau gelas lalu tuangkan air ke tempat tersebut.

Ciri jika telur dalam keadaan busuk maka telur akan otomatis mengapung, namun sebaliknya jika telur masih dalam keadaan bagus maka telur akan tenggelam ke bawah.

Ada juga telur yang posisinya mengapung tapi dalam posisi berdiri di ujung pada bagian bawah.

Tenang saja jika telur dalam posisi seperti itu masih dapat di konsumsi, hanya saja telur sudah tidak segar lagi.

Ini adalah contoh telur yang segar. Ia tenggelam saat di masukkan ke dalam air | image 3
Ini adalah contoh telur yang segar. Ia tenggelam saat di masukkan ke dalam air | image 3

Baca juga : 

3. Lihat tekstur dan warna putih telur

Untuk melihat warna kuning dan putih telur Anda perlu memecah dahulu telur tersebut. Jika telur dalam keadaan busuk biasa cirinya yaitu putih telur lebih encer dan ada bau busuk yang menyengat.

Sebaliknya jika telur masih segar biasanya saat dipecah telur berwarna kuning cerah atau orange. Kuning telur juga akan berada di tengah dengan putih telur yang merata menutupi kuning telur.

4. Bau telur

Telur busuk atau tidak bisa dicek dari bau atau aromanya. Untuk telur yang busuk biasanya berbau atau beraroma tidak segar dan menyengat.

Sedangkan telur yang masih segar, bau atau aromanya tidak menyengat.

5. Berat telur

Telur yang masih segar biasanya lebih berat, sedangkan telur yang busuk biasanya bobotnya lebih ringan.

Telur yang masih segar biasanya bobotnya berat | image 4
Telur yang masih segar biasanya bobotnya berat | image 4

Gimana masih bingung membedakan telur busuk atau tidak? Semoga sudah tidak bingung lagi ya hehe

Baca Juga!  Inilah 2 Cara Mudah Mengatasi Penyakit Bubul Ayam

Bagi Anda yang sedang mau membuka usaha ternak ayam petelur, kami dari hobiternak.com menyediakan bibit atau DOC Ayam Petelur Merah usia baru saja menetas. Pengiriman dapat menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia. 

Untuk pemesanan silahkan hubugi layanan pelanggan kami di nomor bawah ini :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA