Cara Menentukan Luas Kandang Ayam Kampung Super 

Seperti kita ketahui, kandang mempunyai beberapa fungsi yang cukup vital di mana banyak aktivitas ayam lebih banyak dihabiskan di dalam kandang.

Fungsi kandang diantaranya sebagai tempat untuk berteduh dari panas dan hujan, sebagai tempat tinggal untuk berkembang biak, menjaga anak-anaknya, melakukan perkawinan, dan membesarkan anak-anaknya.

Kandang perlu mendapatkan perhatian dari peternak agar fungsi kandang dapat mendukung tumbuh kembang ayam.

Peternak juga perlu mengetahui ukuran luas kandang yang pas agar tidak terjadi kepadatan populasi. Agar ayam dapat tumbuh dengan baik, luas kandang ayam joper yang dibuat juga harus proporsional.

Simak cara menentukan luas kandang yang baik di sini !

Kandang starter untuk anakan DOC Joper, menggunakan bahan dasar bambu | Image 1
Kandang starter untuk anakan DOC Joper, menggunakan bahan dasar bambu
| Image 1

Bagaimana cara menentukan luas kandang Ayam Kampung Super?

Ukuran luas kandang cukup berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan ayam. Jika terlalu banyak ayam yang dipelihara dalam satu populasi maka tingkat kepadatan akan tinggi.

Tingkat kepadatan akan mempengaruhi kesehatan ayam. Ayam akan kepanasan, kehilangan selera makan, letih, lesu, dan pada akhirnya ayam akan sakit. Bila tidak dilakukan tindakan dengan memindahkan ke kandang lain, maka ayam bisa mengalami mortalitas/ kematian.

Pembuatan kandang ayam joper secara sederhana juga bisa dilakukan oleh peternak. Hal ini berguna agar biaya pembuatan kandang tidak terlalu besar. Cukup dengan bahan sederhana dari bambu dan menggunakan model kandang ayam di lahan sempit bisa diterapkan oleh peternak. 

Beternak ayam joper 60 hari sudah bisa di panen sangat menguntungkan bagi peternak | Image 2
Beternak ayam joper 60 hari sudah bisa dipanen sangat menguntungkan bagi peternak | Image 2

Sebagai contoh jika kita ingin memelihara 10.000 ekor ayam dengan kandang bentuk postal berlantai liter dengan lebar maksimal 7 meter maka kepadatan maksimal 12 ekor per meter persegi (1:12).

Dengan perincian panjang kandang = 10.000 / (7 x 12 ) x 1 meter = 119 meter. Artinya untuk kapasitas 10.000 ekor dapat dibuat kandang dengan ukuran 7 m x 119 m.

Dengan metode perhitungan yang sama, jika kita ingin memelihara ayam sebanyak 10.000 dengan menggunakan kandang panggung dengan lebar kandang maksimal 8 meter dengan kepadatan kandang maksimal 15 m per meter persegi (1 : 15). Maka ukuran kandangnya 7 x 83 meter.

Jika kita menggunakan kandang tingkat/ baterai dengan lebar maksimal 7 meter dengan kepadatan 12 ekor per meter persegi, maka ukuran kandang 7 x 60 m. Metode tersebut digunakan untuk pemeliharaan ayam yang telah dewasa, sedangkan jika masih bibit atau anakan maka tingkat kepadatan lebih tinggi.

Ukuran kandang ayam JOPER disesuaikan dengan berapa kapasitas yang akan dipelihara atau diternakkan | Image 3
Ukuran kandang ayam JOPER disesuaikan dengan berapa kapasitas yang akan dipelihara atau diternakkan | Image 3

Adapun ciri-ciri kandang ayam joper atau ayam kampung super yang baik adalah sebagai berikut: 

  • Posisi kandang dibuat lebih tinggi dari tanah agar tetap kering
  • Sebaiknya lokasi kandang jauh dari permukiman warga agar tidak mengganggu lingkungan
  • Desain kandang dibuat se-efektif mungkin agar mudah dibersihkan
  • Usahakan sinar matahari dapat masuk ke dalam kandang
  • Kandang memiliki ventilasi udara yang baik agar udara di dalam kandang tetap segar
  • Fasilitas kandang seperti tempat pakan, minum dan lampu pijar harus selalu tersedia
  • Jauhkan kandang dari serangan binatang buas
Kandang ayam joper harus diperhatikan tingkat kepadatannya agar pertumbuhannya maksimal. | Image 4
Kandang ayam joper harus diperhatikan tingkat kepadatannya agar pertumbuhannya maksimal. | Image 4

Untuk kandang yang paling banyak digunakan untuk memelihara Ayam Kampung Super biasanya peternak di hobiternak.com menggunakan bentuk kandang postal dengan lantai liter. Pada tahap awal untuk kepadatan per meter sekitar 60 ekor per meter.

Setelah umur 7 – 12 hari maka tingkat kepadatan dikurangi menjadi 40 ekor per meter. Pada saat umur 13 – 30 hari populasi per meter tinggal 20 ekor. Pada saat umur 31 hingga masa panen kepadatan populasi 9 ekor per meter.

Untuk ukuran kandang DOC 100 ekor dan ukuran kandang ayam 1000 ekor, peternak juga dapat mengalihkan jumlah di atas dengan banyaknya populasi ayam joper yang akan dipelihara. 

Penggunaan satu buah kandang untuk DOC – Panen

Sebenarnya kandang ayam kampung super bisa dibuat satu buah saja. Jadi satu buah kandang tersebut digunakan sejak ayam usia DOC sampai panen.  Dengan cacatan saat ayam kampung super yang masih usia anakan bisa dipasang chickguard. 

Chickguard atau sekat dibuat dengan bahan dasar seng. Chickguard ini dapat membantu panas brooding tetap berfokus pada DOC dan tidak akan menyebar ke sekitar kandang. Biasanya chickguard dibuat dengan bentuk melingkar, sehingga DOC tidak akan mengumpul di sudut-sudut brooding

Penggunaan satu kandang sejak DOC sampai panen mempunyai kelebihan :

  1. DOC mudah beradaptasi karena tidak perlu beradaptasi lagi dengan kandang yang baru.
  2. Dapat menghemat biaya dan lahan
  3. Tidak perlu memindah-mindah ayam lagi ke kandang pembesaran  
  4. Menghindari terjadinya stress pada ayam saat proses pemindahan ayam dari kandang starter ke kandang grower.  
Contoh penggunaan chickguard untuk anakan (DOC) | Image 5
Contoh penggunaan chickguard untuk anakan (DOC) | Image 5

Pemeliharaan Kandang Ayam Joper atau Ayam Kampung Super

Untuk menjaga kelangsungan hidup ayam kampung yang Anda pelihara, faktor kebersihan dari kandang juga harus diperhatikan. Mulai dari kebersihan peralatan makan dan minum yang harus dijaga, karena jika tempat makan dan minum kotor maka akan berisiko bagi ayam peliharaan anda.

Kemudian untuk kebersihan lingkungan di dalam kandang, Anda juga harus menjaganya. Misal, pada saat setelah panen maka kandang harus Anda bersihkan dan sterilisasi, setelah 2 minggu dapat diisi lagi dengan DOC baru.

Mengenai peralatan kebersihan kandang, Anda bisa menyediakan sapu lidi, mesin steam, selang air, alat penyemprot air yang dipasang di ujung selang. Selain itu sediakan juga serok sebagai wadah penampung kotoran serta sikat.

Sikat besar untuk membersihkan lantai kandang dan sikat kecil untuk membersihkan tempat makan dan minum.

Harga DOC Ayam Kampung Super

Pertumbuhan jumlah penduduk yang begitu pesat serta meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap konsumsi bahan pangan membuat permintaan daging ayam di pasaran semakin meningkat.

Dengan hal ini tentunya peternak ayam kampung super harus menekan produktivitas ayam kampung supernya supaya kebutuhan pangan dan permintaan daging dipasaran dapat terpenuhi.

Meski begitu, peternak juga harus mengetahui dahulu modal ternak ayam serta analisis ternak ayam kampung super. Analisis tersebut dapat membuat peternak mengetahui perkiraan biaya serta keuntungan yang akan didapat. 

JOPER adalah salah satu jenis ayam pedaging yang saat ini banyak di minati | Image 6
JOPER adalah salah satu jenis ayam pedaging
yang saat ini banyak diminati | Image 6

Kini banyak peternak yang membudidayakan ayam kampung super sebagai jenis ayam pedaging. Masa panen ayam joper yaitu 2 bulan (60 hari). Dengan ternak ayam kampung super cepat panen membuat permintaan pasar akan segera terpenuhi. 

Untuk harga DOC ayam kampung super relatif cukup terjangkau sekitar Rp5.000 – Rp6.500 per ekor. Harga tersebut berlaku untuk wilayah Pulau Jawa. Sedangkan untuk harga di luar Pulau Jawa silakan bisa langsung menghubungi 0895-6124-93491

Contoh kandang black joper milik Pak Ali - Bandung. Pemesanan DOC di hobiternak.com | Image 7
Contoh kandang black joper milik Pak Ali – Bandung
Pemesanan DOC di hobiternak.com | Image 7

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK kandang ayam kampunģ word2

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : 
kandang ayam kampung, ternak ayam kampung super cepat, model kandang ayam di lahan sempit, belajar ternak ayam, modal ternak ayam, ukuran kandang doc 100 ekor, ayam kampung daging, ayam joper

** Yuni Ambarwati **

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: Owned by the author
  • Image 2: Owned by the author
  • Image 3: Owned by the author
  • Image 4: Owned by the author
  • Image 5: indiamart.com
  • Image 6: bursahaga.com
  • Image 7: Owned by the author
  • cover: Owned by the author

4 pemikiran pada “Cara Menentukan Luas Kandang Ayam Kampung Super ”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA