Ayam Kampung Super

5 Persiapan yang Dibutuhkan Saat Memanen Ayam Kampung Super

Beberapa Persiapan yang Dibutuhkan Saat Memanen Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super dapat dipanen pada waktu yang lebih cepat dibandingkan ayam kampung biasa. Jika ayam kampung biasa mulai dapat dipanen pada umur 4 bulanan maka untuk ayam kampung super dapat dipanen pada saat berumur 2 bulan saja. Waktu panen akan mempengaruhi berat badan ayam. Jika dipanen pada saat umur 6 minggu maka kisaran berat badan ayam 0,7 – 0,9 kg per ekor sedangkan jika dipanen pada saat umur 12 minggu maka berat badan ayam bisa mencapai 1,1 kg bahkan lebih.

Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super

Apa Persiapan yang perlu dilakukan dalam memanen Ayam Kampung Super?

Sebelum kita melakukan pemanenan ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan oleh peternak Ayam Kampung Super:

  1. Ayam yang akan dipanen adalah ayam yang sehat. Jika ada yang sakit maka perlu dikarantina dalam kandang terpisah dan diberi pengobatan secukupnya. Setelah kembali pulih seperti sedia kala maka perlu waktu agar bobotnya bisa ideal saat melakukan pemanenan, suhu di sekitar kandang usahakan dalam kondisi tidak panas. Waktu yang tepat yaitu pada pagi dan sore atau malam hari.

  2. Berikan cukup pakan untuk ayam yang akan dipanen.

  3. Bila ayam yang dipanen langsung didistribusikan ke lain wilayah maka sebaiknya perlu diberi vitamin terlebih dahulu. Hal tersebut untuk mengantisipasi ayam menjadi cepat lelah karena jauhnya perjalanan yang ditempuhnya.

  4. Bila memungkinkan perlu meminta Surat Keterangan Kesehatan Hewan dari pihak berwenang.

  5. Sebelum memanen perlu dipersiapkan berbagai peralatan seperti tali, timbangan, sekat kandang, nota dan tenaga kerja.

Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super

Agar ayam yang akan dipanen tidak stress maka perlu trik diantaranya:

  1. Tempat pakan dan minum digantung beberapa jam sebelumnya agar berat badan lebih nyata, bukan karena temboloknya penuh dengan pakan sehingga saat ditimbang berat badannya akan naik.

  2. Ayam yang akan dipanen perlu digiring ke suatu sudut dengan menggunakan sekat kandang. Dengan begitu ayam akan mudah ditangkap.

  3. Ayam yang memenuhi syarat ditangkap dan ditimbang. Setelah itu bisa diikat kedua kakinya. Setiap 5 ekor dapat dijadikan satu ikat besar.

  4. Pada saat ditimbang perlu dicatat dalam nota yang disertakan pada saat ayam akan dimasukkan ke dalam keranjang ayam.

  5. Ayam siap dikirim.

Ayam yang tidak memenuhi syarat untuk dipanen diletakkan ke dalam kandang kembali. Jika faktor berat badan yang kurang menjadi pamacunya maka perlu penanganan yang lebih pada masalah pakan. Setelah berat badannya sesuai standar maka dapat dipanen bersama dengan ayam yang memenuhi syarat.

Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:

Jual bibit atau anakan ayam kampung super, ternak ayam kampung super dengan metode intensif, keuntungan budidaya ayam kampung super, beternak ayam kampung super dengan modal terbatas, kapasitas kandang untuk anakan ayam kampung super untuk 100 ekor , pakan untuk anakan atau DOC ayam kampung super, ukuran kandang joper, harga doc joper, ukuran kandang doc 100 ekor, penjual doc jawa super, harga ayam jawa super 2016, kandang ayam jawa super, pakan ayam jawa super, ternak ayam jawa super

*Yuni Ambarwati*

Leave a Reply