10 Penemuan Ikan Lele Terbesar di Dunia

Lele merupakan ikan air tawar yang banyak dikembangkan dan dibudidayakan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Ikan lele mudah sekali untuk dikenali dengan tubuhnya yang panjang, licin dan memiliki kumis disekitar mulutnya. Habitat ikan lele banyak terdapat ditempat berlumpur yang tergenang air seperti di area persawahan, rawa – rawa, sungai, danau, waduk dan aliran sungai kecil lainnya.

Jenis ikan tersebut merupakan hewan air nocturnal atau hewan yang aktif mencari makan dimalam hari. Lele juga termasuk jenis ikan pemakaan daging/ karnivora. Biasanya lele memakan ikan – ikan yang berkuran lebih kecil, tetapi tidak menutup kemungkinan jika lele juga dapat memakan tumbuh – tumbuhan hijau. Persebaran lele di Indonesia relatif cepat, nama ikan lele diberbagai daerah pun juga berbeda – beda. Seperti di Sumatra dengan nama ikan kalang, Kalimantan Selatan ikan pintet, ikan keling di Makassar, ikan lindi/ lele di jawa tengan, ikan cepi di Sulawesi Selatan dan lain sebagainya.

10 Penemuan Ikan Lele Terbesar di Dunia | image 1
10 Penemuan Ikan Lele Terbesar di Dunia | image 1

Jenis Lele yang Memilki Ukuran Tubuh Besar

Pada umunya lele konsumsi memiliki ukuran standar, ukuran benih lele bergantung pada usia bibit lele tersebut. Biasanya dalam usia 22 hari lele dapat mencapai panjang sekitar 3 cm semakin, bertambahanya usia maka ukuran lele pun akan semakin panjang. Beberapa masyarakat pun juga pernah menemukan ikan lele terbesar di Indoensia.

Masa panen ikan lele dapat berlangsung selama 2 bulan atau 60 hari. Dalam waktu 2 bulan lele sudah dapat dipanen dengan panjang 4 – 6 cm dengan bobot 100 – 200 gram. Jenis – jenis lele pun ada berbagai macam diantaranya :

  1. Lele Lokal
  2. Sangkuriang
  3. Dumbo
  4. Phyton
  5. Mutiara

Baca juga : 

Lele menjadi salah satu bahan pangan yang banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia | image 2
Lele menjadi salah satu bahan pangan yang banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia | image 2

Jenis lele yang banyak digunakan sebagai hidangan makanan kuliner atau banyak ditemukan pada warung – warung pecel lele biasanya berjenis lele sangkuriang, phyton dan mutiara. Untuk jenis lele tersebut merupakan lele dengan ukuran standar sekitar 6 – 8 cm.

Dalam pembudidayaan lele secara baik dan benar serta pemberian pakan yang sesuai dengan kebutuhan lele akan membuat lele tumbuh dengan ukuran serta bobot yang sangat tinggi. Pemeliharaan tersebut akan menghasilkan ikan lele besar di kolam dan tentunya nilai jual yang ditawarkannya pun akan semakin tinggi. Untuk mendapatkan ukuran ikan lele yang memiliki bobot yang tinggi peternak harus selalu memperhatikan perawatan yang baik. Dengan pengetahuan tata perawatan yang baik, teknis manajemen pengelolaan, pemeliharaan yang baik seperti : pemberian pakan, kualitas air, pembuatan kolam yang sesuai, pemasaran dan pengendalian penyakit.

Baca juga : 

10 Penemuan Ikan Lele Di Dunia

Pada umunya ikan lele hanya tumbuh dengan bobot 100 – 200 gram untuk ukuran tubuh lele biasa. Dan untuk lele dumbo dapat mencapai bobot 1 – 2 kg bahkan lebih. Ikan Lele merupakan jenis ikan air yang dapat tumbuh dengan ukuran tubuh yang sangat besar. Bahkan diberbagai belahan dunia ikan lele yang ditemukan memiliki ukuran panjang yang dapat melebihi dari ukuran fisik orang dewasa.

Lele yang kita konsumsi sebagai lauk ternyata juga dapat tumbuh dengan ukuran yang sangat besar | image 3
Lele yang kita konsumsi sebagai lauk ternyata juga dapat tumbuh dengan ukuran yang sangat besar | image 3

Jenis ikan lele tersebut umumnya banyak ditemukan di wilayah Indonesia dan banyak terkenal juga di berbagai wilayah belahan dunia. Lele terbesar dapat juga ditemukan pada wilayah perairan seperti sungai – sungai terpanjang dan terbesar di Asia Tenggara. Di beberapa daerah diberbagai dunia beberapa jenis lele dapat tumbuh dengan sangat besar. Adapun lele yang pernah ditemukan di beberapa belahan dunia sebagai berikut :

1.Seorang pemancing bernama Dino Ferrari berhasil menangkap lele yang memiliki bobot 127 kg dengan panjang lebih 2,6 meter di Sungai Po, Italia

2.Penemuan 2 ekor lele di area persawahan dengan bobot 10 kg dan panjang 1,25 dan 1 meter yang berhasil ditangkap oleh beberapa warga Lereng Gunung Semeru

3.Ikan lele raksasa yang ditemukan oleh beberpa nelayan di Thailand dengan panjang 2,7 meter, bobot hampir 293 kg. Jenis ikan lele terbesar di dunia 293 kg yang ditemukan di sungai Mekong

4. Goonch jenis ikan lele yang hidup di Sungai Kali, India. Lele tersebut dapat mencapai panjang hingga 2 meter dan berartnya dapat mencapai 75 kg. Lele jenis ini merupakan lele yang berbahaya karena memiliki gigi – gig ynag tajam

5. Flathead Catfish merupakan jenis ikan lele yang menyebar di Amerika Utara khususnya di North Dakota dan Arizona. Lele tersebut memiliki panjang 1,5 m dengan berat mnecapai 75 kg.

Vundu disebut sebagai spesies ikan lele yang hidup di wilayah perairan Kongo, Ziimbabwe, Zumbia, Tanzania dan Uganda. | image 4
Vundu disebut sebagai spesies ikan lele yang hidup di wilayah perairan Kongo, Ziimbabwe, Zumbia, Tanzania dan Uganda. | image 4

6.Vundu disebut sebagai spesies ikan lele yang hidup di wilayah perairan Kongo, Ziimbabwe, Zumbia, Tanzania dan Uganda. Lele jenis ini memiliki panjang yang dapat mencapai 1,5 meter dengan berat mencapai 55 kg.

7.Piraiba Catfish adalah jenis ikan lele yang memiliki tubuh menyerupai ikan hiu. Lele tersebut dapat mencapai panjang 3,6 meter dengan bobot mencapai 200 kg.

8.Jau Catfish merupakan ikan yang hidup meyebar di wilayah Sungai Oronoco dan Amazon di Amerika Serikat. Jenis ikan lele tersebut memiliki panjang 1,4 meter dengan berat 60 kg.

9.Blue Catfish juga termasuk jenis ikan lele terbesar yang pernah ditemukan di kawasan Amerika Serikat tepatnya di Sungai Mississippi dengan panjang mencapai 1,6 meter dan berat 70 kg.

10.Wels Catfish adalah ikan lele yang hidup di wilayah Eropa Tengah dan Timur dengan panjang mencapai 2,2 meter dan berat 180 kg.

Baca juga : 

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Di berbagai belahan dunia jenis lele yang dapat tumbuh dengan ukuran yang sangat besar memiliki nama yang berbeda – beda. Ikan lele yang dapat tumbuh dengan ukuran yang cukup besar biasanya hidup liar di habitat asli sebuah perairan sungai.

Kata terkait : ikan lele terbesar di indonesia, video ikan lele terbesar di dunia, ikan lele terbesar di dunia 293 kg, ikan lele besar di kolam

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: suara.com
  • image 2: bibitikan.net
  • image 3: kmnu.or.id
  • image 4: kendawanganku.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA