kegunaan ayam cemani walik

hobiternak.com Jual Ayam Cemani Walik Sebagai Hiasan Berkualitas

Ayam Cemani Walik merupakan jenis ayam hias yang ada di Indonesia. Kata walik berasal dari bahasa Indonesia yang berarti terbalik, merujuk pada bulu di  tubuhnya yang terbalik. Ayam ini memiliki pesona dan keunikan tersendiri bagi sebagian kolektor maupun penghobi ayam hias. Sebenarnya tidak banyak budidaya ayam cemani walik ini maka dari itu wajar bila harga ayam ini mencapai dua kali lipat dibandingkan dengan ayam cemani biasa.

Mayoritas ayam cemani memiliki warna hitam diseluruh tubuhnya. Sejak zaman kerajaan Majapahit ayam ini merupakan ayam yang berasal dari wilayah Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah . Ayam ini pertama kali dimiliki oleh Ki Ageng Mangkuhan. Namun, pada saat itu  ayam cemani memiliki paruh dengan warna putih dan digunakan untuk mengobati penyakit seorang anak pejabat di daerah Ki Ageng Mangkuhan dan akhirnya anak tersebut terbebas dari penyakit yang dideritanya.

ayam cemani walik
ayam cemani walik

Ayam cemani dapat dikawinkan dengan ayam lain yang sama memiliki warna hitam. Setelah dikawinkan, ayam yang menetas justru berwarna hitam legam, termasuk paruhnya juga berwarna hitam. Oleh sebab itu, ayam ini disebut ayam cemani. Nama tersebut diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya ayam hitam legam.

Ayam cemani dikelompokkan sebagai berikut:

A. Berdasarkan Jengger

  1. Ayam cemani wilah, yaitu jenis ayam cemani yang memiliki bentuk jengger melebar keatas
  2. Ayam cemani sumpel, yaitu jenis ayam cemani yang memiliki bentuk jengger sumpel atau berbentuk bulat kecil
  3. Ayam cemani telon, yaitu jenis ayam cemani yang memiliki bentuk jengger agak melebar dan bercabang sejumlah 3 bagian (bagian tengah dan pinggir)
  4. Ayam cemani mahkota/mawar, yaitu jenis ayam cemani yang memiliki bentuk jengger seperti menyerupai mahkota

B. Berdasarkan Bulu

  1. Ayam cemani bulu biasa, yaitu jenis ayam cemani yang memiliki bulu seperti bulu ayam pada umumnya akan tetapi berwarna hitam
  2. Ayam cemani bulu walik, yaitu jenis ayam cemani yang memiliki bentuk bulu menyingkap terbalik
  3. Ayam cemani rajeg (bulu besi/bulu lidi), yaitu jenis ayam cemani yang memiliki bentuk bulu menyerupai lidi atau bulu besi
  4. Ayam cemani putih/klawu (abu-abu)/blorok, yaitu jenis ayam cemani yang seluruh bulunya berwarna hitam, tetapi memiliki bulu warna putih/abu-abu/hitam merah (blorok)

C. Berdasarkan Kulit Dan Lidah

  1. Ayam cemani biasa, yaitu jenis ayam cemani yang memiliki kulit hitam tetapi lidah berwarna abu-abu
  2. Ayam cemani super, yaitu jenis ayam cemani yang memiliki kulit seperti ayam cemani biasa tetapi tekstur hitamnya lebih pekat dari ayam cemani pada umumnya
  3. Ayam cemai asli LH (Lidah Hitam), yaitu jenis ayam cemani yang memiliki kulit keseluruhan berwarna hitam, termasuk lidah

Dari berbagai jenis ayam cemani yang sudah dijelaskan diatas, ayam  ini tetap mempunyai harga yang variatif. Harga ayam cemani ditentukan berdasarkan jenis, umur, dan kualitas ayam. Semakin dewasa dan baik kualitas ayam maka harga ayam cemani pun semakin tinggi.

Berikut merupakan daftar Harga Ayam Cemani Walik Per Ekor :

Ayam Cemani Walik 1 Bulan   @ Rp 175,000
Ayam Cemani Walik 2 Bulan   @ Rp  250,000
Ayam Cemani Walik 3 Bulan   @ Rp 350,000
Ayam Cemani Walik 4 Bulan   @ Rp 500,000
Ayam Cemani Walik 5 Bulan   @ Rp 600,000
Ayam Cemani Walik Dewasa  @ Rp 875,000

Di hobiternak.com Tidak Melayani Pembelian Ayam untuk Acara Ritual atau Pengobatan dan sejenisnya.

Kegunaan Ayam Walik :

  1. Menyembuhkan luka keseleo                                                                                                                     Pada lemak daging ayam cemani terdapat kandungan minyak. Minyak yang terdapat dalam ayam cemani ini mampu mengatasi luka dalam seperti terkilir dan keseleo.
  2. Meningkatkan vitalitas pria                                                                                                                   Menurut kepercayaan masyarakat, ayam cemani mampu meningkatkan vitalitas pria ketika berhubungan intim. Caranya dengan meminum darah ayam cemani atau dengan telurnya tetapi juga ditambah dengan madu.

Mitos Ayam Walik:

  1. Sebagai tumbal                                                                                                                                               Dalam dunia mistis, ayam cemani walik sering digunakan untuk tumbal. Daging, tulang dan darah ayam cemani walik yang berwarna hitam dipercaya sebagai makanan kesukaan jin, dedemit, iblis dan berbagai jenis makhluk halus lainnya.
  2. Untuk ritual Ayam walik biasanya dimanfaatkan untuk ruwat atau syukuran bumi, laut, gunung dan laiinya. Ayam ini dipercaya juga untuk memikat lawan jenis bagi orang yang sulit mendapatkan jodoh.

Di hobiternak.com ini menjual berbagai aneka ayam hias. Di tempat kami juga jual beli ayam hias berbagai jenis. Anda bisa mengunjungi laman web kami yaitu hobiternak.com. Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam cemani walik yang berkualitas. Kami siap mengirimkan ke seluruh Indonesia untuk semua daerah yang terjangkau kargo hewan. Bagi Anda yang menginginkan telur Ayam Cemani Walik untuk di tetaskan sendiri kami juga menyediakannya.  :

Call/SMS :

0812 2028 8686

Call/SMS/WHATSAPP :

08564 77 23 888

Email :
hobiternakmail@gmail.com

 

Kata Terkait:

harga ayam cemani walik, budidaya ayam cemani walik, kegunaan ayam walik, mitos ayam walik, jual beli ayam hias, harga telur ayam hias, aneka ayam hias,

Meilani Sawitri

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
ayam cemani walik
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: