Bagaimana Cara agar Mendapatkan Hasil yang Optimal Dari Beternak Ayam Kampung Super

Bagaimana Cara agar Mendapatkan Hasil yang Optimal Dari Beternak Ayam Kampung Super?

Banyak diantara masyarakat mempunyai pekerjaan sesuai hobi yang disukainya. Dari pekerjaan itu bila ditekuni maka hasilnya akan bagus. Hal tersebut tak mengherankan, mengingat aktivitas pekerjaan mereka tidak dianggap suatu pekerjaan melainkan suatu aktivitas yang berhubungan dengan hobi. Seperti halnya ternak ayam kampung, bila kita menganggap memberi makan ayam, membersihkan kandang, memberi vaksinasi merupakan pekerjaan yang menyenangkan tentu hasilnya pun akan optimal.

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Bagi penduduk pedesaan, ternak unggas masih dianggap sampingan dan hanya dijadikan sumber protein keluarga. Ternak ayam belum dipandang sebagai suatu profesi yang bisa menghasilkan pendapatan yang lumayan bagi keluarga. Maka tak mengherankan bila hasil yang didapat belum optimal. Mereka masih membiarkan ternak berkeliaran mencari makan sendiri. Bahkan pada saat hujan, unggas akan mencari tempat berteduh sendiri. Dari perlakuan tersebut, tak heran produktivitas telur dan daging unggas mereka masih rendah. Peternak juga kurang memahami cara menyilangkan unggas mereka agar mendapatkan anakan yang berkualitas.

Bagaimana kiat kita agar mendapatkan hasil daging Ayam Kampung Super yang optimal ?

Beberapa kiat agar ternak kita menghasilkan produktivitas daging yang optimal adalah dengan :

  1. Ternak secara intensif.

  2. Bibit yang benar-benar unggul.

  3. Sumber daya manusia potensial.

  4. Mempunyai jaringan pemasaran hasil panen.

  5. Manajemen pemeliharaan yang baik.

Pengiriman DOC Ayam Kampung Super
Pengiriman DOC Ayam Kampung Super

Ternak secara intensif

Telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya tentang keunggulan ternak secara intensif. Dalam beternak intensif, peternak menyediakan kandang, pemberian pakan dan minum, pemberian suplemen dan vaksinasi secara teratur sehingga ayam banyak berada di kandang dan menggunakan energi secara terbatas. Sehingga pertumbuhan badan cepat. Dalam waktu 55-60 hari jika dipelihara intensif sudah dapat dipanen dengan berat badan 0,9-1 kg. Sedangkan jika diumbar pada waktu umur 4 bulan ke atas baru dapat dipetik hasilnya dengan berat sekitar 1,3 kg. Jadi jelas lebih efektif menggunakan cara intensif dan hemat pakan.

Bibit yang benar-benar unggul

Bibit berkontribusi sekitar 20% dalam usaha ternak ayam kampung super. Bibit atau DOC Ayam Kampung Super unggul hasil persilangan ayam bangkok dengan ayam petelur.

Kriteria DOC yang berkualitas adalah sehat dan tidak cacat, berdiri tegap, lincah, mata bersinar, bulu bersih dan mengkilap, berat sekitar 40-50 gram/ ekor.

Mempunyai jaringan pemasaran hasil panen

Saat ini permintaan daging Ayam Kampung Super cukup tinggi sehingga peternak tidak kesulitan dalam menjualnya. Ayam joper masih mempunyai pangsa pasar sendiri dan tidak bisa diganti oleh daging ayam brolier. Seperti kita ketahui tekstur dan rasa daging broiler dan daging ayam kampung cukup berbeda. Hal itu membuat peternak yakin dengan pemasaran Ayam Kampung Super namun jika memiliki jaringan pemasaran tetap lebih baik karena berapapun hasil ternak dapat dengan cepat diserap oleh pasar.

Pada umumnya daging Ayam Kampung Super diserap restoran besar yang menyediakan menu berbahan dasar ayam kampung untuk penggunaannya tidak bisa digantikan oleh daging broiler. Rumah makan dan restoran biasanya menghendaki daging ayam yang mempunyai berat 800 gram- 1 kg.

Manajemen pemeliharaan yang baik

Manajemen pemeliharaan meliputi pemberian makanan, minuman yang diikuti vaksinasi serta didukung perkandangan yang memenuhi syarat kesehatan dengan sanitasi dan ventilasi yang bagus. Pakan menyumbang kontribusi 40% dari keberhasikan suatu usaha. Untuk itu dengan memberikan pakan dan minum yang bergizi akan mendukung keberhasilan usaha ternak ayam kampung super.

Pengiriman DOC Ayam Kampung Super
Pengiriman DOC Ayam Kampung Super

Pemberian pakan diberikan sesuai tingkatan umur:

  • DOC-umur 1 minggu sebanyak 7 gram/ hari/ ekor

  • Umur 1-2 minggu sebanyak 11 gram/ hari/ ekor

  • Umur 2-3 minggu sebanyak 17 gram/ hari/ ekor

  • Umur 3-4 minggu sebanyak 25 gram/ hari/ ekor

  • Umur 4-5 minggu sebanyak 30 gram/ hari/ ekor

  • Umur 5-6 minggu sebanyak 35 gram/ hari/ ekor

  • Umur 6-7 minggu sebanyak 45 gram/ hari/ ekor

  • Umur 7-8 minggu sebanyak 50 gram/ hari/ ekor

  • Umur 60-65 hari sebanyak 60 gram/ hari/ ekor.

DOC Ayam Kampung SuperDOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Dari uraian tersebut jelas terlihat bahwa potensi budidaya ayam kampung sangat terbuka luas. Sangat disayangkan bila peluang itu tidak kita manfaatkan sebaik-baiknya. Dengan modal yang tidak begitu besar, peluang bisnis ini sangat sesuai bagi para pemula atau peternak yang ingin meningkatkan taraf hidup keluarga dan masyarakat sekitar.

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait:

Harga ayam kampung super petelur, ternak ayam kampung super, men-jual ayam kampung jantan pedaging, budidaya ayam kampung petelur, kandang untuk ayam kampung super ukuran 1 meter, ternak Ayam Kampung Super, Peternak Ayam Kampung Super, jual Ayam Kampung Super, sedia Ayam Kampung Super, penyedia Ayam Kampung Super, tempat penyedia Ayam Kampung Super, jual DOC Ayam Kampung Super, harga DOC Ayam Kampung Super

**Yuni Ambarwati**

Leave a Reply

%d bloggers like this: