Bebek Peking

Cara Ternak Bebek Pedaging untuk Pemula

Cara Ternak Bebek Pedaging untuk Pemula

Bebek adalah salah satu hewan ternak yang cukup digemari masyarakat. Di samping dapat menghasilkan telur, daging bebek pun juga bernilai ekonomis tinggi. Apabila kita amati, di rumah makan, restoran bahkan warteg telah banyak menawarkan menu utama dengan bahan dasar daging bebek. Mulai dari bebek bakar, bebek goreng, bebek kremes hingga bistik bebek. Sehingga sajian bahan dasar bebek semakin banyak diminati masyarakat. Dari fenomena tersebut dapat disimpulkan bahwa permintaan bebek juga semakin meningkat. Sehingga persediaan daging bebek tidak akan tercukupi apabila hanya mengandalkan bebek afkir (bebek yang tidak bisa memproduksi telur lagi).

Bebek Peking

Bebek Peking

Beternak bebek menjadi peluang besar bagi Anda yang ingin memulai bisnis. Selain pemeliharaannya yang mudah, budidaya bebek juga membutuhkan modal yang sedikit. Tidak hanya itu, pemasarannya itu juga relatif mudah. Anda dapat menjualnya di pasaran atau bekerjasama dengan pengepul.

Bebek jantan memiliki banyak keunggulan, selain memiliki rasa yang gurih, dagingnya yang lembut, empuk dan gurih. Sehingga beternak menjadi prospek yang cerah, karena saat ini konsumen membutuhkan stok yang cukup.

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk beternak bebek adalah sebagai berikut :

  1. Kandang

Kandang bebek pada dasarnya disesuaikan dengan kondisi keuangan yang dimiliki. Sebaiknya untuk bebek pedaging dibuatkan kandang panggung yang menghadap ke timur. Kelebihan dari kandang panggung yaitu kebersihan dan kesehatan bebek akan terjaga dengan baik karena kotorannya dapat dipisahkan. Akan tetapi, bila tidak memakai kandang panggung, Anda bisa memakai lapisan sekam padi atau kapur dan pasir untuk memisahkan bebek dari kotorannya sendiri. Kapur bisa berguna untuk memelihara pH tanah, mengontrol penyakit dan memacu jalannya peresapan kotoran bebek. Ada tiga macam kandang yang dapat digunakan dalam beternak bebek pedaging :

  • Kandang box khusus untuk meletakkan anak bebek atau DOD yang memiliki ukuran kira-kira 1-2 meter untuk memuat 50 ekor DOD
  • Untuk DOD peking umur 1-14 hari dapat diisi 70 ekor untuk kandang box berukuran 1 x 2 meter
  • Untuk DOD hibrida unggul umur 1-14 hari dapat diisi 80 ekor untuk kandang box berukuran 1×2 meter
  • Untuk DOD hibrida KW 1 umur 1-14 hari dapat diisi 80 ekor untuk kandang box berukuran 1×2 meter
  • Untuk DOD lokal jantan umur 1-14 hari dapat diisi 80 ekor untuk kandang box berukuran 1×2 meter

Berikan bohlam sebanyak 10-15 watt untuk setiap 0,5×0,5 meter supaya kandang box hangat dan tidak terjadi penumpukan DOD yang dikarenakan kurangnya kehangatan kandang yang dapat menyebabkan kematian DOD.

  • Kandang grower untuk perawatan itik umur remaja.
  • Kandang layer khusus untuk bebek petelur usia dewasa yang bisa menampung 4-5 ekor bebek berumur dewasa

Dengan memperhatikan pengelolahan kandang yang baik, maka hewan ternak dapat tumbuh dengan sehat sehingga menghasilkan daging yang maksimal. Upayakan material atau bahan untuk pembuatan kandang terbuat dari bahan yang tahan lama dan kuat. Hal ini juga sebagai   bentuk investasi untuk peternakan yang berkualitas.

Sediakan pula tempat untuk makan dan minum hewan ternak di dalam kandang. Untuk tempat pakannya bisa menggunakan nampan atau tampah kemudian konsentrat atau pakan dapat ditebar langsung di atas nampan tersebut. Untuk minum dapat menggunakan tempat minum yang biasa digunakan untuk tempat minum ayam broiler. Tempat minum dapat digantung atau diletakkan langsung di atas lantai kandang box. Berikanlah permukaan air minum batu kerikil atau kelereng agar paruhnya saja yang bisa masuk untuk menghindarkan DOD mandi atau membasahi badannya yang dapat menyebabkan bebek kedinginan dan mati.

Cara Ternak Bebek Peking Pedaging dengan Hasil Maksimal

DOD Bebek Peking

Berikanlah baskom atau nampah di bawah tempat minum agar air tumpahan dari DOD minum supaya tanah di bawah kandang box tetap terjaga kering. Ini dapat menghindarkan berkembangnya bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada DOD. Selain penyakit juga dapat menghindari beceknya tanah di bawah kandang dan dapat mengurangi bau yang tidak sedap.

  1. Pembibitan

Cara untuk memperoleh DOD yang unggul dan berkualitas :

  • Pilih bibit pejantan yang benar-benar unggul karena akan berpengaruh pada keturunannya kelak
  • Bibit bebek pedaging harus menetas dari bebek petelur yang telah terjamin mutu atau kualitasnya
  • Kawinkan bebek jantan dan betina yang unggul guna menetaskan telur-telur yang akan dibuat jadi bibit
  • Bibit DOD dibeli di tempat yang telah dirujuk oleh Dinas Peternakan maupun pihak terkait lainnya
  • Bibit DOD dipastikan tidak dalam kondisi cacat atau sakit. DOD yang sehat ditandai dengan bulu yang mengkilat dan warna bulu kuning segar
  1. Perawatan
  • Apabila dari pengiriman jarak jauh, DOD secepatnya ditempatkan pada kandang yang telah disiapkan untuk perawatannya. Namun jangan diberi makan dahulu, tunggu kira-kira 20-30 menit untuk adaptasi lingkungan terlebih dahulu.
  • Setelah selesai diadaptasikan, berilah minum air gula, antibiotik (trymezin atau tetra chlor) dan vitamin (Vitachick atau vitamin B complex) namun jangan berikan dulu makanan sampai DOD telah rata minum semua.
  • Bibit diletakkan dengan cara merata pada suhu yang sudah disesuaikan lalu tambahkan vitamin di makanan atau minuman bibit tersebut
  • Untuk bibit bebek pedaging berumur 0-16 hari pergunakan wadah datar supaya mempermudah dalam mengkonsumsi pakan. Sementara untuk 16-21 hari berikan pakan dengan menyebarnya di lantai kandang dan juga di wadah datar.
  • Saat bebek sudah berumur 21 hari sampai 18 minggu maka cukup disebarkan saja pakan tersebut di lantai. Tidak lupa juga berikan nutrisi tambahan seperti jagung, tepung ikan atau bekatul.

Kami dari jualayamhias.com dan hobiternak.com menyediakan DOD atau atau bibit bebek peking, bibit bebek hibrida dan bibit bebek betina mojosari dan dapat mengirimkan ke seluruh Indonesia.

Untuk informasi dan cara pemesanan silahkan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

AXIS:

0838-6918-5523

Kata Terkait:
jual DOD atau bibit bebek, harga DOD atau bibit bebek pedaging, jual DOD atau bibit bebek petelur, ternak DOD atau bibit bebek hibrida, bibit atau DOD bebek pedaging, budidaya bebek petelur dan pedaging

**Duwi Kristinawati**

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOD atau Bibit Bebek Pedaging
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply