Pakan adalah salah satu komponen yang utama dalam dunia peternakan. Pakan menjadi sumber energi dan materi pertumbuhan bagi hewan ternak.

Saat ini banyak pakan yang bermunculan dari berbagai variasi. Dari variasi-variasi tersebut Anda bebas untuk memilih mana yang akan Anda jadikan untuk pakan alternatif ternak Anda.

Saat ini kami dari hobiternak.com akan memberikan informasi mengenai budidaya Maggot BSF sebagai pakan ternak ayam alternatif.

Maggot BSF
Maggot BSF

Apa itu Maggot BSF?

Maggot BSF adalah salah satu jenis lalat yang mirip seperti tawon yang berwarna hitam. Panjang maggot BSF sekitar 15-20 mili meter. Maggot BSF atau biasa di sebut dengan black soldier fly ini sebenarnya fase larva dari siklus hidup BSF. Metamorfosa maggot bsf ini yaitu dari telur, larva, prepupa, pupa dan bsf. Untuk siklus hidup bsf sangat singkat yaitu 40- 44 hari saja.

Metamorfosa Maggot BSF
Metamorfosa Maggot BSF

Fase larva yaitu fase yang di sebut sebagai belatung atau maggot bsf. Biasanya maggot tumbuh di bahan organik yang sudah membusuk contohnya seperti buah, sayur, bangkai dan lain sebagainya. Dalam keadaan utuh maggot memiliki kadar protein yang cukup tinggi sekitar 40%.

Apakah Maggot BSF aman di berikan sebagai pakan ternak?

Maggot BSF
Maggot BSF unuk pakan ayam

Maggot BSF sangat aman untuk di jadikan pakan ternak. Karena lalat BSF bukan termasuk dalam golongan lalat penyebar penyakit, jadi aman. Berbeda dengan lalat hijau yang selalu hinggap di tempat yang kotor lalat BSF ini hanya hinggap di tempat yang berbahan fermentasi saja.

Cara membuat pakan alternatif dengan Maggot BSF

Bahan-bahan atau media budidaya Maggot BSF yang di butuhkan :

1. Air
2. Ember
Ember
Ember
3. EM4 atau Yakult
4. Kantong Plastik
Kantong Plastik
Kantong Plastik
5. Royco
Royco
Royco
6. Gula Pasir
Gula pasir
Gula pasir
7. Dedak
Dedak
Dedak

Berikut 12 Tahap membuat pakan alternatik dengan
Maggot BSF :

  1. Siapkan air 1 litter dan gula 5 sendok
  2. Setelah air dan gula siap lalu letakkan di ember atau panci.
  3. Siapkan dedak 5 kg dan royco lalu campur dengan air dan gula yang sudah di siapkan tadi. Penggunaan royco ini agar baunya lebih menyengat. Bau menyengat akan membuat lalat BSF akan cepat datang.
  4. Setelah semuanya tercampur tuangkan EM4 atau yakutl. Dari 2 bahan tersebut Anda bisa memilih salah satu. Untuk komposisi EM4 bisa 1 tutup botol EM4. Untuk yakult bisa berikan setengah botol atau 1 botol.
  5. Campur semua bahan tersebut dan aduk hingga merata.
  6. Siapkan kantong plastik 5 kg atau 8 kg
  7. Masukkan dedak yang sudah di campur tadi ke kantong plastik. Isilah setengah saja jangan sampai penuh agar masih ada ruang udara di dalam kantong plastik.
  8. Ikat kantong plastik yang sudah di isi dengan dedak tersebut rapat-rapat.
  9. Letakkan kantong plastik ke tempat yang sejuk biarkan 4-5 hari sampai benar-benar sudah terfrementasi. Tanda sudah terfrementasi adalah kantong plastik akan mengembang seperti habis di tiup.
  10. Supaya hasil fermentasi aman dan terhindar dari kucing atau hewan lainnya maka bisa di tutup dengan kawat besi di bagian atasnya.

  11. Setelah hasil fermentasi benar – benar sempurna, selanjutnya tuang hasil fermentasi tersebut kedalam ember
  12. Setelah di tuang lalu di tutup dengan daun pisang atau kertas minyak. Tutup sampai merata

Selama 1, 2 atau 3 hari biasanya lalat akan mulai datang dan bertelur di pinggir atau di sekitar media penutup. Sebagai informasi lalat tidak akan  bertelur di dedak tersebut.

Bentuk telur lalat BSF sangat kecil-kecil. Berikut adalah gambar telur lalat BSF.

Telur Lalat BSF (Black Soldier Fly)
Gambar Telur Lalat BSF (Black Soldier Fly) yang di perbesar

Telur lalat BSF akan menetas di hari ke 2 atau ke 3. Bayi-bayi lalat tersebut otomatis akan bergerak menuju dedak fermentasi karena dedak adalah salah satu media hidup bagi maggot BSF. Selain sebagai media hidup maggot juga akan mencari makanan di dedak itu juga.

Kapan maggot BSF terlihat bentuknya dan kapan bisa di panen ?

Pertumbuhan Maggot BSF
Pertumbuhan Maggot BSF

Pada usia 1 minggu maggot BSF sudah terlihat bentuknya. Pada usia 2 atau 3 minggu Anda sudah bisa memanennya. Biasanya maggot BSF akan berkumpul di bawah penutup dedak atau di dalam dedaknya langsung.

Setelah di panen

Seminggu sekali bisa di taburkan sisa dedak fermentasi yang tersisa. Lama kelamaan fermentasi dedak tersebut akan berubah warna menjadi hitam dan lalat akan kembali muncul di pinggir atau sekitar fermentasi dedak tadi.

Dengan begitu maggot tidak akan habis. Apabila Anda selalu rutin untuk menaburi kembali dedaknya selama seminggu sekali maka maggot akan tetap ada. Setelah di taburi tutup kembali fermentasi dedak tersebut.

Pemberian pakan maggot BSF ke ayam

Ayam sedang makan maggot BSF
Ayam sedang makan maggot BSF

Maggot BSF bisa langsung di berikan ke anak ayam atau ayam yang sudah dewasa. Maggot BSF dapat Anda  campurkan pula dengan dedak. Pemberian maggot BSF dapat menambah protein bagi ayam. Selain itu apabila Anda ingin mencapai bobot ayam yang besar maka pemberian maggot BSF ini cocok untuk Anda praktekkan.

Apakah Maggot itu bersih ?

Banyak yang mengatakan bahwa budidaya maggot BSF ini adalah ternak belatung sampah padahal maggot BSF ini bersih. Kenapa begitu? karena pembuatan maggot menggunakan bahan – bahan yang bersih maka dari itu dapat di simpulkan bahwa maggot ini bersih dan tidak mengandung penyakit . Jadi Anda tidak perlu khawatir.
ternak belatung sampah

Membuat pakan alternatif menggunakan maggot BSF ini dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk di berikan ke ternak ayam Anda. Keuntungan menggunakan maggot BSF ini adalah bisa menambah bobot pada ayam karena mengandung nutrisi yang cukup banyak.

Pelatihan Maggot BSF

Saat ini banyak yang menyediakan jasa untuk pelatihan maggot BSF. Untuk  lebih jelasnya mengenai pelatihan maggot BSF bisa Anda cari di internet atau di sekitar wilayah Anda dari budidaya maggot tanpa bau dan teknik-teknik lainnya. 

Harga Maggot BSF

Apabila Anda ingin lebih praktis lagi, Anda bisa membeli di penjual maggot BSF di wilayah terdekat Anda. Karena saat ini banyak yang jual maggot BSF di berbagai wilayah.

Sebagai referensi kami dari hobiternak.com , Anda bisa melihat video pembuatan pakan alternatif dengan maggot BSF di bawah ini :

Di video tersebut adalah contoh cara budidaya belatung dengan EM4. 

Selamat mencoba, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Salam hobiternak.com

Dan apabila Anda ingin beternak DOC ayam kami menyediakan berbagai jenis bibit ayam seperti DOC Joper, Kamsi Joper, SRF, ayam arab, ayam petelur, ayam pejantan dan ayam broiler. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Untuk respon cepat bisa langsung hubungi kami baik via WA atau telepon di nomor bawah ini :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :
budidaya maggot bsf, maggot bsf adalah, budidaya maggot tanpa bau, harga maggot bsf, cara budidaya, maggot bsf, budidaya belatung dengan em4, jual maggot bsf, ternak belatung sampah, budidaya maggot media air, pelatihan maggot bsf, media budidaya maggot bsf

_Meilani Sawitri_


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: