7 Hal yang Perlu Diketahui Dalam Merawat Burung Kenari Bagi Para pemula

7 Hal yang Perlu Diketahui Dalam Merawat Burung Kenari Bagi Para pemula

Seperti burung berkicau lainnya, Burung Kenari membutuhkan perawatan yang tepat agar rajin berkicau dan terhindar dari segala penyakit. Untuk sangkar, perlu diperhatikan kebersihan dan diusahakan dalam kondisi kering. Untuk pakan ada jenis pakan utama dan akan tambahan. Di samping itu perlu dijaga agar terhindar dari predator pengganggu.

Bagaimana cara merawat Burung Kenari bagi pemula?

Berikut panduan memelihara Burung Kenari bagi para pemula:

  1. Menyediakan air bersih

Air bersih sangat penting bagi kelangsungan hidup Burung Kenari. Burung kenari selalu membutuhkan pasokan air bersih. Agar Kenari selalu sehat dan terhindar dari penyakit diusahakan tidak menggunakan air dari keran atau air PAM karena biasanya menggunakan kaporit. Kita bisa menggunakan air sumur atau air kemasan. Dalam sehari sebaiknya air minum diganti 2 kali sehari.

  1. Menyediakan makanan biji-bijian

Kenari makanan pokoknya adalah sejenis biji-bijian seperti biji kenari, niger seed dan millet. Kita bisa memberikan satu per satu atau dicampur beberapa jenis dalam satu wadah. Sebaiknya pada saat memberikannya tidak langsung dalam jumlah yang banyak.

  1. Ketersediaan pakan hijau

Burung kenari sangat menyukai pakan hijau seperti sayuran sawi, mentimun.

  1. Menjaga kebersihan sangkar

Sangkar Burung Kenari harus secara rutin dibersihkan agar terhindar dari berbagai penyakit dan kutu. Bagian untuk menampung kotoran juga turut dibersihkan, termasuk bagian untuk bertengger burung. Jangan lupa tempat akan dan minum juga selalu dalam kondisi bersih dan kering baru diganti dengan air dan pakan yang baru. setelah dibersihkan, bersama dengan burungnya, kita dapat menjemur selama beberapa jam di pagi hari.

Kenari, Burung Kenari, Kicau Kenari, Suara Kenari, Jenis Kenari, Ternak Burung Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari

Burung Kenari Norwich

  1. Burung dihindari dari angin kencang

Saat kita menggantung sangkar Burung Kenari, usahakan lokasinya tidak terkena hembusan angin yang kencang seperti di dekat jendela, kipas angin, dekat pintu atau pendingin ruangan. Hal tersebut untuk menghindari dari terkena berbagai penyakit karena hembusan angin membuat burung menjadi rentan. Untuk itu segera pindahkan ke tempat yang aman dari hembusan angin kencang.

Untuk mengetahui  tempat tersebut anginnya cukup kencang atau tidak, cara mendeteksi dengan menggunakan lilin. Jika saat dinyalakan dan disekatkan di dekat sangkar, lilin tersebut bergerak cepat maka segera pindahkan.

  1. Menghindari dari sinar terik matahari secara langsung

Burung Kenari termasuk senang bila dijemur dibawah sinar matahari pagi. Biasanya kenari di jemur pada pukul 08.00 – 09.30 WIB. Setelah waktu tersebut biasanya sinar matahari sudah cukup terik. Untuk itu penjemuran tidak boleh terlalu lama terutama bila matahari sudah cukup terik. Kenari bila terkena sinar matahari langsung yang terik dapat menyebabkan terkena penyakit heat stroke.

Jadi jika akan menjemur sebaiknya pada pagi hari dan dalam jangka waktu sekitar 1 – 2 jam saja. Bila terlihat burung kenari nampak terengah-engah maka sebaiknya langsung di bawa ke tempat yang berteduh.

  1. Menggunting kuku kenari

Kuku Burung Kenari perlu digunting kukunya terutama bila telah berumur 1 tahun. Sebelum memasuki masa kawin kuku kenari perlu digunting agar tidak melukai betinanya.

  1. Pemberian pakan tambahan

Selain dari pakan utama berupa biji-bijian, maka kita perlu memberikan makanan tambahan dari sayuran atau dari buah-buahan. Jenis buah-buahan dan sayuran yang biasanya diberikan untuk Burung Kenari pada umumnya yaitu mentimun, sawi, apel, cabe, wortel, brokoli, selada. Untuk pensuplai protein untuk Burung Kenari yang bagus adalah telur burung puyuh yang sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan dan reproduksi.

  1. Pemberian mineral bagi Burung Kenari

Selain dari kebutuhan vitamin, Burung Kenari juga membutuhkanbeberapa jenis mineral yang penting untuk tubuh. Mineral yang dimaksud misalnya zat besi, kalium, fosfor, magnesium, kalsium dan seng. Jika kekurangan beberapa mineral  maka akan menyebabkan defisiensi mineral. Untuk mencukupi kebutuhan mineral biasanya penangkar memberikan tulang sotong/ cumi-cumi. Untuk pemberiannya tidak boleh berlebihan karena sotong mengandung garam yang cukup tinggi sehingga berpengaruh pada pembuluh darah.  Untuk kebutuhan  mineral memang lebih sedikit dibandingkan kebutuhan protein, lemak, energi metabolisme/ karbohidrat dan serat kasar.

Sekarang ini banyak terdapat jenis multimineral yang tersedia di toko. Multimineral tersebut mencakup beberapa mineral yang dibutuhkan oleh Burung Kenari sehingga bisa mencukupi kebutuhan akan mineral bagi Burung Kenari.

  1. Mengantisipasi bahaya kutu atau tungau

Seperti halnya unggas sejenis ayam, burung juga kerap mendapat serangan parasit yang sifatnya membunuh walaupun pelan-pelan. Pada umumnya jenis parasit yang menyerang dari dalam tubuh berupa cacing  dan tungau udara dan yang menyerang dari luar tubuh berupa tungau merah. Bahkan mereka bisa menyerang pada bagian kaki, yang bila tidak segera diberikan pertolongan menyebabkan burung menjadi cacat.

Cara menghindari dari serangan itu dengan menjaga kebersihan kandang. Burung rajin dimandikan dan dijemur agar parasit tidak hinggap di bulunya yang indah. Selain itu mencegah dan mengobati  parasit yang menyerang dari luar tubuh, kita bisa menggunakan obat berkualitas yang alami. Sedangkan untuk mengobati cacing bisa menggunakan obat cacing  yang tersedia di toko ternak terpercaya.

  1. Memberikan berbagai multivitamin dan suplemen

Pada umumnya Burung Kenari mengkonsumsi berbagai jenis biji-bijian, sayuran, buah-buahan juga telur burung puyuh. Untuk jenis  makanan diatas sebenarnya sudah mengandung vitamin dan mineral hanya saja kita kurang memahami kandungan yang terkandung di dalamnya.

Untuk itu kita perlu memberikan berbagai multivitamin dan suplemen untuk mencukupi kebutuhan guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan Burung Kenari. Multivitamin dan suplemen agak sulit diketahui persentasenya dalam makanan yang kita berikan. Sedangkan untuk vitamin dapat kita prediksi dari formula makanan yang kita berikan. Makanan Burung Kenari sendiri seperti  biji kenari, millet, niger seed, selada, wortel hingga apel. Kita bisa menyusun ransum makanan dan menghitung energi, kadar protein, lemak dan serat kasar.

Burung Kenari

Burung Kenari

Untuk vitamin, jika kita kekurangan maka kita bisa menyebabkan defisiensi yang bisa berakibat buruk bagi tubuh. Sebaliknya bila kita kelebihan vitamin maka tidak bisa disimpan di dalam tubuh melainkan akan terbuang bersama kotoran/ feses. Sedangkan karbohidrat, lemak, dan protein dapat disimpan di dalam tubuh. Untuk itu pastikan kecukupan vitamin bagi hewan peliharaan kita agar stamina mereka tetap terjaga.

Kata Terkait: Kenari, Burung Kenari, Kicau Kenari, Suara Kenari, Jenis Kenari, Ternak Burung Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari

 

Leave a Reply