Cara Mengawinkan Ayam Cemani

Bisnis Mudah dengan Ternak Ayam Cemani Asli

Meskipun hanya beternak, kita juga harus mencari ilmu beternak terlebih dahulu agar menghasilkan hewan ternak berkualitas dan sehat. Berbeda jenis unggas, berbeda pula perlakuannya. Secara umum memang sama, namun ada sedikit perbedaan yang harus diperhatikan. Kali ini kita akan membahas mengenai cara ternak ayam cemani asli.

Ternak Ayam Cemani Asli
Ayam Cemani

Ayam cemani adalah ayam asli Indonesia yang berasal dari Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Hampir diseluruh bagian tubuhnya berwarna hitam, kecuali darah dan lidahnya. Darah ayam cemani berwarna merah tua layaknya warna darah ayam kampung pada umumnya. Sedangkan lidah ayam cemani berwarna abu-abu atau terkadang berwarna putih. Sedangkan telur ayam cemani berwarna putih tulang atau kemerah-merahan, warna hitam akan muncul setelah embrio mulai tumbuh.

Ternak Ayam Cemani Asli
Model Pengiriman Telur Cemani

Karena warnanya yang hitam, ayam cemani selalu dikaitkan mitos ayam cemani. Tak heran, karena sejarah ayam cemani yang sangat kental dengan hal mistis. Meskipun demikian, permintaan ayam cemani untuk diternakkan atau hanya untuk koleksi cukup banyak. Permintaan ayam cemani untuk ritual, upacara, tumbal, atau untuk jimat memang lebih banyak, namun kami tidak bisa melayani pembelian ayam cemani untuk hal-hal seperti itu. Misteri ayam cemani mungkin akan sulit dihilangkan dari masyarakat.

Lalu apa sih manfaat ayam cemani itu?

Sebenarnya ayam cemani juga bisa dikonsumsi dan rasanya pun tidak kalah dengan daging ayam biasa. Tapi mungkin karena langka dan harganya sangat mahal membuat pemilik merasa sayang apabila dikonsumsi. Ditambah lagi warnanya yang hitam, membuat kebanyakan orang ngeri ketika akan memasaknya bahkan mengkonsumsinya. Sebagian orang meyakini bahwa khasiat ayam cemani sangat banyak.

Kandang ayam cemani

Sebelum beternak, hal pertama yang harus disiapkan setelah modal dan ilmu yaitu kandang. Bagaimana cara membuat kandang ayam cemani? Kandang disesuaikan dengan umur ayam cemani. Jika masih DOC atau bibit, kandang berupa kotak atau box yang diberi lampu sebagai penghangat. Anakan ayam cemani sangat rentan terhadap suhu rendah. Setelah umur sekitar 3 bulan, kandang berupa kandang umbaran yang bisa memuat banyak. Namun, ketika ayam akan dikawinkan, ayam cemani dipindahkan ke dalam kandang yang lebih kecil, yang hanya bisa memuat sekitar 6 ekor ayam cemani dewasa dengan 1 jantan dan 5 betina. Cara mengawinkan ayam cemani bisa dikatakan cukup mudah. Mengawinkan ayam cemani bisa secara alami atau dengan inseminasi buatan.

Ternak Ayam Cemani Asli

Makanan ayam cemani

Makanan ayam cemani yaitu kosentrat untuk cemani anakan atau DOC. Bisa berupa voer atau BR murni, tidak dicampur dengan apapun. Ketika ayam cemani sudah berumur 3 minggu, pakan bisa dicampur dengan pakan tambahan seperti jagung giling, bekatul dan campuran pakan lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk menekan biaya pengeluaran pakan.

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis ayam hias termasuk diantaranya ayam cemani. Kami menyediakan dari telur, anakan, remaja hingga dewasa dan dapat mengirimkan ke wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami sekarang untuk mengetahui daftar harga ayam cemani di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait :
darah ayam cemani, telur ayam cemani, mitos ayam cemani, makanan ayam cemani, misteri ayam cemani, khasiat ayam cemani, sejarah ayam cemani,

<Duwi Kristinawati>

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual Telur, Anakan, Remaja hingga usia Dewasa Ayam Cemani
No HP
0856 4772 3888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: