Harga Terbaru DOC JOPER Lumajang Jawa Timur

Lumajang merupakan sebuah Kabupaten yang terdapat di wilayah Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Lumajang terbagi menjadi 21 wilayah kecamatan, dan berbatasan dengan Kabupaten – kabupaten besar seperti Probolinggo, Jember, Malang dan sebelah selatan yakni Samudra Hindia. Lumajang juga termasuk kedalam wilayah Tapal Kuda, untuk wilayah Tapal Kuda tersebut meliputi Pasuruan bagian timur, Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. 

Untuk menuju ke wilayah Lumajang ini terdapat jalan raya antar provinsi dan dilintasi oleh jalur kereta api Surabaya – Jember – Banyuwangi. Dengan adanya jalur kereta api tersebut membuat kami dari tim hobiternak dapat mengiriman pesanan DOC hingga ke wilayah Lumajang. Tetapi untuk pengambilan DOC Ayam Kampung Super yang kami kirimkan tersebut hanya bisa diambil di kargo Stasiun Probolinggo dan kargo Stasiun Malang. 

Harga Terbaru DOC JOPER Lumajang, Jawa Timur | image 1
Harga Terbaru DOC JOPER Lumajang, Jawa Timur | image 1

Potensi Perekonomian di Wilayah Lumajang Jawa Timur

Kabupaten Lumajang juga memiliki potensi yang bergerak di sektor pertanian. Hasil pertanian yang memiliki komoditas terbesar yakni pertanian padi, bahkan dikenal dengan sebutan Lumbung padi di Provinsi Jawa Timur. Selain padi, ternyata juga ada produk buah – buahan seperti  pisang agung dan pisang mas kirana. Pada sektor peternakan pun juga ada yakni ternak Kambing PE dan susu segar. Ada sektor perindustrian, perdagangan, kerajinan perak dan sektor kehutanan yang masih menjadi andalan di wilayah Lumajang ini. Sedangkan untuk sektor perikanan pun juga masih potensial dikembangkan, baik ikan yang ditangkap di lautan maupun ikan yang sedang dibudiayakan.

Tak kalah lagi ternyata Lumajang juga dikenal akan sektor pariwisatanya yang banyak menarik masyarakat Indonesia, seperti : Air Terjun Tumpak Sewu, Coban Sriti, Air Terjun Kapas Biru, Air Terjun Kabut Pelangi, Pura Mandara Giri Semeru Agung, Gunung Semeru Lumajang, Danau Ranu Kumbolo Lumajang dan masih banyak lagi

Salah satu destinasi menari di daerah Lumajang adalah air terjun atau biasa dikenal dengan Coban | Image 2
Salah satu destinasi menari di daerah Lumajang adalah air terjun atau biasa dikenal dengan Coban | Image 2

Selain wisata alamnya yang cukup menarik, ternyata kuliner yang ada di Lumajang ini juga tak kalah menarik perhatian juga loh. Untuk makanan khasnya pun ada, Lontong Petis, Pecel Telo, Bledus, Kue Latok, aneka kripik dan masih banyak lagi. 

Beternak Ayam Kampung Super di Lumajang juga memberikan Keuntungan Cukup Tinggi 

Menurut data statistik yang kami peroleh, populasi ternak unggas di Kabupaten Lumajang juga masih cukup tinggi. Untuk jenis ternak unggas yang mendominasi yakni Ayam Buras, Ayam Ras Petelur, Ayam Ras Pedaging, Itik dan Entok. Populasi yang paling banyak modominasi ternak ayam di Lumajang yakni ternak ayam Buras. Ayam Buras ini merpakan ayam bukan ras atau bukan keturuanan ayam asli, dan yang paling terkenal saat ini adalah ayam kampung super atau biasa disebut joper. Ayam joper adalah ayam hasil persilangan antara ayam bangkok jantan dengan ayam petelur betina jenis Isa Brown. 

Sejak dahulu ayam kampung super memang dikenal karena memiliki keunggulan – keunggulan yang tidak dimiliki oleh ayam ras pedaging lainnya. Ayam Kampung Super ini memiliki pertumbuhan yang cepat dan tidak terlalu banyak menyita waktu dan tenaga dalam pemeliharaannya.

Baca juga : 

Masa panen ayam kampung super ini berlangsung selama 55 – 60 hari. Dengan jangka masa panen yang cepat tersebut bobot yang dihasilkan dapat mencapai 0,8 – 1 kg per ekornya. Jenis ayam joper ini memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik. Bahkan dapat beradaptasi dengan lingkungan baru dengan cepat. Dengan daya tahan tubuh yang baik ini membuat ayam joper tidak mudah terserang penyakit. 

Ayam jawa super siap panen untuk dipasarkan dagingnya | image 3
Ayam jawa super siap panen untuk dipasarkan dagingnya | image 3

Ternak Ayam JOPER mudah dengan Cara Instensif

Beternak ayam joper dengan cara yang intensif adalah dengan cara ayam joper dikandangkan sampai masa panen tiba. Untuk pemeliharaan tersebut dilakukan ketika ayam joper masih berusia DOC atau baru saja menetas hingga masa panen. DOC ayam adalah day old chicks atau bibit ayam. Hal ini dilakukan agar peternak dapat memperoleh bobot ayam yang maksimal sehingga harga jual pun juga ikut naik.

Dalam pembuatan kandangnya pun relatif cukup mudah. Biasanya peternak banyak menggunakan kandang dengan bentuk postal dengan lantai tanah atau menggunakan semen yang dilapisi dengan litter berupa sekam atau serbuk kayu. Pemberian sekam ini bertujuan agar kaki ayam tidak cidera sehingga tidak menimbulkan penyakit juga. Untuk ketebalan sekam pada kandang ayam sekitar 7 – 10 cm. Litter ini juga perlu pembalikan agar sekam tetap segar dan tidak lembab serta basah. Karena sekam yang lembab akan mengakibatkan pertumbuhan jamur dan pada akhirnya akan mengakibatkan kesehatan ayam kampung super yang dipelihara.

Perlu diketahui juga bahwa dalam pembuatan kandang ini peternak juga harus memperhatikan beberapa hal seperti :

1. Teknik dalam pembuatan kandang
2. Bentuk kandang dan bahan yang digunakan
3. Kapasitas ayam yang akan dipelihara
4. Suhu dilingkungan kandang
5. Sanitasi kandang
6. Sirkulasi udara yang baik

Contoh kandang intensif sistem panggung | Image 4
Contoh kandang intensif sistem panggung | Image 4

Baca juga : 

Kandang joper yang biasa kami amati pada peternak – peternak pelanggan hobiternak.com biasanya terbuat dari bambu yang dibuat dengan tidak terlalu rapat. Hal ini dibuat agar udara segar dapat leluasa masuk ke dalam kandang. Dan untuk mengantisipasi udara dingin yang masuk kedalam kadang maka perlu diberikan tirai kandang pada bagian samping kandang. Ini bertujuan untuk mengurangi resiko ayam joper mengalami kedinginan.

Berapakah harga DOC Joper ke Lumajang berserta cara pengirimannya ?

Kabupaten Lumajang memang memiliki permintaan yang cukup tinggi untuk pemesanan DOC joper. Karena memang pengembang ternak ayam kampung super di Lumajang juga tinggi. Untuk harga DOC joper pengiriman ke Lumajang relatif memiliki harga yang stabil. Untuk harga DOC JOPER saat ini kisaran Rp. 4500 – 5500/ ekornya. Minimal pemebelian DOC JOPER di hobiternak.com 1 boks atau 100 ekor. Selain itu untuk harga DOC joper Jogja pun juga sama seperti kisaran harga untuk pengiriman ke Lumajang. Hal ini dikarenakan Jogja dan Lumajang masih satu pulau. 

Karena kabupaten Lumajang juga dilewati jalur kereta api, maka pengiriman DOC joper yang akan tim hobiternak lakukan adalah via  kereta dan pengambilan DOC tersebut bisa diambil di kargo hewan di stasiun Malang, Kepanjen dan Jember.

DOC Joper baru tiba di kandang dan sedang diberi larutan air gula jawa untuk memulihkan tenaganya | gambar 2
DOC Joper baru tiba di kandang dan sedang diberi larutan air gula jawa untuk memulihkan tenaganya | image 4

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak joper lumajang. Silahkan bisa pesan DOC JOPER ditempat kami. Kami menyediakan DOC Ayam usia baru sjaa menetas dan siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk informasi lebih lengkap mengenai daftar harga terbaru, cara pemesanan, cara pembayaran dan konsultasi bisa menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : ayam joper, DOC ayam adalah, harga ayam kampung Januari 2021, harga DOC joper Jogja, harga bibit ayam joper, jual anak ayam terdekat, ayam joper adalah, harga DOC ayam joper di Bandung

Image Sources :

  • Image 2: bisniswisata.co.id
  • image 3: Owned by the author
  • Image 4: Owned by the author
  • image 4: Owned by the author

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: