Jenis Pakan yang Dijadikan Ransum Untuk Ayam Kampung Super Pada Fase Grower

Jenis Pakan yang Dijadikan Ransum Untuk Ayam Kampung Super Pada Fase Grower

Formula pakan setiap ayam dipengaruhi oleh jenis dan umur ayam. Antara Ayam Kampung Super, ayam potong/ broiler dan ayam petelur mempunyai kebutuhan yang berbeda. Di samping itu perbedaan umur ayam juga mempengaruhi jumlah dan komposisi pakan ayam. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas jenis pakan yang dijadikan ransum ayam.

Ayam Kampung Super mempunyai beberapa fase dalam kehidupannya. Fase yang pertama adalah fase starter yaitu fase dimana Ayam Kampung Super berumur sehari hingga berumur 4 minggu. Sedangkan fase grower bila Ayam Kampung Super yang telah memasuki umur 6 minggu. Pada saat ini Ayam Kampung Super sudah dapat mulai dipanen. Untuk fase finisher bila ayam kampung super berumur 6 minggu keatas hingga siap panen.

Ayam Kampung Super
Ayam Kampung Super

Fase grower merupakan fase yang memang penting dimana pejantan Ayam Kampung Super sudah memenuhi syarat untuk dijadikan pedaging dengan berat 0,7 – 0,9 kg/ ekor. Sedangkan betina Ayam Kampung Super terus dipelihara hingga umur 12 minggu. Pejantan lebih dahulu dijadikan pedaging karena pejantan lebih boros pakan ternak dibandingkan betina. Pada masa tersebut ayam membutuhkan beberapa jenis pakan untuk menunjang pertumbuhan badannya.

Pada fase grower, Ayam Kampung Super dianjurkan mengkonsumsi pakan yang mengandung protein kasar 19 – 20 % dan energi metabolisme 2.800 – 2.900 kkal/kg pakan.

Contoh formulasi pakan pakan Ayam Kampung Super periode grower adalah:

Jika menggunakan konsentrat sebanyak 53%, dedak padi 17%, tepung ampas sagu 13,5%, tepung ampas kedelai 14,5%, mineral suplemen 1% dan protein mikro 1%. Maka akan menghasilkan kandungan protein 20,93% dan kandaungan Energi Metabolisme 2.917,5%.

Baca Juga!  Manfaat Probiotik Pada Peternakan Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super dapat diberikan tambahan berupa pakan hijauan diantaranya kol/ kubis, kulit ari kacang-kacangan, kangkung, taoge dan berbagai jenis limbah dari industri tahu dan tempe. Untuk total hijaun maksimal 10% dari jumlah total pakan. Dengan penambahan pakan dari hijauan maka akan menghemat pengeluaran akibat pakan ternak. Pakan hijaunan tersebut dengan cara dicincang menjadi lebih halus agar mudah dikonsumsi baru kemudian dikeringkan.

Pemberian pakan tambahan berupa hijauan dengan cara diberikan diantara waktu makan ayam, jadi tidak dicampurkan. Misalnya pada pagi hari diberikan pakan konsentrat, pada siang hari diberikan pakan tambahan hijauan. Pada sore hari sebelum jam makan sore, ayam diberikan pakan tambahan hijaun kembali, baru kemudian diberikan konsentrat. Pemberian pakan hijauan dapat membuat ayam menjadi lebih lincah dan sehat karena pakannya lebih bervariasi.

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:

Ciri DOC ayam kampung super yang bagus , ternak ayam kampung super , pakan konsentrat untuk ayam kampung super, mengenal penyakit tetelo pada ayam kampung super, jenis kandang postal panggung untuk ayam kampung super, DOC ayam kampung super, ternak ayam kampung super, peternak ayam kampung super, jual ayam kampung super, harga ayam kampung super

** Yuni Ambarwati **

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA