Kalkun Bourbon Red

Mengenal Peternakan Budidaya Ayam Kalkun Bourbon Red

Mengenal Peternakan Budidaya Ayam Kalkun Bourbon Red

Ayam Kalkun merupakan salah satu unggas dari ordo galliformes genus meleagris yang pertama kali ditemukan oleh orang di Amerika oleh orang Eropa. Nama turkey sendiri didapat dari kesalahpahaman orang tersebut yang salah mengenali unggas ini dengan sebutan burung asal Afrika Numida meleagris yang juga dikenal sebagai ayam turki. Sedangkan untuk nama kalkun sendiri didapat dari bahasa Belanda “kalkoen” yang diambil dari nama kota “kalikut” di India.

Ayam Kalkun merupakan salah satu unggas yang cukup unik. Hal ini dikarenakan Ayam Kalkun memiliki kemampuan bereproduksi tanpa kontribusi dari pejantan. Anakan yang dihasilkan lebih rentan terhadap penyakit dan hampir semuanya jantan. Namun banyak peternak yang tidak merasa puas dengan hasil anakan jika ayam kalkun tidak dikawinkan terlebih dahulu, karena mereka meyakini bahwa indukan ayam kalkun yang tidak dikawinkan dengan penjantan tidak akan mendapatkan telur yang vertil.

Kalkun Bourbon Red

Kalkun Bourbon Red

Jenis Ayam Kalkun yang biasa dijadikan sebagai ayam hias di Indonesia yaitu, Kalkun Bourbon Red, Black Spanish, Bronze, Royal Palm, Golden Palm, Self Buff dan Kalkun Putih. Sebagai ayam hias, tentu jenis-jenis kalkun tadi memiliki harga yang cukup fantastis. Apalagi mengingat kalkun belum populer di kalangan masyarakat. Yang menarik setelah kami amati beberapa tahun terakhir ini harga ayam kalkun cenderung stabil.

Salah satu ayam yang cukup banyak peminatnya yaitu kalkun Bourbon Red. Jenis Kalkun ini awal mulanya bernama Bourbon Country yang berasal dari wilayah Kentucky Bluegrass Pennsylv pada akhir tahun 1800. J. F Barbee berhasil mengembangbiakkan kalkun bourbon red ini sebagai burung yang berasal dari Afrika Numida melagris. Dalam bahasa Inggris, ayam kalkun disebut juga dengan “turkey”. Sedangkan ayam kalkun dalam bahasa Yunani disebut genus meleagris yang bermakna unggas yang berasal dari Guinea.

Kalkun Bourbon Red

Kalkun Bourbon Red

Memang bagi kebanyakan orang yang hobi beternak Ayam Kalkun, Ayam Kalkun Bourbon Red memang kelihatan lebih menarik jika dibandingkan dengan jenis ayam kalkun yang lain. Hal ini dikarenakan ciri dari Ayam Kalkun ini coklat dan agak kemerahan gelap dengan hiasan warna putih di tepi bulu dibagian ekornya. Sehingga ketika ayam kalkun bourbon red sedang mekar, akan tampak indah dan cantik. Paruh ayam kalkun ini cerah dengan sekitar tanduk diujung dan gelap di dasar. Gelambir tenggorokan merah, berubah putih kebiruan, dengan jenggot hitam, sumsum dan jari kaki yang berwarna merah muda. Bobot Kalkun Bourbon Red ini sama dengan bobot kalkun putih yaitu kalkun jantan memiliki bobot tubuh mencapai 5-6 kg, sedangkan betina memiliki bobot tubuh mencapai 4-5 kg.

Kalkun Bourbon Red merupakan ayam yang memiliki bulu indah dan cocok untuk dijadikan hiasan atau pameran di rumah Anda, yang bisa Anda letakkan di depan atau di belakang rumah. Pemeliharaan ayam kalkun sama dengan pola pemeliharaan ayam lain, pakan yang bisa diberikan berupa voer atau BR. Anda juga bisa memberikan pakan tambahan berupa enceng gondok dan lain sebagainya.

Kalkun Bourbon Red Dewasa Jantan

Kalkun Bourbon Red Dewasa Jantan

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam kalkun, kami menyediakan telur ayam kalkun yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam kalkun kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam kalkun dewasa juga bisa Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarangdi:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait:

ayam kalkun, harga ayam kalkun, ternak kalkun, harga kalkun, ternak ayam kalkun, jenis kalkun termahal, jual ayam kalkun, jenis ayam kalkun, jenis kalkun, budidaya ayam kalkun, budidaya kalkun,

Leave a Reply