Kandang Ayam Joper, Cara Menentukan Luas dan Pemeliharaannya – Seperti kita ketahui, kandang mempunyai beberapa fungsi yang cukup vital dimana banyak aktivitas ayam lebih banyak dihabiskan di dalam kandang. Fungsi kandang diataranya sebagai tempat untuk berteduh dari panas dan hujan, sebagai tempat tinggal untuk berkembang biak, mengasuh anak-anaknya, melakukan perkawinan dan membesarkan anak-anaknya. Kandang perlu mendapatkan perhatian dari peternak agar fungsi kandang dapat mendukung tumbuh dan kembang ayam. Peternak juga perlu mengetahui ukuran luas kandang yang pas agar tidak terjadi kepadatan populasi. Agar ayam dapat tumbuh dengan baik, luas kandang ayam joper yang di buat juga harus proporsional. Simak cara menentukan luas kandang yang baik disini !

Bagaimana cara menentukan luas kandang Ayam Kampung Super?

Ukuran luas kandang cukup berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan ayam. Jika terlalu banyak ayam yang dipelihara dalam satu populasi maka tingkat kepadatan akan tinggi. Tingkat kepadatan akan mempengaruhi kesehatan ayam. Ayam akan kepanasan, kehilangan selera makan, letih, lesu pada akhirnya ayam akan sakit. Bila tidak dilakukan tindakan dengan memindahkan ke lain kandang, maka ayam bisa mengalami mortalitas/ kematian.

budidaya ayam joper
Foto DOC Ayam Kampung Super

Sebagai contoh jika kita ingin memelihara 10.000 ekor ayam dengan kandang bentuk postal berlantai litter dengan lebar maksimal 7 meter maka kepadatan maksimal 12 ekor per meter persegi (1:12). Dengan perincian panjang kandang = 10.000 / (7 x 12 ) x 1 meter = 119 meter. Artinya untuk kapasitas 10.000 ekor dapat dibuat kandang dengan ukuran 7 m x 119 m.

Dengan metode perhitungan yang sama, jika kita ingin memelihara ayam sebanyak 10.000 dengan mengunakan kandang panggung dengan lebar kandang maksimal 8 meter dengan kepadatan kandang maksimal 15 m per meter persegi ( 1 : 15 ). Maka kandang ukuran kandangnya 7 x 83 meter.

JIka kita menggunakan kandang tingkat/ baterai dengan lebar maksimal 7 meter dengan kepadatan 12 ekor per meter persegi, naka ukuran kandang 7 x 60 m. Metode tersebut digunakan bila untuk memelihara ayam yang telah dewasa sedangkan bila masih bibit atau anakan maka tingkat kepadatan lebih tinggi.

Kandang Ayam JOPER
Kandang Ayam JOPER

Adapun ciri – ciri kandang ayam joper atau ayam kampung super yang baik adalah sebagai berikut : 

  • Posisi kandang dibuat lebih tinggi dari tanah agar tetap kering
  • Sebaiknya lokasi kandang jauh dari pemukiman warga agar tidak menganggu lingkungan
  • Desain kandang dibuat se-efektif mungkin agar mudah dibersihkan
  • Usahakan sinar matahari dapat masuk ke dalam kandang
  • Kandang memiliki ventilasi udara yang baik agar udara di dalam kandnag tetap segar
  • Fasilitas kandang seperti tempat pakan, minum dan lampu pijar harus selalu tersedia
  • Jauhkan kandang dari serangan binatang buas
DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Untuk kandang yang paling banyak digunakan untuk memelihara Ayam Kampung Super biasanya bentuk kandang postal dengan lantai litter. Pada tahap awal untuk kepadatan per meter sekitar 60 ekor per meter. Setelah umur 7 – 12 hari maka tingkat kepadatan dikurangi menjadi 40 ekor per meter. Pada saat umur 13 – 30 hari populasi per meter tinggal 20 ekor. Pada saat umur 31 hingga masa panen kepadatan populasi 9 ekor per meter.

Pemeliharaan Kandang Ayam Joper atau Ayam Kampung Super

Untuk menjaga kelangsungan hidup dari ayam kampung yang anda pelihara, faktor kebersihan dari kandang juga harus diperhatikan. Mulai dari kebersihan peralatan makan dan minum yang harus dijaga, karena jika tempat makan dan minum kotor makan akan berisiko bagi ayam peliharaan anda. Kemudian untuk kebersihan lingkungan di dalam kandang anda juga harus menjaganya. Misalnya pada saat setelah panen maka kandang harus anda cuci atau anda bersihkan.

Mengenai peralatan kebersihan kandang, anda bisa menyediakan sapu lidi, mesin steam, selang air, alat penyemprot air yang dipasang di ujung selang. Selain itu sediakan juga serok sebagai wadah penampung kotoran serta sikat. Sikat besar untuk membersihkan lantai kandang dan sikat kecil untuk membersihkan tempat makan dan minum.

Baca juga di : 

Pakan Ayam Kampung Super 

Pakan merupakan sumber gizi utama pada ayam kampung super. Untuk pakan yang baik adalah pakan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, gizi, dan mineral yang cukup untuk kebutuhan nutrisi ayam kampung super. Dalam pemberian pakan sebaiknya peternak menyesuaikan dengan umur ayam kampung super agar gizi yang didapatkan oleh ayam kampung sesuai dengan kebutuhan tubuh pada ayam tersebut. Sebagai pakan utama, ayam kampung super bisa diberikan pakan berupa konsentrat pabrikan. Peranan konsentrat sangat penting terutama bagi ayam yang masih berusia DOC sampai kurang lebih usia 3 minggu. Hal itu bertujuan karena tekstur konsentrat yang halus jadi memudahkan anakan ayam untuk mencernanya. Selain itu kandungan nutrisi yang terdapat pada konsentrat sudah lengkap dan membantu penggemukan pada tubuh ayam. 

Setelah ayam berusia diatas 3 minggu, anda mulai bisa memberikan ayam tersebut pakan tambahan atau pakan alternatif. Selain untuk menghemat biaya pakan, pemberian pakan alternatif juga efektif untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam, namun tentunya tanpa melupakan pemberian konsentrat. Berikut ini terdapat beberapa contoh pakan tambahan yang baik untuk ayam kampung super.

Pakan Tambahan yang Baik untuk Ayam Kampung Super
1. Dedak

Dedak merupakan salah satu bentuk dari olahan limbah padi yang biasa digunakan sebagai pakan tambahan bagi ayam. Terkadang banyak yang masih bingung dengan perbedaan antara dedak dan bekatul karena keduanya juga merupakan pakan tambahan untuk ayam. Jadi perbedaan antara dedak dengan bekatul adalah pada teksturnya, dimana tekstur dedak lebih kasar daripada bekatul. Kandungan serat sebesar 12% pada dedak, membuat pakan ini efektif untuk mempercepat pertumbuhan pada ayam kampung super.

pakan bebek
Dedak hasil pengolahan limbah padi sebagai pakan tambahan ayam kampung super.
2. Jagung Kuning

Jagung kuning merupakan salah satu biji-bijian yang sering dimanfaatkan sebagai pakan tambahan bagi ayam. Kandungan karbohidrat dan energi yang cukup tinggi membuat jenis pakan tambahan ini efektif. Pemberian jagung bisa dalam bentuk halus (giling) maupun dalam bentuk giling kasar, tergantung dengan umur ayamnya. Untuk ayam yang sudah dewasa bisa diberikan jagung dalam bentuk giling kasar.

pakan ayam pejantan
Jagung Untuk Pakan Ayam Kampung Super
3. Voer

Untuk voer sendiri merupakan jenis pakan yang sama dengan konsentrat. Pemberiannya harus intensif saat usia ayam dibawah 3 minggu dan setelah ayam mencapai usia diatas 3 minggu pemberian nya bisa di imbangi dengan pakan tambahan.

Voer
Voer
4. Bekatul

Bekatul juga merupakan hasil dari olahan limbah padi yang teksturnya lebih halus dari dedak. Jadi bekatul bisa Anda berikan pada ayam saat berusia 3 minggu keatas.

pakan ayam pejantan
Bekatul Untuk Pakan Ayam Kampung Super

Pemberian pakan yang baik tentu akan mempercepat pertumbuhan ayam, sehingga peternak tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menikmati hasilnya.

Harga DOC Ayam Kampung Super

Pertumbuhan jumlah penduduk yang begitu pesat serta meingkatnya kesadaran masyarkat terhadap konsumsi bahan pangan membuat permintaan daging ayam dipasaran semakin meningkat. Dengan hal ini tentunya peternak ayam kampung super harus menekan produktivitas ayam kampung supernya supaya kebutuhan pangan dan permintaan daging di pasaran dapat terpenuhi.

DOC ayam kampung super atau Jawa super - JOPER
DOC ayam kampung super atau Jawa super – JOPER

Kini banyak peternak yang membudidayakan ayam kampung super sebagai ayam pedaging yang siap panen dalam 45 – 60 hari masa panen. Dengan masa panen ayam kampung super yang begitu cepat tentunya permintaan pasar akan segera terpenuhi. Untuk harga doc ayam kampung super relatif cukup terjangkau RP. 6000 per ekor. Harga tersebut berlaku untuk wilayah Pulau Jawa. Sedangkan untuk harga di luar Pulau Jawa silahkan bisa langsung menghubungi kami.

Kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait :
Harga jual ayam kampung super pedaging , ternak ayam kampung super, budidaya ayam kampung super pada kandang dengan modal yang terbatas, modal yang dibutuhkan untuk ternak ayam kampung super, harga bibit atau DOC ayam kampung super, harga bibit atau DOD untuk wilayah Sulawesi, DOC ayam kampung super, ternak DOC ayam kampung super, peternak DOC ayam kampung super, sedia DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super,

** Yuni Ambarwati **


2 Comments

danial · June 14, 2018 at 5:25 am

Berapa harga bibit ayam kampung super?

    Duwi Kristinawati · June 20, 2018 at 4:13 am

    Untuk informasi lebih lengkap, silahkan hubungi layanan pelanggan kami ya Pak

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: