Mari Mengenal Asal Daerah Ayam Cemani Yang Fenomenal

cara menghitamkan lidah ayam cemani

Asal Daerah Ayam Cemani – Ayam Cemani merupakan salah satu ayam yang banyak diminati penggemar ayam hias. Ayam Cemani adalah ayam lokal asli Indonesia. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, saat ini Ayam Cemani sudah menyebar hingga keluar negeri. Hal itu disebabkan karena keunikan yang dimilikinya. Ayam Cemani berasal dari suatu wilayah di  Kedu Temanggung Jawa Tengah. Ayam Cemani adalah ayam yang mempunyai karakteristik unik dimana bulu, daging, dubur dan jeroannya berwarna hitam. Ayam Cemani mulai dikenal pada abad ke 15 pada masa kerajaan Majapahit. Konon pemilik pertama adalah seorang petapa sakti yaitu Ki Ageng Mangkuhan. Petapa ini telah berhasil mengobati penyakit putra salah satu pejabat pada saat itu. Hingga kini banyak orang yang meyakini bahwa ayam cemani merupakan ayam yang dapat menjadi obat berbagai jenis penyakit.

asal daerah ayam cemani
Ayam Cemani Dewasa Jantan

Cara merawat ayam cemani sebenarnya sama seperti ayam kampung biasa. Dalam pemeliharaan Ayam Cemani dapat di letakkan dalam kandang postal, kandang ren atau kandang setengah tertutup, kandang cage atau kandang panggung. Pemeliharaan dengan cara diumbarkan atau dilepas juga bisa hanya saja untuk menjaga agar Ayam Cemani tidak tercampur atau terjadi perkawinan dengan jenis lain maka perlu diberikan kandang penyekat. Ayam Cemani yang telah berumur 8 bulan telah memasuki usia produksi maka dapat diletakkana dalam kandang baterai atau kandang postal dengan komposisi 1 jantan 5 betina. Untuk kandang baterai komposisi 1 jantan 1 betina. Ayam Cemani dapat berproduksi sekitar 12 – 16 butir bahkan lebih per ekor. Setelah 21 hari maka telur ayam cemani dapat menetas. Cemani termasuk ayam yang dapat mengerami sendiri telur yang diproduksinya. Jika ingin memaksimalkan produktivitas, kita bisa menitipkan telur pada mesin penetas telur atau indukan ayam lain.

Saat ini ayam cemani belum menyebar secara luas di seluruh Indonesia. Sehingga banyak masyarakat yang belum mengetahui harga untuk ayam cemani. Daftar harga ayam cemani saat ini adalah :

1 bulan Rp100.000,- / ekor

2 bulan Rp150.000,- / ekor

3 bulan Rp200.000,- / ekor

4 bulan Rp250.000,- / ekor

5 bulan Rp300.000,- / ekor

Dewasa Rp550.000,- / ekor

Saat ini yang menjadi perbincangan sebagian pecinta ayam hias adalah darah ayam cemani. Ayam Cemani sendiri menurut mitos berwarna hitam dan lidahnya juga berwarna hitam. Setelah pengamatan tidak ada Ayam Cemani yang berdarah hitam. Ayam Cemani sendiri mempunyai warna hitam dikeseluruhan bagian tubuh disebabkan kelainan genetik yang dimilikinya. Jadi misteri ayam cemani yang banyak diperdebatkan oleh banyak kalangan sudah dapat dibuktikan secara medis.

Banyak yang tertarik untuk mengembangkan ayam cemani ini. Cemani sendiri ternyata mempunyai 3 jenis yaitu Cemani Widitra, Cemani Warastratama dan Kaikayi. Selama ini berkembang tentang mitos ayam cemani yang menyatakan bahwa ayam cemani dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Mitos tersebut berkembang sejak pertama berkembangnya ayam cemani hingga saat ini. Ternyata perkembangan zaman tidak serta merta merubah pandangan orang tentang ayam cemani.

Saat ini manfaat daging ayam cemani adalah untuk mengobati penyakit yang berkaitan dengan kesuburan pria. Selain itu pemanfaatan daging secara umum masih jarang disebabkan harganya yang cukup mahal. Hal itu juga menyebabkan belum berkembangnya ayam cemani menjadi ayam konsumsi seperti ayam kampung biasa. Bisa kita lihat, sangat jarang sekali  bahkan belum ditemukan sate ayam cemani, opor ayam cemani, cemani panggang, mie ayam cemani, kari ayam cemani dan menu kuliner berbahan ayam cemani. Hal ini masih menjadi peluang bisnis yang baik meskipun menu diatas peminatnya dari kalangan menengah ke atas.

Dengan perkembangan zaman yang kian maju, dimana keberadaan ayam cemani banyak mendapat persaingan dari jenis ayam hias yang lain. Untuk itu perlu ditingkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan dan menjaga populasi ayam cemani agar tidak hilang atau punah.

asal daerah ayam cemani

Kami dari Jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam hias termasuk diantaranya ayam cemani. Kami menyediakan dari telur, anakan, remaja hingga dewasa dan dapat mengirimkan ke wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami sekarang untuk mengetahui daftar harga ayam cemani di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait :
misteri ayam cemani, cara merawat ayam cemani, daftar harga ayam cemani, darah ayam cemani, mitos ayam cemani, manfaat daging ayam cemani, ayam cemani adalah,

** Yuni Ambarwati**

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Cemani
No HP
0856-4772-3888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: