Beberapa Tips Dalam Membuat Formula Pakan Ternak Bebek Pedaging dan Petelur

Beberapa Tips Dalam Membuat Formula Pakan Ternak Bebek Pedaging dan Petelur

Dalam memelihara bebek petelur dan bebek pedaging, faktor pakan merupakan salah satu faktor yang penting karena akan mempengaruhi produksi telur dan daging bebek. Pakan untuk bebek petelur dan bebek pedaging mempunyai kandungan yang berbeda. Untuk itu dalam membuat formula ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan:

  1. Formula untuk bebek pedaging sebaiknya banyak mengandung bahan pakan sumber protein hewani (tepung ikan) dalam jumlah yang sedikit (kurang dari 2%) untuk mengurangi bau amis pada daging bebek tersebut.

    bebek pedaging
    Tepung Ikan
  2. Pakan bebek petelur yang sedang berda pada periode berproduksi (umur 5 bulan keatas) bisa diberikan pakan yang mengandung karotenoid yang tinggi karena akan menghasilkan telur dengan warna kuning yang pekat. Contoh pakan tersebut adalah jagung kuning giling. Selain jagung giling, bahan yang mengandung karotenoid adalah limbah udang, tepung daun hijauan. Bahan tersebut banyak terdapat di sekitar kita. Contohnya adalah tepung daun katuk, tepung daun singkong dan  tepung kulit pisang.
  3. Untuk bebek yang sedang mengalami pertumbuhan sebaiknya diberikan serat kasar yang lebih sedikit dibandingkan bebek dewasa. Hal tersebut karen pencernaan bebek muda belum sempurna dibandingkan bebek dewasa siap produksi.  Contoh pakan yang mengandung serat yang tinggi adalah daun singkong. Untuk itu penggunaan perlu dibatasi.
  4. Bebek ras biasanya mempunyai kemampuan pencernaan yang lebih rendah terhadap serat kasar dibandingkan bebek lokal. Namun produktivitas bebek ras lebih tinggi dibandingkan bebek lokal. Untuk itu perlu diperhatikan adalah pemberian serat kasar pada bebek ras dalam jumlah yang lebih sedikit.

Pakan bebek pedaging dan petelur yang baru menetas hingga umur 3 minggu diberikan konsentrat atau voer murni. Setelah berumur 3 minggu dapat diberikan bahan pakan tambahan seperti jagung kuning giling, bekatul, nasi aking yang telah direndam 4 jam dan bahan pakan lainnya. Dengan pemberian pakan yang tepat maka akan meningkatkan produksi telur dan daging bebek.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

AXIS

0838-6918-5523

kata terkait:
cara ternak bebek, budidaya bebek peking, jenis bebek pedaging lokal, kandang untuk bebek petelur tujuan ditetaskan, jenis bebek pedaging unggulan lokal untuk, pengaruh kandang terhadap perkembangan bebek petelur, harga DOD atau bibit bebek pedaging hibrida, harga bebek siap telur

*Yuni Ambarwati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOD atau Bibit Bebek Petelur & Pedaging
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: