Kandang Ternak Ayam Kampung Super dengan Lantai Semen

Mengontrol Kondisi Sekam Pada Kandang Postal Litter

Mengontrol Kondisi Sekam Pada Kandang Postal Litter

Ayam Kampung Super sebagai pensuplai ayam pedaging dapat dipelihara pada beberapa bentuk dan jenis kandang seperti kandang postal panggung (cage) dan kandang postal litter. Masing-masing kandang mempunyai kelebihan dan kelemahan. Biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan kandang lebih murah menggunakan kandang postal litter. Kandang litter merupakan kandang yang mempunyai alas lantai semen atau tanah dan diberi alas sekam padi dan kapur setebal 7 – 10 cm.

Kandang Postal Litter

Kandang Postal Litter

Pemeliharaan ayam kampung super yang umumnya dipelihara masyarakat berupa kandang postal dengan litter (sekam padi). kandang ini perlu dibolak-balik sekitar 3-4 hari sekali. Proses pembalikan perlu dilakukan secara hati-hati agar debu tidak beterbangan dan dapat mengakibatkan iritasi pada mata dan dapat mengganggu pernapasan ayam yang ada di dalam kandang. Bila ayam terganggu pernapasannya maka dapat mengakibatkan infeksi.

Waktu yang tepat untuk mengadakan pembalikan

Untuk itu sebagai langkah antisipasi maka saat kita mengadakan pembalikan dilakukan pada saat udara cukup dingin yaitu pada pagi hari, sore hari atau malam hari. Setelah dilakukan pembalikan kita perlu melakukan penyemprotan dengan larutan desinfentan.

Litter pada kandang berfungsi sebagai alas kandang dan dapat dijadikan sebagai penampung kotoran ayam. Untuk itu dalam beberapa hari perlu dilakukan pembalikan agar kondisi sekam kering. Bila litter agak basah maka jamur dapat tumbuh. Pada beberapa peternak ada yang menggunakan penambahan sekam dan disertai penyemprotan probiotik namun cara tersebut beresiko karena sekam yang menumpuk maka lama kelamaan bisa menggumpal.

Sekam yang menggumpal beresiko akan menggumpal dan bisa berjamur bila tidak segera dilakukan pembalikan sekam. Sekam yang menggumpal beresiko ayam yang hidup di atasnya akan mudah sakit dan staminanya menurun. Bila hal tersebut terus menerus maka ayam akan mudah sakit bahkan tak jarang akan mengakibatkan kematian.

Ada beberapa penyebab sekam cepat basah dan menggumpal:

  1. Kotoran ayam basah

Kotoran ayam menjadi basah bisa disebabkan oleh adanya infeksi bibit penyakit maupun faktor diluar infeksi bibit penyakit.

      2. Pakan mengandung protein tinggi

voer

Ayam yang mendapat pakan yang mengandung protein tinggi dapat mengakibatkan kotoran ayam menjadi encer. Ayam yang mendapat pakan tinggi protein akan meminum air dalam jumlah yang melebihi kadar biasanya dan dapat menyebabkan kotoran menjadi encer (mencret).

    3. Pemberian obat yang tidak sesuai dengan anjuran akan menyebabkan ayam menjadi mencret.

    4. Pakan mengandung garam dengan kadar tinggi

Ayam yang mendapat asupan pakan dengan kadar garam tinggi akan mengganggu keseimbangan elektrolit. Ayam akan termacu meminum banyak air sehingga mengakibatkan diare.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan sekam atau litter. Dengan melakukan kontrol terhadap sekam padi secara teratur maka ayam yang ada di dalam kandang akan merasa aman, nyaman dan tentu akan lebih sehat jika sekam padi selalu dalam kondisi kering dan tidak ditumbuhi jamur. Yang perlu diketahui oleh banyak peternak adalah perlu menghindari penyebab yang mengakibatkan sekam menjadi cepat basah.

sekam padi

sekam padi

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:

Jual anakan ayam kampung super, ternak ayam kampung, budidaya dengan cara intensif, pakan ayam kampung super, beternak dengan tujuan pembesaran ayam kampung super periode grower, kandang postal litter, jadwal vaksinasi selama periode starter dan grower, berbagai suplemen untuk penunjang stamina ayam, kelebihan ayam kampung super, pemasaran ayam kampung, harga DOC dari seluruh Indonesia, kapasitas kandang untuk DOC ayam kampung super ukuran 1 meter persegi

*Yuni Ambarwati*

Leave a Reply